Binda Maluku Gandeng Dinkes Sasar Vaksinasi di Daerah 3 T

Kegiatan-vaksinasi-binda-maluku-di-gedung-serba-guna-larvul-ngabal.
Kegiatan-vaksinasi-Binda-Maluku-di-Gedung-Serba-Guna-Larvul-Ngabal.

Tual News – Badan Intelejen Daerah ( Binda ) Provinsi  Maluku masih terus gencara melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat, di daerah terluar, tertinggal dan terdepan ( 3T ), kali ini Binda Maluku menyasar masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara, dengan sasaran lansia, masyarakat umum dan pelajar.

Kabinda Maluku, Brigjen TNI Jimmy Aritonang, S.E.,  dalam press release yang diterima tualnews.com, rabu ( 09/2/2022 ), menyebutkan vaksinasi Binda Maluku, di Kabupaten Malra menargetkan 250 orang yang terdiri 150 masyarakat umum, 50 Pelajar dan 50 lansia.

Kata Aritonang,  dalam gelar  vaksinasi Binda Maluku, di Gedung Serba Guna Larvul Ngabal, pihaknya  bekerjasama dengan Tim Nakes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara.

“ kegiatan vaksinasi ini ditujuhkan dalam rangka meningkatkan kekebalan komunal atau Herd Immunity masyarakat malra, khususnya bagi  masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi tahap II di daerah 3T dan pulau pulau terluar, “ jelasnya.

Selain itu kata Binda Maluku, vaksinasi Covid-19 juga menyasar para  lansia, sebab target  capaian masih rendah.

“ saat ini terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Provinsi Maluku, seiring dengan terjadinya lonjakan kasus secara Nasional. Untuk itu, diperlukan percepatan vaksinasi tahap I dan II,  guna terlaksana vaksinasi booster atau tahap III bagi masyarakat umum, “ tandas Kabinda Maluku, Brigjen TNI Jimmy Aritonang, S.E.

Menyoal kendala yang dialami Binda Maluku selama proses vaksinasi covid-19 di daerah 3T, Aritonang mengaku kendala geografis Kabupaten Malra yang menjadi tantangan, seperti rentang wilayah yang luas, sulitnya akses, dan kendala jaringan komunikasi.

“  untuk mengatasi kendala ini, diperlukan sinergitas Pemkab Malra melalui Dinkes  dan stakholder untuk berpartisipasi dalam mengikuti vaksinasi, “ ujarnya.

Kabinda Maluku, Brigjen TNI Jimmy Aritonang, S.E., menyampaikan apresiasi dan terimakasi kepada Pemkab Malra yang merupakan salah satu kab / Kota di Provinsi Maluku yang sudah mencapai target vaksinasi diatas 70 %.

“ kami beri apresiasi dan terimakasi atas capaian vaksinasi covid-19 Pemkab Malra diatas 70 %, namun Binda Maluku tetap terus gencar melakukan vaksinasi dalam rangka mendorong percepatan vaksinasi di daerah 3T, “ terangnya.

Dikatakan, Binda Maluku bukan hanya melaksanakan kegiatan vaksinasi di Kabupaten Malra, tapi terus gencar vaksinasi di setiap Kab/Kota di seluruh wilayah Provinsi Maluku, yang saat ini masih dibawah 70 % tingkat Nasional.

( TN – 01 )