116 Penumpang KM. Leuser Esok Tiba di Tual

Tual News – Ratusan penumpang Kapal milik PELNI, KM. Leuser dijadwalkan kamis pagi ( 09/4/2020 ) pukul 07.00 WIT akan tiba di Pelabuhan Yosudarso Kota Tual dari Kota Ambon, Propinsi Maluku.

Video wawancara tualnews.com bersama Kepala Bagian Operasi PT. PELNI Cabang Tual,
Biran Adi. ( dok-tualnews )

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Operasi PT. PELNI Cabang Tual, Biran Adi kepada tualnews.com, rabu ( 08/4/2020 ) di Kantor PELNI Tual.

“ KM. Leuser dari Ambon, rencana tiba di Pelabuhan Tual, pukul 07.00 WIT, dengan penumpang turun sebanyak 116 penumpang warga Malra dan Kota Tual “ Ungkap Biran Adi.

Kata dia, mengantispasi penumpang yang turun dengan KM. Leuser, Pelni Cabang Tual sudah berkoordinasi dengan Tim Gugus Kota Tual dan Kabupaten Malra dalam rangka pemeriksaan medis secara intensif terhadap semua penumpang yang turun.

Menyoal tentang kedatangan KM. Ngapulu di Pelabuhan Tual, Kepala Bagian Operasi PT. PELNI Cabang Tual, Biran Adi, mengaku sesuai jadwal kapal penumpang milik PT. PELNI akan tiba di Pelabuhan Yosudarso Kota Tual, Selasa 14 April 2020.

“ Untuk jumlah penumpang KM. Ngapulu belum ada data di kami, karena kapal baru keluar dari Pelabuhan Tanjung Priok, rabu ( 08/4/2020 ), pukul 14.00 WIT, tujuan Surabaya-Makasar-Bau Bau- Ambon-Banda Neira-Tual dan Dobo. Sesuai jadwal kapal akan tiba pelabuhan Tual, selasa ( 14/4/2020 ) “ Ungkapnya.

Dikatakan, terkait penghentian aktifitas masuk – keluar Kapal PT. PELNI di pelabuhan Tual, kata Adi sampai saat ini belum ada surat resmi dari Kantor PELNI di Jakarta.

“ Sesuai informasi yang kami peroleh dari Kantor PELNI pusat, belum ada surat dari Bupati dan Walikota Tual yang masuk ke Kementrian Perhubungan untuk meminta penghentian operasi kapal milik PT. PELNI “ Jelasnya.

Adi juga membenarkan, kalau rute KM. Ngapulu dari Jakarta-Surabaya-Makasar dan Ambon hanya sampai di pelabuhan Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, sementara di Pelabuhan Kaimana dan Fak – Fak, Papua, sementara ditutup untuk sementara waktu.

“ Surat Bupati Kaimana dan Fak – Fak resmi menutup actifitas Pelabuhan dan Bandara, sehingga sementara kapal milik PT. PELNI tidak sampai ke Papua “ terangnya.

Menyoal tentang ABK kapal PELNI apakah sudah terpapar Covid-19, Adi menjelaskan kalau sampai saat ini belum ada ABK Kapal PELNI terinfeksi Virus Corona Covid-19.

“ Informasi yang kami terima dari Kantor PELNI pusat, belum ada ABK kapal positif covid-19, kemarin ada berita di medsos tentang tiga ABK KM. Lambelu di NTT, terpapar virus corona, itu informasi tidak benar, sebab tiga ABK KM. Lambelu setelah diperiksa di laboratorium klinik Maumere, hasilnya negatif “ Terang  Kepala Bagian Operasi PT. PELNI Cabang Tual, Biran Adi.

KM. Leuser yang tiba di Pelabuhan Tual, kamis pagi akan menempuh rute Dobo – Timika – Dobo. Sementara rute KM. Ngapulu dari Tanjung Priok Jakarta-Surabaya-Makasar-Bau Bau-Ambon-Banda Neira- Tual – Dobo.

( team tualnews )

Komentar Pembaca