fbpx

Wabup Apresiasi Wings Air Masuk Mimika, Harga Tiket Timika – Jakarta 1,8 juta

65 / 100

Timika Tual News – Setelah masuknya armada penerbangan Batik Air dan Trigana Air, dalam waktu dekat maskapai Wings Air akan masuk beroperasi di Kabupaten Mimika. Wakil Bupati Mimika, Johanis Rettob mengapresiasi hal ini karena kehadiran maskapai tersebut, sekaligus menjawab visi dan misi serta  program prioritas 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Mimika.

Wabup Mimika dalam sambutanya kamis ( 14/11/2019 ),usai membuka penerbangan perdana Trigana Air rute Timika – Wamena  mengaku salah satu program prioritas Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati, Johanis Rettob adalah menambah rute transportasi penerbangan udarah di Kabupaten Mimika.

IMG 20191115 WA0012
Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Johanis Rettob dalam keterangan kepada Pers di Bandara Moses Timika

“ Dalam waktu dekat selain pesawat Trigana Air, akan ada dua maskapai baru yang melayani rute penerbangan ke Timika yakni Wings dan Lion Air “ ungkapnya.

Kata Wabup Rettob, maskapai wings air akan melayani rute Nabire – Timika- Tual ( PP ) dan Lion Air melayani penerbangan Timika – Surabaya – Jakarta ( PP ). Sementara Trigana Air melayani rute penerbangan Timika – Merauke – Timika (PP ).

“ kita akan buka rute penerbangan baru lagi dalam waktu dekat, dimulai akhir bulan ini hingga pertengahan Desember 2019 “ Ujar Wabup Mimika.

Selain memprioritaskan rute penerbagan, kata Rettob Pemkab Mimika akan terus berupaya meningkatkan fasiltas dan sarana prasarana pelayanan di Bandara Moses Kilangin Sisi Selatan.

“ untuk sarana dan prasarana serta fasilitas navigasi, komunikasi keselamatan penerbangan bandara, kita sudah sangat baik bahkan canggih di Provinsi Papua “ katanya.

Namun disisi lain kata Wabup Mimika, fasilitas bandara yang harus diperbaiki seperti jalan masuk dan tempat parkir mobil serta  parkiran pesawat akan segera diperluas pada areal bandara.

“ ini sebagai bentuk konsistensi Bupati dan Wabup Mimika dalam menuntaskan program 100 hari kerja “ Ujar Rettob.

Wabup mengaku, pertengahan juni 2020 nanti terminal bandara baru yang saat ini sedang digenjot pekerjaanya bakal diresmikan. “ Jadi Desember 2020, kita sudah bisa operasional bandara ini secara parsial “ terangnya.

Batik Air dan Wings Air akan Buka Rute Penerbangan ke Bandara Mozes Kilangin Timika

Sebelumnya pada kegiatan pembukaan rute Timika – Wamena di Bandara Sisi Selatan Moses Kilangin, Wabup Mimika, Johanis Rettob memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mensuport program 100 hari Pemkab Mimika.

“ puji Tuhan terimakasi kepada UPBU, Airmav, PT.Avco dan PT.FI yang senantiasa sudah bekerja sama untuk membuat konektifitas  Mimika terbuka kemana – mana “ Salutnya.

Diakui, kalau dulu hanya ada 90 pergerakan penerbangan dalam satu hari di Kabupaten Mimika, namun saat ini sudah mencapai 180 – 190 pergerakan, bahkan diperkirakan bisa melampaui Jayapura.

“ Ini menunjukan kalau Timika sudah luar biasa, karena  sebagai daerah terpadat kedua di Papua setelah Jayapura. Mereka kurang lebih 200 penerbangan, namun kelihatan kita akan susul, sebab saat ini di Jayapura cari slot sudah susah, olehnya itu Airmav dan UPBU tetap konsisten dalam jalankan kebersamaan dan kerja sama ini “ Tandas Wabup Mimika.

Dikatakan, dengan pembukaan rute penerbangan baru, maka Kabupaten Mimika akan semakin berkembang sebab dengan bertambahnya rute penerbangan memberikan multyply effect bagi masyarakat.

“ Semua ini nantinya akan mempermudah kita dalam membangun konektifitas intern di Papua, dari sini kita bisa terbang ke Merauke, Sorong, Kaimana, Fak- Fak dan lainya, semua akan terbuka. Saya minta dukungan kalian semua untuk rencana ini “ Harap Wabup Mimika.

Rettob menjelaskan, kehadiran armada pesawat Batik Air beberapah waktu lalu di Mimika, sudah memberikan pengaruh dalam persaingan harga tiket transportasi udarah.

“ Bulan lalu waktu kita terbang dengan harga tiket pesawat kelas ekonomi ke Jakarta sebesar Rp 5.300.000/orang, namun begitu Batik Air masuk harga tiket pesawat dari Timika ke Jakarta turun jadi Rp 1.800.000,- “ ungkapnya.

Wabup berharap, maskapai Garuda tidak boleh khawatir, karena para penumpang selalu memilih armada sesuai dengan kehendak hati mereka. “ yang paling penting adalah masyarakat terbantukan dan bisa efektif dalam perjalanan “ ujarnya.

Selain itu, kata dia penurunan harga tiket pesawat juga terlihat dengan kehadiran Trigana Air dalam melayani rute Timika – Wamena. “ biasanya masyarakat Mimika yang hendak ke Wamena harus terlebih dulu ke Jayapura dengan harga tiket 1,1 juta dan dilanjutkan ke Wamena dengan kisaran tiket Rp 900.000,- namun dengan kehadiran Pesawat Trigana Air yang selama 10 tahun berproses masuk Timika, saat ini terwujud karena masyarakat terbang dari Timika ke Wamena hanya keluarkan biaya Rp 980.000.000,- “ Jelas Wabup Mimika, Johanis Rettob.

Dirinya optimis penurunan harga tiket pesawat akan terus berlangsung, karena ke depan maskapai lainya akan masuk rute Timika – Wamena.

( team tualnews )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: