Kategori
Parawisata dan Budaya

12 Negara Hadiri Sail Indonesia In Debut, Disambut Atraksi Budaya Kei

Langgur Tual News – 12 Negara yang  hadir bersama  56 Kapal Yacht, dijemput Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, Propinsi Maluku  dengan berbagai pagelaran atraksi budaya Kei pada pembukaan  kegiatan Wonderfull Sail In Debut, Rabu ( 24/7 ).

Para Peserta Wonderfull Sail In Debut dari 12 Negara yang dijemput secara Adat Kei di Pintu Masuk Pelabuhan Debut Oleh Tokoh Adat, Josep Kanarubun

Hasil pantauan tualnews.com, penjemputan para peserta perahu layar dari berbagai belahan dunia di pintu masuk Pelabuhan Debut, dijemput secara langsung oleh Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, Wakil Bupati Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si bersama perwakilan Kementrian Kemaritiman dan Parawisata, para tamu undangan dari Propinsi Maluku dan Jakarta, Pimpinan OPD Pemkab Malra beserta seluruh masyarakat di Kabupaten Malra.

Para peserta perahu layar Manca Negara berdatangan di lokasi pembukaan Sail Indonesia In Debut, dengan chiri khas perahu yacht berdasarkan bendera masing – masing Negara. Sebanyak 56 kapal perahu yacht yang sandar di pelabuhan Debut, dijemput secara adat Kei oleh Tokoh Adat Ohoi Debut, Yosep Kanarubun.

Para wisatawan disambut tarian adat Kei yaitu tarian Kipas di Pelabuhan Debut

Tokoh adat Debut, membawakan doa adat ( Tai taroman – bahasa kei ), diiringi percikan air kelapa kepada para wisatawan yang datang, memohon doa dan restu para leluhur Evav agar menjaga dan melindungi para peserta perahu yacht yang hadir di Ohoi Debut selama pelaksanaan kegiatan Wonderfull Sail In Debut tanggal 24 – 27 Juli 2019.

Para peserta Wonderful Sail In Debut disuguhi tarian khas Adat Kei, diringi tipa gong, tampak para wisatawan ikut menari

Selanjutnya para peserta diiringi berbagai atraksi pagelaran adat dan budaya Kei dengan berbagai tarian adat Kei seperti tari kipas, tarian Bhineka Tunggal Ika, Tarian Kerbau Siu, Tarian Burung Talang, Tarian Rubai Wear Lamges, goyang Meti Kei, peragaan busana nasional, dan peragaan kuliner makanan khas Kei, yang dikenal dengan nama embal.

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, dalam sambutanya ketika menjemput para peserta Yacht mengatakan secara pribadi atas nama masyarakat Kabupaten Malra mengucapkan selamat datang kepada para peserta Wonderfull Sail In Debut, sekaligus mengucapkan terimakasi kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan tersebut, terutama penerimaan masyarakat Ohoi Debut.

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun bersama Muspida ketika menjemput para peserta Wonderfull Sail In Debut di Pelabuhan Debut, Rabu ( 24/7 )

“ Malra terdiri dari 68 pulau yang siap menerima para Yacht di Kepulauan Kei, saya berharap teman – teman wonderful dari Manca Negara bisa betah tinggal, bila perlu tinggal lama di Kei, karena daerah kami memiliki bebagai tempat wisata yang indah, baik wisata budaya, dan wisata religius, makam Mgr. Johanis Aerts di Kota Langgur “ ungkapnya.

Bupati Malra berharap kepada para wisatawan agar pulang ke Negara asalnya dapat menyampaikan pesan yang indah tentang Kepulauan Kei, sehingga kembali mengunjugi obyek wisata  Kei yang dikenal dengan surga tersembunyi.

Para peserta wonderfull Sail In Debut yang datang di Kepulauan Kei

Turut hadir pada acara pembukaan Sail In Debut, perwakilan Kementrian Parawisata RI, Wiwiek Widyawati. Untuk diketahui 12 Negara yang hadir pada kegiatan Wonderfull Sail In Debut masing masing, Australia 30 orang 14 Kapal, Belanda 4 orang 2 kapal, Inggris 12 Orang 5 Kapal, Perancis 2 orang 1 kapal, Jerman 4 orang, 2 kapal, Kanada, 10 orang 4 kapal, Selandia Baru 2 orang 1 kapal, Norwegia 2 orang 1 kapal, Spanyol 2 orang 1 kapal, Swedia 6 orang 3 kapal, Amerika Serikat 17 orang 8 kapal dan Skotlandia 16 orang dengan 8 kapal. ( team tualnews.com )

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya