565 Satgas TNI – Polri Siaga, Antisipasi Gerakan Separatis Masuk Tembagapura

Img 20191111 wa0017 1

Timika Tual News – Sedikitnya 565 Satgas  TNI – Polri di Kabupaten Mimika,  Papua saat ini bersiaga pada masing – masing pos pengamanan, guna  mengantisipasi pergerakan kelompok kriminal separatis bersenjata ( KKSB ) Papua merdeka masuk ke wilayah Distrik Tembagapura.

Hal ini diungkapkan Komandan Kodim 1710 Mimika, Letkol Inf Pio L. Naiggolan kepada tual news.com jumat ( 15/11/2019 ). “ Satgas TNI – Polri sebanyak 565 personil sudah berada di setiap pos – pos dan masih ada cadangan 300 personil akan standby di Mako Brigf 20 IJK/ Kostrad, Batalyon754 ENY/Kostrad dan Denkav, untuk menjaga kamtibmas di wilayah Mimika “ Ungkapnya.

Img 20191115 wa0013 1
Komandan Kodim 1710 Mimika, Letkol Inf Pio L. Naiggolan

Naiggolan mengaku, pihaknya menduga kuat kelompok separatis KKSB sudah masuk wilayah Tembagapura, hal ini terbukti dengan semakin banyaknya para pendulang emas tradisional di lokasi Kali Kabur yang meninggalkan lokasi pendulangan kembali kota Timika.

“ Isu yang kita peroleh, kelompok separatis dan simpatisanya sudah berada di wilayah Tembagapura, indikasihnya sudah banyak pendulang yang keluar dari lokasi mendulang emas ke Kota Timika “ Jelas Dandim 1710 Mimika.

Dandim menghimbau para pendulang agar segera keluar dari lokasi pendulangan untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan bersama.

“ Pergerakan KKSB di wilayah Tembagapura itu berkaitan erat dengan tanggal 1 Desember yang diperingati sebagai Hari Sakti  bagi warga Papua, sebab setiap tanggal 1 tiba, kelompok separatis ini menggekar aksi “ Terangnya.

Mengantisipasi hal ini, TNI – Polri di Mimika akan menggelar kekuatan penuh untuk menjaga dan mengamankan obyek – obyek vital strategis, seperti di area pertambangan PT. Freeport Indonesia dan Kota Timika.

“ Semua obyek strategis di Mimika, TNI – Polri punya tanggungjawab jaga stabilitas keamanan, sebab antara kelompok separatis bersenjata dengan kelompok politik, mereka punya hubungan yang kami prediksi akan gelar aksi “ Ujar Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Pio L. Naiggolan.

Khusus di kalangan TNI, kata Dandim kekuatan yang diturunkan untuk mendukung pengamanan  kamtibmas menjelang 1 Desember di Kabupaten Mimika cukup besar, baik organik maupun satuan tugas ( satgas ).

“ Kami berharap semua elemen, khususnya jajaran TNI – Polri di Mimika, tetap memelihara kekompakan dan sinergitas agar situasi kamtibmas benar – benar aman pada 1 Desember mendatang “ Harapnya.

( team tualnews )