Jaga Kamtibmas, Intelektual Minta Pelantikan 216 Kepala Kampung Paniai dibatalkan

58 / 100

Tual – Paniai, Salah satu Intelektual Paniai, di Kabupaten Paniai, Papua Deki Degei,SE.M.M, minta Bupati dan Wakil Bupati Paniai membatalkan kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 216 Kepala Kampung yang akan digelar, rabu pagi  ini ( 13/7/2022 ).

Permintaan Deki sangat beralasan, demi menjaga situasi kamtibmas pasca insiden di Kantor Bupati Paniai minggu kemarin, mengakibatkan satu warga meninggal dunia.

Ricuh Pilkades Serentak 2022, Satu Warga Tewas di Kantor Bupati Paniai

” Soal Pemilihan kepala kampung di Paniai pasca kejadian kemarin, mestinya pemerintah daerah jangan maraton, perlu jeda waktu dan mencari format serta konsep baru  pemilihan kepala kampung secara demokrasi. Bila perlu daerah yang telah sukses, seperti di Kabupaten Dogiyai menjadi rujukan,  ” Tegasnya.

surat mohon bantuan pengamanan

Dikatakan, pihaknya  sangat menghargai dan mengakui cara kerja Tim Pemerintah Daerah Kabupaten Paniai, dalam menyukseskan pesta demokrasi pemilihan Kepala Kampung, sejak persiapan sampai pendistribusian Logistik.

Mengenal Potensi Wisata Tiga Danau Cantik Wissel Paniai Papua

” Namun yang kami sesalkan, dalam perjalanan tugas, terjadi insiden kerusuhan di Kantor Bupati Paniai, mengakibatkan kematian dan luka-luka, sehingga hal ini tentu mencoreng nama baik Pemkab Paniai dimata publik, ” Sesal deki.

Dirinya menyoroti situasi kamtibmas, ditengah belum berakhirnya kedukaan korban meninggal dunia atas insiden kerusuhan di Kantor Bupati Paniai,  Donatus Nawipa, namun secara mengejutkan muncul spanduk dan selembaran undangan pengamanan pelantikan terhadap 216 Kepala Kampung Kabupaten Paniai yang digelar rabu pagi.

Dukung DOB, Paguyuban Papua & Fordaci Maluku Aksi Damai

” Melihat agenda rahasia yang berujung kepentingan dan sumber konflik ini, saya minta Pemkab Paniai membatalkan pelantikan 216 kepala kampung, demi menjaga kondisi keamanan dan kenyamanan daerah, ” Pintah Deki sekali lagi.

Untuk diketahui, berdasarkan surat resmi Sekretaris Daerah Kabupaten Paniai, Anwar damanik, S.STP, M.M, Nomor : 131/263/SET, tanggal 12 Juli 2022, Sekda Paniai memohon bantuan pengamanan kepada Dandim 1703 Deiyai untuk memberikan bantuan tenaga keamanan dalam pelaksanaan kegiatan pelantikan ratusan Kepala Kampung di Kantor Bupati Paniai, rabu ( 13/7/2022 ) pukul 08.00 WIT.

( Pewarta : Jeri P. Degei )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca Batalkan balasan

Exit mobile version