Wartawan Dilarang Liput Kunker Menko Marves di PT. SIS

Kedatangan menko marves dan kkp di bumi larvul ngabal

Tual News – Wartawan media cetak dan elektronik di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, rabu ( 06/10/2021 ), dilarang melaksanakan kegiatan jurnalistik, dalam rangka peliputan kunjungan kerja Menko Marves, Luhut B. Panjaitan, dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di PT. Samudera Indo Sejahtera ( SIS ), Desa Ngadi, Kecamatan Dullah Utara, Kota Tual.

“ Sesuai perintah Kepala Bagian Humas dan Protokoler Kota Tual, Moksen Ohoiuf kepada pimpinan PT. SIS, bapak – bapak wartawan tidak bisa masuk meliput kegiatan Menteri Marves didalam areal perusahan, hanya bisa ambil gambar dari jau “ ungkap Kepala Pos Security PT. SIS Tual kepada para wartawan media cetak dan elektronik.

Sampai saat ini belum diketahui alasan pelarangan Pers melaksanakan kegiatan jurnalistik di PT. SIS Kota Tual, namun sesuai pengakuan sekurity PT.SIS, hingga saat ini tidak ada daftar manivest wartawan yang diberikan Pemkot Tual kepada PT. SIS, untuk meliput kegiatan tersebut.

Mayat ABK Ditemukan Terdampar di PT SIS Tual

Para wartawan media cetak dan elektronik yang sudah menunggu sejak pukul 15.30 WIT, akhirnya kembali ke  jalan utama sambil mengabadikan gambar kedatangan Menko Marves di PT . SIS, pukul 16.00 WIT,  dari kejauhan dan pulang dengan penuh kekecewaan.

Mantan Ketua PWI Kota Tual dan Malra, Aladian Sukma, minta Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag, segera mencopot jabatan Kabag Humas dan Protokoler Kota Tual.

“ kalau seperti begini, saya tantang Walikota Tual tak berani copot jabatan .Kabag Humas dan Protokoler Kota Tual, “ tegas Sukma.

Aladin, mempertanyakan kapasitas Kasubag Humas Pemkot Tual melarang para wartawan media cetak dan elektronik di Kota Tual dan Malra melaksanakan tugas jurnalistik.

Kapolres Tual Benarkan Penemuan Mayat ABK di PT. SIS

“  Kabag Humas dan protokoler Kota Tual tak punya hak larang wartawan laksanakan tugas jurnalistik, harus banyak baca dan belajar  UU Pers, “ kesalnya.

Kata dia, kalau hal seperti ini terjadi, maka masyarakat tidak mengetahui maksud dan tujuan kedatangan Menko Marves dan beberapah Menteri di Kota Tual dan Kabupaten Malra.

“ kami punya itikadi baik untuk bangun daerah ini lebih baik, tapi model komunikasi dan koordinasi yang lemah serta larang wartawan liput kegiatan kunker Menteri, maka nanti kita lihat ke depan, “ Ancam Aladin Sukma.

400 Ratus Komponen Rakyat Kota Tual Dukung Investasi Blok Masela di PT SIS

Untuk diketahui sedikitnya tujuh wartawan media cetak dan elektronik di Kota Tual, yang ditolak masuk areal PT. SIS, meliput kegiatan Menteri Marves  adalah reporter Inews. Tv, Net Tv, media online tribun maluku. Com, tualnews.com, bhayangkari.id, TVRI Maluku, Nusantara News, dan suara kepulauan tanimbar.com.

Kedatangan Menko Marves di PT SIS dan PPN Dumar Kota Tual dalam rangka ekspor perdana ikan, untuk menunjang Provinsi Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional.  ( TN )