Tiga Tahun Raih WTP, 7 OPD Pemkab Malra Jadi Pilot Projek Bebas Korupsi

Langgur Tual News – Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku adalah satu – satunya kab/kota selama tiga tahun berturut – turut sejak tahun 2012 meraih opini terbaik dari Badan Pemeriksaan Keuangan RI yakni wajar tanpa pengecualian ( WTP ), sehingga tujuh perangkat daerah ditetapkan sebagai pilot projek zona bebas korupsi.

Demikian sambutan Bupati Malra, yang diwakil Asisten II, Hendrikus Watratan pada pencanngan zona integritas WBK dan WBBM di Kantor Bea Cukai Tual, senin ( 25/11/2019 ).

Asisten II, Hendrikus Watratan pada pencanngan zona integritas WBK dan WBBM di Kantor Bea Cukai Tual, senin ( 25/11/2019 )

Kata Watratan, sejak tahun 2012 Kabupaten Malra bersama BPK telah mencanangkan zona integritas WBK dan WBBM.

“ pada pencanangan itu, tujuh OPD Pemkab Malra yang ditetapkan sebagai kawasan bebas korupsi adalah Dinas Pendidikan,  Kesehatan,  Penanaman modal dan pelayanan terpadu, Kependudukan dan pencatatan sipil serta Kecamatan Kei Kecil “ ungkapnya.

Menurut Staf Ahli Bupati, di tahun 2014 dilanjukan dengan penerapan wilayah birokrasi bersih – bersih melayani sebagai salah satu bagian dari kebijakan reformasi birokrasi di Kabupaten Malra.

“ Sejak pencanangan dan penerapan zona integritas WBK dan WBBM, kabupaten Malra keluar dengan opini penilaian terbaik dari BPK RI tiga tahun beruturut – turut yakni 2016, 2017 dan 2018, bahkan sampai saat ini Malra masih peringkat terbaik dari BPK “ ungkapnya.

Asisten II Pemkab Malra, Hendrikus Watratan pada pencanngan zona integritas WBK dan WBBM di Kantor Bea Cukai Tual, senin ( 25/11/2019 ).

Watratan mengakui dari penilaian pelayanan publik baik dilakukan secara internal Pemkab Malra maupun perangkat daerah yang ditetapkan sebagai pilot projek dari tahun ke tahun kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik terus mengalami peningkatan.

“ kami melakukan suvei terakhir di Dinas Penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu, kepuasan masyarakat diatas angka 87, ini predikat sangat baik dan membanggakan “ ujarnya.

Watratan menjelaskan, Pemkab Malra dari waktu ke waktu akan terus memperbaiki kinerja baik dari sisi perencanaan maupun kinerja pelayanan publik.

“ hasil evaluasi terakhir Kemenpan RI terhadap sistim akuntabilitas instansi pemerintahan di Maluku Tenggara, kita sudah berada di peringkat C atau 57 sekian, kurang dua digit masuk predikat B. “ terangnya.

Dirinya optimis, dengan komitmen yang tinggi dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda serta kerja keras semua OPD akan tercapai target untuk berada di penilaian B.

“ saya atas nama Pemkab Malra mengucapkan selamat kepada Kantor Bea Cukai Tual dan jajaranya atas pelaksanaan pencanangan zona integritas  WBK dan WBBM di wilayah KKBC Tual “ salut Watratan.( team tualnews )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

Exit mobile version