Konflik Kepo Debut : Satu Rumah Terbakar, Satu Motor Hangus dan Satu Luka – Luka

Langgur Tual News – Konflik Kepala Desa / Ohoi di Kabupaten Maluku Tenggara, Propinsi Maluku tak ada habis – habisnya, buktinya Sabtu siang ( 28/9 ) jam 13.00 WIT, terjadi aksi lempar batu dan saling kejar di Ohoi Debut, Kecamatan Manyeuw, antara dua kelompok warga masyarakat di Kampung Debut yang pro dan kontra atas Pengukuhan Adat Kei  Kepala Ohoi Definitif Debut, Yohanis Yamlean alias Yance oleh Raja Manyeu, Norbertus Watratan.

Akibat aksi saling serang antara kedua pihak di Ohoi Debut, Sabtu siang ( 28/9 ) , mengakibatkan satu rumah terbakar, satu motor hangus dan satu luka – luka

Akibat saling serang antara kedua pihak, mengakibatkan rumah Yohanis Yamlean terbakar, dan satu unit motor Matik Aiurux hangus terbakar serta  satu warga mengalami luka robek pada pelipis atas nama Korneles Oscar Yamlean.

Berdasarkan informasi yang dihimpun tualnews.com menyebutkan kronologis kejadian yang terjadi jam 13.10 WIT, ketika Penjabat Kepala Ohoi Debut, Walterus Letsoin pulang dari pantai melihat prosesi pengukuhan secara Adat Kei Kepala Ohoi Debut kaget lalu menanyakan kepada keluarga Yamlean, ada acara apa yang sedang dilaksanakan, kemudian dijawab pengukuhan dan pelantikan secara adat kepala Ohoi Debut.

Rumah Yohanis Yamlean di Ohoi Debut yang terbakar Sabtu ( 28/9 )

Letsoin marah lalu mempertanyakan atas icin dan tembusan siapa, dilaksanakan acara pelantikan tersebut ? mendengar pertanyaan Penjabat Kepala Ohoi Debut, keluarga Yamlean yang sedang berada didalam acara pelantikan keluar lalu tiba – tiba menyerang Penjabat Kepala Ohoi Debut, Walterus Letsoin.

Hal ini membuat  masyarakat Debut yang prihatin atas penyerangan kepada Penjabat Kepala Ohoi Debut, kembali menyerang balik tempat proses pelantikan dan pengukuhan secara adat  Kepala Ohoi Definitif Debut oleh Raja Manyeu.

Kapolsek Kei Kecil Bersama Babinsa tiba di Ohoi Debut, mengamankan situasi dan kondisi, Sabtu ( 28/9 )

Urutan kejadian tersebut adalah, pada pukul 13.00 WIT, Raja Manyeu, Norbertus Watratan melakukan pelantikan dan pengukuhan secara adat Kei kepada Yohanis Yamlean sebagai Kepala Ohoi Definitif Debut.

Lalu kemudian, pada jam 13.05 WIT, Pieter Letsoin ( Sekretaris Desa Debut  ), dan Salfius Letsoin beserta kelompok pemuda tidak menerima pengukuhan tersebut langsung melakukan pelemparan dengan menggunakan batu ke arah rumah Albertus Yamlean, akhirnya aksi saling lempar batu tak terhindarkan.

Raja Manyeu, Norbertus Watratan melakukan pelantikan dan pengukuhan secara adat Kei kepada Yohanis Yamlean sebagai Kepala Ohoi Definitif Debut, Sabtu ( 28/9 )

Akibat aksi saling lempar batu, satu warga atas nama Oscar Yamlean terkena batu dan luka pada bagian pelipis dan sudah dievakuasi ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan.

Aksi ini berlanjut, dimana pada pukul 13.10 WIT, terjadi pemukulan terhadap Pejabat Kepala Ohoi Debut, Walterus Letsoin oleh kelompok Pejabat terpilih dengan menggunakan dayung sampan.

Kapolsek Kei Kecil, AKP Sihite Andreas Hasiholan, beserta anggota Polsek dan Babinsa pada jam 13.30 WIT tiba di lokasi kejadian, sehingga dapat mengendalikan situasi kamtibmas.

Pemerintah Kabupaten Malra, melalui Plt. Kepala Badan Kesbangpol, Martinus Mon, S.Pd bersama staf baru tiba dilokasi kejadian untuk melaksanakan peninjauan di TKP pukul 16.20 WIT.

Sampai berita ini diturunkan situasi Kamtibmas di Ohoi Debut, terpantau aman terkendali. Kasus ini sudah ditangani Polres Malra dengan pemeriksaan para saksi. ( team tualnews.com )