Kebakaran Hutan dan Lahan Hingga September 2019 857.756 ha

Ambon Tual News – Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) RI dalam siaran pers senin ( 28/10/2019 ) yang diterima  tualnews.com melaporkan kalau kebakaran hutan dan lahan ( karthula ) di Indonesia masih terjadi hingga pekan kelima September 2019. Data BNPB mencatat luas lahan terdampak karthula sejak Januari – September 2019 mencapai  857.756 ha.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo dalam siaran Persnya, mengatakan enam provinsi yang menjadi prioritas penanganan BNPB masih mengindikasikan terjadinya karthula, dilihat dari beberapa indikator seperti kualitas udara dan titik panas atau _hot spot.

Kebakaran hutan dan lahan di Pulau Jawa

“ ditinjau dari kualitas udara yang diukur dengan PM 2,5 dan bersumber dari KLHK dalam 24 jam terakhir menunjukan kualitas udara pada kategori baik hingga tidak sehat “ ungkapnya.

Agus merinci, data kualitas udara Kalimantan Barat ( Kalbar ), Kalimantan Tengah ( Kalteng ) dan Jambi menunjukan kategori sedang, sementara di wilayah Sumatera Selatan tidak sehat dan Riau baik.

“ jumlah titik panas dengan tingkat kepercayaan lebih dari 30 % melalui citra satelit modis –catalog Lapan pada 24 jam terakhir menunjukan 48 titik, dengan distribusi di Sumsel  48 titik, Kalsel 58, Kalteg 30, Jambi 7, Kalbar 5 dan Riau tidak terpantau dititik panas “ Tandas   Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo.

Disamping itu, kata Agus karthula di enam provinsi prioritas tadi, karthula juga terjadi di seluruh Indonesia.

“ untuk Pulau Jawa, karthula terjadi di lahan mineral atau kawasan gunung, hasil pantauan BNPB karthula masih terjadi di gunung Ungaran, Cikuray, Sumbing, Arjuno, Ringgit dan Rinjani “ Ujarnya.

BNPB juga mencatat beberapa laporan karthula khsusunya di Pulau Jawa, sebagai berikut Bandung, Bandung Barat, Banjarnegara, Banyuwangi, Blitar, Bogor, Bojonegoro, Bondowoso, Brebes, Cirebon, Garut, Grobongan, Jember, Jepara, Jombang, Karananyar, Kediri, Kendal, Kota Batu, Kota Malang, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Tegal, Kudus, Kuningan, Lumajang, Madiun, Magelang, Magetan, Majalengka, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pangandaran, Pasuruan, Pekalongan, Ponorogo, Probolinggo, Purbalingga, Purwakarta, Purworejo, Semarang, Sidoarjo, Situbondo, Sragen, Sukabumi, Sukoharjo, Sumedang, Sumenap, Tegal, Temanggung, Trenggalek, Tuban, Wonosobo dan Wonogiri. ( team tualnews.com )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

Exit mobile version