Camat Kei Kecil Minta Warga Pakai BLT Untuk Beli Makan, Bukan Belanja HP

Camat kei kecil serahkan blt dana desa ohoi kelanit tahap ii

Tual News – Camat Kei Kecil, Neles Rettob minta warga masyarakat di Desa / Ohoi Kelanit, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, menggunakan dana bantuan langsung tunai ( BLT ) Dana Desa untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti makan dan minum, bukan menerima uang BLT guna membeli telpon seluler ( HP ).

Permintaan ini disampaikan Camat Kei Kecil, ketika hadir di Desa Kelanit, Minggu ( 05/07/2020 ), dalam rangka menyaksikan langsung penyerahan dana BLT Dana Desa Ohoi Kelanit tahap II  tahun 2020.

Pantauan tualnews.com, pembagian BLT dana desa Kelanit yang berlangsung di Balai Ohoi Kelanit, disaksikan langsung pihak Inspektorat Kabupaten Malra, Endang Sriyati sebagai Auditor Madya Inspektorat, Pendamping Dana Desa Kelanit, Icha Rengirit, Babinsa Kodim 1503 Tual, Sertu Davit Lesomar, Badan Saniri Ohoi ( BSO ) beserta perangkat Desa Kelanit.

“ Saya ingatkan kepada warga, agar jangan melihat besar atau kecilnya nilai uang yang diterima, namun sekecil apapun bantuan itu, sudah bisa membantu membeli membeli kebutuhan makan dan minum rakyat setiap bulan. Jadi sekali lagi saya minta uang BLT dana desa jangan digunakan untuk beli kebutuhan lain seperti telpon seluler ( HP ) atau barang elektronik lainya “ Pintah Camat Kei Kecil.

Camat Rettob menegaskan, dirinya tidak mau mendengar laporan dari bawah, kalau warga Ohoi Kelanit menggunakan BLT dana desa untuk membeli kebutuhan lain.

Camat Kei Kecil yang juga mantan ASN Inspektorat Kabupaten Malra menegaskan kepada masyarakat Ohoi Kelanit, kalau pembagian BLT Dana Desa Kelanit tahun 2020 berbeda, karena pihaknya juga mengikutsertakan Inspektorat, Pendamping dan Wartawan dalam rangka melakukan pemantauan dan pengawasan serta melihat langsung proses pembagian dana BLT Ohoi Kelanit.

“ Pembagian BLT ini ada Tim Inspektorat, Pendamping dan Wartawan, semua ini bertujuan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, misalnya mereka memantau dan melihat langsung apakah BLT dana desa diberikan kepada warga penerima sesuai jumlah nominal uang atau tidak ? “ Jelasnya.

Camat Kei Kecil, Neles Rettob  memberikan apresiasi kepada Pejabat bersama perangkat dan  masyarakat Ohoi Kelanit, karena kesadaran tinggi telah menjaga dan menjamin Kamtibmas serta mematuhi protokol kesehatan dalam memerangi pandemi covid-19.

“ Saya beri apresiasi dan terimakasi kepada warga Ohoi Kelanit, karena turut serta mendukung program Pemerintah dalam memerangi penyebaran Covid-19, dengan membuat portal dan pos keamanan untuk menjaga kamtibmas, termasuk dalam laporan yang saya terima, didalam aktifitas ibadah juga semua umat mematuhi protokol kesehatan yang baik “ Salut Rettob.

Pada kesempatan itu Camat Kei Kecil mengingatkan Pejabat Ohoi Kelanit, agar dalam melaksanakan tugas sehari – hari, ditengah pandemi covid-19, harus melaksanakan tugas dan fungsi utama sebagai seorang Pejabat yakni memfasilitasi dan memproses Kepala Ohoi Kelanit definitif.

Pj. Ohoi Kelanit, Primus Kelanit dalam laporanya, mengakui pembagian BLT dana Desa Kelanit adalah penyaluran BLT tahap II Bulan Mei 2020, yang dibagikan pada Bulan Juli 2020.

“ BLT dana desa tahap I sudah disalurkan april 2020 dan dibagikan pada bulan Mei, sementara tahap ketiga akan dibagikan pada minggu kedua atau ketiga bulan Juli 2020 “ Ungkapnya.

Pejabat Kelanit merinci, jumlah jiwa di Desa Kelanit sebanyak 921 jiwa, terdiri dari laki – laki 462 orang dan perempuan 459 orang.

“ Warga penerima BLT dana desa Ohoi Kelanit sebanyak 90 orang, dengan nilai uang yang diterima sebesar Rp 600.000/ orang “ Ungkap Pj. Ohoi Kelanit.

( TN )