PT. Tanto Tidak Tahu Kontainer 240849-2 Muat Motor Bodong

Dsc 0420

Tual News – PT. Tanto Intim Line Cabang Tual, salah satu perusahan jasa kontainer di Indonesia, tidak mengetahui kontainer nomor : 240849-2, bermuatan 16 unit motor bodong dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju pelabuhan tujuan Kota Tual.

Dsc 0422 1 1
Ini bukti Kontainer PT. Tanto Intim Line nomor ; 240849-2, sesuai data manifest barang elektronik, setelah dibuka terdapat 16 unit motor bodong dari Jawa Timur

Perwakilan PT. Tanto Intim Line Cabang Tual, yang ditemui tualnews.com diruang kerjanya, senin ( 27/4/2020 ) tidak mau memberikan keterangan kepada Pers, terkait muatan kontainer tersebut yang sesuai data manifest, tercantum barang elektronik, namun kenyataan dilapangan setelah segel kontainer 240849 -2 dibuka KP3 Pelabuhan Tual bersama Pegawai Pelabuhan, Sabtu ( 25/4/2020 ), ditemukan 16 unit kendaraan bermotor tanpa surat ijin jalan dari Polda Jawa Timur.

“ Untuk sementara kami tidak memberikan keterangan kepada Pers, karena sebelumnya media massa sudah memvonis PT. Tanto selundupkan ratusan motor bodong masuk di Kota Tual “ Sesal Kepala Cabang PT. Tanto Intim Line Cabang Tual.

Dsc 0428 1
Ini bukti Kontainer PT. Tanto Intim Line nomor ; 240849-2, sesuai data manifest barang elektronik, setelah dibuka terdapat 16 unit motor bodong dari Jawa Timur

Berdasarkan pantauan tualnews.com, saat ini 16 unit motor yang diduga bodong sudah diamankan Polisi Pelabuhan di Kantor KP3 Pelabuhan Tual untuk proses penyelidikan. 

“ 16 unit motor merek Yamaha saat ini kami amankan untuk proses penyelidikan, karena tidak ada surat ijin jalan operasi dan STNK yang ditemukan dalam jok motor diduga palsu “ Ungkap Komandan KP3 Pelabuhan Tual, IPDA. Frangky Tethool.

Seperti diberitakan tualnews.com, sebelumnya sejak sabtu pagi, kontainer PT. Tanto, nomor 240849-2, tidak bisa dibuka, karena sesuai manifest barang yang tertera dalam dokumen KM. Tanto, tertulis kalau isi kontainer tersebut adalah barang elektronik, namun atas perdebatan panjang antara KP3 Pelabuhan bersama para Pegawai Pelabuhan Yosudarso Kota Tual, maka pemilik barang atas nama Maulana Kabalmay alias Anyo ( 26), beralamat di Lorong 25 komplekx TNI – AL datang dan mengakui isi barang didalam kontainer adalah miliknya.

Img 20200425 wa0002
16 unit motor yang diduga bodong hasil muatan kapal barang KM. Tanto diamankan Polisi Pelabuhan Tual di Kantor KP3 Pelabuhan untuk kepentingan penyelidikan

Pukul 11.30 WIT, setelah dibuka isi kontainer tersebut, ditemukan 16 unit kendaraan bermotor didalam kontainer PT. Tanto.

Maulana Kabalmay mengaku dirinya sebagai penerima barang itu, dengan menggunakan MKL Robert Surabaya.

16 Unit motor yang diduga bodong langsung dibongkar dari dalam kontainer dan diamankan di Kantor Pos KP3 Pelabuan Tual. Setelah diperiksa kendaraan bermotor itu satu persatu, hanya didalam jok motor ditemui STNK, tanpa ada BPKPB motor.

STNK 16 buah motor cetakan baru dari Polda Jawa Timur, setelah dicocokan dengan STNK asli keluaran Samsat, sangat berbeda jau. Dengan demikian patut diduga STNK motor tersebut dipalsukan.

Sat Reskrim Polres Malra masih melaksanakan proses penyelidikan atas kasus ini dengan memeriksa pihak terkait, termasuk Kepala Cabang PT. Tanto Kota Tual sejak sabtu malam ( 25/4/2020 ). ( team tualnews )