KPK Susun Peta Jalan Berantas Korupsi, Target Indonesia Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia 2045

Ketua kpk ri dalam amanatnya ketika membuka acwg g20

Tual News – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) RI, Firli Bahuri, menegaskan saat ini KPK telah menyusun peta jalan atau roadmap pemberantasan korupsi 2020-2045, sebab di tahun 2045 menjadi moment penting bagi Indonesia sebagai target membangun kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Hal ini ditegaskan, Ketua KPK dalam amanatnya ketika bersama Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) , Mahfud MD membuka Kick Off Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20, jumat ( 04/03/2022 ), sebagai tanda dimulainya pembahasan pemberantasan korupsi oleh negara-negara anggota G20.

“ Namun, target itu tidak bisa dicapai jika pemasalahan bangsa tidak bisa diselesaikan, termasuk korupsi, “ tegas Ketua KPK, dalam rilis Pers yang diterima, tualnews.com, jumat ( 04/03/2022 ).

Firli mengaku, saat ini Indonesia dan dunia tengah menghadapi krisis kesehatan dan pelemahan ekonomi,  akibat pandemi Covid-19,  namun, KPK mendorong  masyarakat untuk  tetap optimistis dan bangkit dari krisis.

“Masalah akan selalu menghampiri kita,  tapi masalah tidak akan membunuh kita, justru membuat kita lebih kuat,” Pintah Ketua KPK.

Kata Firli, kutipan tersebut sesuai dengan slogan Presidensi Indonesia dalam G20, yaitu “ Recover Stronger Recover Stronger .”

Menko-polhukam-mahfud-md-berbicara-pada-kick-off-anti-corruption-working-group-acwg-g20
Menko-Polhukam-Mahfud-Md-Berbicara-Pada-Kick-Off-Anti-Corruption-Working-Group-Acwg-G20

Sementara itu  Menko Polhukam,  Mahfud MD, menyebut pola korupsi yang saat ini dilakukan sangat beragam,  hal itu membuat jumlah korupsi meningkat dan pada akhirnya akan menjadi bencana bagi bangsa Indonesia.

“ Korupsi itu bukan kejahatan biasa, tapi kejahatan luar biasa, “ ujarnya.

Mahmud, menegaskan sejarah mencatat kalau  korupsi sudah menghancurkan banyak negara dan perserikatan.

“ KPK adalah simbol perang terhadap korupsi yang dilakukan Indonesia. Hingga saat ini, KPK sudah menangkap ratusan pejabat dan kepala daerah yang terlibat korupsi, “ salut Menko Polhukam.

Mahfud berpesan, agar para penegak hukum saling bersinergi dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

“ saya berharap  ACWG G20 dapat menghadirkan hasil nyata untuk Indonesia dan dunia, sebab kontribusi ekonomi G20 sangat besar terhadap Produk Domestik Bruto, “ harapnya.

Mahfud minta pemberantasan korupsi menjadi penting untuk menjaga pertumbuhan ekonomi negara-negara G20.

“ ACWG G20 diminta  menghasilkan kesepakatan yang membantu negara-negara, mencegah korupsi pada praktik ekonomi digital, khususnya di Indonesia, “ terangnya.

Menko Polhukam,  Mahfud MD, membeberkan catatan Bank Indonesia, atas besarnya nilai ekonomi digital di Indonesia pada tahun 2021, yaitu mencapai Rp 22 triliun.

Pada  Kick off Meeting G-20 yang dilaksanakan, jumat sore itu, KPK RI menggelar talkshow, dengan tema “ Presidensi G20 Kuatkan Komitmen Bersama Antikorupsi ” menghadirkan narasumber masing – masing,  Wakil Ketua KPK,  Lili Pintauli Siregar, Haryanto Budiman Chair  B20 Integrity and Compliance Task Force, dan  Dadang Trisasongko Chair C20 Anti-Corruption Working Kelompok.

Kegiatan lanjutan akan digelar oleh ACGW, yakni pembahasan bersama negara-negara anggota G20 yang dilakukan dalam dua  tahap yaitu pada akhir Maret 2022 dan Juli 2022.

Untuk diketahui, ACWG merupakan forum negara-negara yang tergabung dalam G20 yang secara khusus membahas isu antikorupsi. Forum ini akan menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang dapat diimplementasikan dalam upaya pemberantasan korupsi, tidak hanya bagi para anggota G20, namun juga bagi negara-negara secara global.

( Nery Rahabav – Media Tual News )