Sasi di Kantor BPN Malra Resmi Dicabut

Sasi-kantor-bpn-malra-dicabut-pemangku-adat-nen-dit-sakmas-kei.
Sasi-Kantor-BPN-Malra-dicabut-pemangku-adat-Nen-Dit-Sakmas-Kei.

Tua News – Sasi ( Hawear-red ) yang tertanam di Kantor ATR/BPN Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Propinsi Maluku, sejak tangga 04 juni 2021, pukul 16.00 WIT, akhirnya resmi dicabut, Jumat ( 12/06/2021 ), pukul 09.40 WIT.

Informasi yang dihimpun tualnews.com, Sasi tersebut dicabut pemangku adat Nen Dit Sakmas, Tuan Tanah Langgur bersama pemasang Sasi ( Hawear-red ) dari keluarga Rumangun.

Kantor BPN Malra Dipalang Sasi

Pukul 09.45 WIT, rombongan pemangku adat Kei yang tiba di Kantor Pertanahan, langsung melaksanakan ritual adat ( siri pinang ), dan dilanjutkan dengan pencabutan Sasi di empat titik, masing – masing satu buah sasi di pintu pagar, dua buah di depan pintu kantor BPN dan satu buah sasi di belakang kantor.

Engel-jaflean-cabut-sasi-adat-kei-hawear-di-kantor-bpn-malra.
Engel-Jaflean-Cabut-Sasi-Adat-Kei-Hawear-Di-Kantor-Bpn-Malra.

Dengan demikian, para tokoh adat Kei, mencabut lima buah sasi yang terpasang di empat titik Kantor BPN Malra.

Turut menyaksikan dan mendampingi pemangku adat Kei dalam pencabutan Sasi di Kantor Pertanahan, Dandim 1503 Tual, Letkol. Inf Mario Christian Noya, dan Kapolsek Kei – Kecil, IPTU Ferdinan Solamede, S.H.

Raja Ohoilim Tahit Pimpin Upacara Adat Kei Cabut Sasi di Kantor BPN

Sementara pemangku Adat yang hadir mencabut sasi tersebut adalah, Engel Jaflean dari Nen Dit Sakmas Wain, Tuan Tanah Langgur, Ebi Rettob, bersama pihak pemasang sasi dan keluarga.

Upacara Adat Kei pencabutan Sasi ( Hawear-red ) di Kantor ATR / BPN Malra dan Kota Tual, dijaga ketat aparat TNI – Polri.

Pukul 10,20 WIT,  selurug rangkaian kegiatan pencabutan Sasi/Hawer berjalan baik,  lancar dan Aman. ( TN )