Dukung DOB, Paguyuban Papua & Fordaci Maluku Aksi Damai

60 / 100

Tual News – Koordinator aksi lapangan (korlap) Paguyuban masyarakat Papua dan Fordaco Maluku, Matias Andarek, bersama sejumlah warga Papua di Kota Ambon menggelar aksi damai di Tugu Trikora, selasa ( 21/6/2022 ). Mereka menyatakan dukungan atas pembentukan daerah otonom baru (DOB ) di tanah Papua.

Andarek dalam orasinya mengaku secara deskripsi, manfaat pemekaran wilayah provinsi baru di Papua akan berdampak langsung bagi pemenuhan kesejatraan masyarakat.

Mengenal Potensi Wisata Tiga Danau Cantik Wissel Paniai Papua

“ Jika terdapat provinsi baru, maka akan ditambah pula fasilitas umum yang baru, misalnya akan dibangun rumah sakit, klinik, dan puskesmas yang bagus dan berisi tenaga kesehatan profesional,  sehingga masyarakat diuntungkan karena bisa mendapat akses kesehatan secara lebih mudah, “ Jelasnya .

aksi dukung dob papua di gong perdamaian kota ambon

Selain itu kata Korlap, pemekaran wilayah juga akan berdampak positif kepada anak-anak Papua,  karena akan ada sekolah negeri mulai dari tingkat SD hingga SMA yang akan dibangun di provinsi baru.

Pemuda Kei Papua Kecam Tualeka, Buat Gaduh dan Harus Minta Maaf

“  Mereka akan mendapat akses pendidikan yang lebih dekat. jadi tidak usah jauh-jauh ke wilayah yang lain untuk mendapatkan ilmu dan menjadi murid yang pintar,  “ Ujarnya.

Disamping itu kata Andarek dalam orasinya menyebutkan kalau dengan adanya pemekaran provinsi baru di Papua, akses pengurusan administrasi yang lebih dekat dan mudah.

Maluku dan Papua Masuk Delapan Provinsi Level Buruk Ditjen Dukcapil 2022

“ Saat terlahir provinsi baru, masyarakat bisa mengurus KTP dan surat-surat lain ke kantor Disdukcapil yang posisinya tak terlalu jauh dari pemukiman, “ Katanya.

Dia berharap melalui aksi damai tersebut,  anak papua di maluku  jangan mudah percaya organisasi atau kelompok yang tidak mendukung program pempus.

“ Mari mendukung apa yang menjadi aspirasi pemerintah, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Papua. Sebagai generasi milenial, mari kita persiapkan tempat untuk masa depan,  “ Pintahnya.

Kades Kei Diminta Belajar Ke Papua, Sosok Ditubun Bagi Hasil Pajak Buat Masjid dan Gereja

Dalam kegiatan aksi damai tersebut,  koordinator aksi lapangan (korlap) Paguyuban masyarakat Papua dan Fordaco Maluku, Matias Andarek, membacakan tujuh pernyataan sikap sebagai berikut :

  1. Sepenuhnya mendukung pembentukan DOB di Tanah Papua.
  2. Pembentukan DOB Papua dapat mensejahterakan rakyat Papua.
  3. Jangan mau dipecah belah oleh oleh kelompok pemecah Bhineka Tunggal Ika.
  4. Tanah Papua adalah tanah yang kaya, dengan pembentukan DOB baru, dengan perencanaan yang tepat akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.
  5. Mendesak Pemerintah untuk mempercepat pembentukan DOB.
  6. DOB mensejahterakan masyarakat Papua.
  7. DOB dapat mencegah konflik berkepanjangan di Papua.

( Media Tual News )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca Batalkan balasan

Exit mobile version