Tiga Tahun Mobil Dana Desa Fiktif Ohoi Isso Parkir di Rumput Hijau

65 / 100

Tual News – Tiga tahun lamanya, belanja mobil fiktif Badan Usaha Milik Ohoi ( BUMO ) di Desa / Ohoi Isso, Kecamatan Kei – Kecil Timur, Kabupaten Maluku Tenggara tahun anggaran 2020 tenggelam di lokasi rumput hijau Kota Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara.

Berdasarkan data yang dihimpun Media Tual News, tempat kost rumput hijau mengemuka ke publik, ketika kaki tangan kontraktor pengadaan belanja mobil BUMO dan lampu solar cell menerima setoran uang anggaran dana desa ( DD ) Ohoi Isso tahun anggaran 2020 sebesar Rp 200 juta.

Dua Tahun Mobil Dana Desa Fiktif Ohoi Semawi Tak Mampu Ditangani Tipikor Polres Tual

Mantan Pejabat Kepala Ohoi Isso, Irenius  Tharob bersama bendahara, sekretaris desa, Ketua BUMO dan Bendahara, setelah mencairkan anggaran DD tahun 2020, bukanya pulang ke kampung untuk menggelar rapat bersama masyarakat, melainkan kelima petinggi Ohoi Isso itu berbelok arah menuju tempat kost rumput hijau untuk menyetor uang tunai DD sebesar Rp 200 juta kepada kontraktor atau pengusaha yang tinggal di kamar kost rumput hijau bernama Henan.

Warga Semawi, Isso, Maar & Waab Watngil Tanya Mobil DD di Polres Tual

Patut diduga Henan adalah kaki tangan kontraktor asal Kabupaten Kepulauan Aru di Kota Dobo, Herdy Tandra yang ditunjuk langsung para Kepala Desa / Ohoi di Kecamatan Kei Kecil Timur, Kei Kecil Timur Selatan, Kei Kecil Barat dan Kecamatan Hoat Sorbay serta Manyeuw menerima uang tunai dana desa ratusan juta hingga milyaran rupiah tahun anggaran 2020, untuk pengadaan lampu solar cell dan mobil BUMO milik beberapah desa, termasuk Ohoi Isso.

1 Tahun Mobil BUMO Empat Ohoi Malra Tenggelam di Laut Aru

Kasus dugaan penggelapan tersebut sudah dilaporkan di Unit Tindak Pidana Korupsi ( Tipikor ) Polres Tual, bahkan penyidik polisi sudah meminta keterangan puluhan saksi masyarakat, namun sangat disayangkan hingga kini kasus yang ditangani Tipikor Polres Tual itu berjalan ditempat dan tidak ada kejelasan.

Oknum Kontraktor asal Kota Dobo, Herdy Tandra yang tinggal di jalan cendrawasih Kabupaten Kepulauan Aru diduga kebal hukum, sehingga setingkat Tipikor Polres Tual tak bisa berkutik alias tak berdaya menghadapi pengusaha kawakan tersebut.

Mobil DD Ditelan Bumi, Kantor Desa Semawi Dirusak Warga

Bahkan pengusaha mutiara aru itu bukan saja berhasil membuat Tipikor Polres Tual tak berdaya, namun dia juga bisa mampu menggelabui Kadis DPMPD, Inspektorat,  para Camat serta Pejabat Kepala Ohoi di Kabupaten Malra, sebab surat pernyataan yang dibuat dan ditandatangani diatas meterai enam ribu, patut diduga sebagai bentuk rekayasa serta manipulasi.

Surat pernyataan yang ditandatangani pengusaha Herdy Tandra tanggal 26 januari 2021, didepan Inspektorat, DPMPD, Camat dan Para Pejabat Kepala Ohoi hingga memasuki Mei 2022 hanya sebagai isapan jempol, sebab kendaraan angkutan milik Desa / Ohoi Isso, Semawi, Maar dan Waab Watngil sebesar Rp 800 juta tak kunjung tiba di desa  alias fiktif.

Belum Terima BLT DD, Warga Surati Kapolres Tual Tangkap Kades Rumadian

Kapolres Tual, AKBP Dax E. Manuputty, S.I.K, M.H sudah saatnya mengevaluasi kinerja Tipikor Polres Tual beserta jajaranya saat ini, karena kasus dugaan penggelapan yang dilaporkan warga Ohoi Semawi, Godlif Hot Ditubun dkk, dengan nomor : STPL/130/VI/2021/Maluku/ Polres Tual, tanggal 07 Juni 2021, tidak ada tanda – tanda perkembangan proses penyelidikan dan penyidikan untuk diketahui pelapor bersama warga Ohoi Isso, Maar dan Waab Watngil yang melapokan dugaan penggelapan tersebut.

Baru 6 Ohoi Lapor Dana BUMO, DPRD Malra Warning Dinas PMD

Puluhan saksi warga masyarakat di empat desa tersebut sudah berulang kali dimintai keterangan oleh penyidik polisi, namun hasilnya berjalan ditempat. Bahkan anehnya, oknum kontraktor asal Kabupaten Kepulauan Aru, Herdy Tandra beserta kaki tanganya bebas menghirup udarah segar diluar.

( Penulis : Nery Rahabav – Media Tual News )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca Batalkan balasan

Exit mobile version