Ricuh Pilkades Serentak 2022, Satu Warga Tewas di Kantor Bupati Paniai

70 / 100

Tual News – Kericuan terjadi di Kantor Bupati Kabupaten Paniai, Provinsi Papua, selasa siang (05/7/2022) pukul 11.00 WIT. Akibat kericuhan itu, satu warga dilaporkan meninggal dunia, terkait pentahapan Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Paniai tahun 2022.

Laporan pewarta tualnews.com, Jeri P.Degei dari Paniai menyebutkan sejak selasa pagi panitia penyelenggara pilkades dari desa sudah hadir di Kantor Bupati Paniai,  untuk mengambil kotak suara agar didistribusikan ke kampung masing-masing.

Saat itu panitia pelaksana pilkades dari kampung – kampung di Paniai meminta agar honor mereka sebagai panitia penyelenggara pilkades tingkat kampung langsung dibayarkan panitia pilkades Kabupaten Paniai.

Namun, lantaran permintaan panitia kampung ditolak, kemudian Panitia pilkades Kabupaten Paniai menginformasikan honor penyelenggara pilkades kampung  baru dibayarkan setelah pelaksanaan pilkades serentak 2022, maka terjadi kericuhan dan saling kejar mengejar di Kantor Bupati Paniai.

korban-ricuh-di-Kantor-Bupati-Paniai-dilarikan-ke-RS-Paniai.
korban-ricuh-di-Kantor-Bupati-Paniai-dilarikan-ke-RS-Paniai.

“ Panitia pilkades kampung mengamuk di Kantor Bupati Paniai,  mereka tidak menerima penjelasan panitia Kabupaten Paniai di Kantor Bupati Paniai hingga terjadi kericuhan didalam dan diluar halaman  Kantor Bupati Paniai,” Ungkap sumber tualnews.com di Enarotali  Kabupaten Paniai, Selasa (5/7/2022).

Sumber itu menjelaskan, tiga orang luka kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Madi, Paniai. Sedangkan salah satu warga lainya  berinsial  DN meninggal dunia ketika berada di rumah sakit akibat luka dibagian lambung.

Sementara seorang korban warga kampung lainya, Alfius Giyai mengalami luka di tangan kanan.  Korban lain dalam kericuhan di Kantor Bupati Paniai belum diketahui identitasnya mengalami luka di bagian kaki.

YouTube video player

Kedua korban saat ini masih menjalani perawatan intensif  tim medis di RSUD Madi Paniai Papua.

Untuk diketahui Pemerintah Kabupaten Paniai melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) selama dua hari, 16-22 Juni 2022 membuka pendaftaran bakal calon (balon) kepala desa pada Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak di Kabupaten Paniai, Papua.

Tahapan Pilkades serentak Paniai tahun 2022 dimulai rabu (15/6/2022) dengan pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) di Aula Kantor Bupati Paniai.

Para peserta yang hadir terdiri dari panitia dan anggota pilkades tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa beserta pimpinan serta anggota badan musyawarah (bamuskam).

Selanjutnya tanggal 15-22 Juni 2022,  dibuka pendaftaran bakal calon pilkades, dan dilakukan verifikasi berkas bakal calon kepala desa dan penyaringan bakal calon tanggal 23 Juni 2022.

Usai diumumkan bakal calon yang lolos, diikuti undian nomor urut bakal calon pada 24 Juni 2022, lalu tanggal 27 Juni 2022 dilakukan pembagian logistik.  Selanjutnya tanggal  29 Juni 2022, mulai  disiapkan tempat pemungutan suara (TPS) dan pembagian undangan.

“ Pemungutan dan penghitungan suara pilkades serentak Kabupaten Paniai dan penetapan calon terpilih dilaksanakan tanggal 30 Juni 2022, kemudian 1 Juli 2022, panitia pilkades tingkat desa menyerahkan laporan hasil pemilihan ke tingkat distrik atau kecamatan. Rekapan hasil penetapan kepala desa terpilih tanggal 4 Juli 2022,” Tandas Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2022 Kabupaten Paniai,  Oktopianus Tekege.

“ Kami sudah menerima jadwal tahapan Pilkades serentak tahun 2022. Kami akan sebarkan jadwal tahapan ini atau tempel di balai desa agar diketahui warga, “ Ujarnya.

Ketua Panitia Pemilihan Desa Aikai, Distrik Paniai Timur Saul Yeimo, mengaku pihaknya akan bekerja maksimal dan penuh tanggungjawab menyukseskan Pilkades serentak Paniai tahun 2022.

Kata dia, berkas seluruh bakal calon kepala desa (bacalon) dari Distrik Pugo Dagi, Kabupaten Paniai dinyatakan lengkap dan diserahkan langsung kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Paniai Tahun 2022 di Enarotali, kota Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Jumat (24/6).

Kepala Distrik Pugo Dagi Oktopianus Bunai kepada tualnews.com di Enarotali, mengaku dari delapan desa di Pugodagi, berkas semua bakal calon dinyatakan lengkap sesuai hasil perjaringan panitia setiap desa.

“ Jumat (24/6) hari ini kami menyerahkan berkas para bakal calon kepala desa dari Distrik Pugodagi kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak Paniai Tahun 2022. Penyerahan berkas para bakal calon ini sesuai instruksi panitia dan tahapan Pilkades serentak, “ Jelasnya.

Menurut Bunai, Pemerintah Distrik Pugo Dagi bersama warga masyarakat, panitia tingkat distrik dan desa serta semua pemangku kepentingan Pugodagi sudah berkomitmen untuk bahu-membahu dan bekerja sama menyukseskan pesta demokrasi di desa.

“ Saya sudah instruksikan aparat distrik dan panitia penyelenggara tingkat distrik hingga desa agar bekerja sama dengan masyarakat mengawal dan mendukung proses tahapan pemilihan kepala desa serentak 2022 agar berjalan lancar dan sukses. Semua elemen di Pugo Dagi juga sudah berkomitmen menyukseskan hajatan demokrasi serentak di Paniai,  pesta demokrasi di desa. Dengan demikian, masing-masing kampung segera memiliki pucuk pimpinan desa guna melanjutkan tugas dan pengabdian untuk masyarakat dan desa serta Paniai secara keseluruhan.

“ Saya sudah instruksikan aparat distrik dan panitia penyelenggara tingkat distrik hingga desa agar bekerja sama dengan masyarakat mengawal dan mendukung proses tahapan pemilihan kepala desa serentak 2022 agar berjalan lancar dan sukses. Semua elemen di Pugo Dagi juga sudah berkomitmen menyukseskan hajatan demokrasi serentak di Paniai guna menyukseskan program pembangunan yang dicanangkan Bupati Paniai Meki Nawipa,” Tegas Bunai.

Bunai tiba di Sekretariat Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak Paniai Tahun 2022 didampingi Panitia Pilkades Serentak Tingkat Distrik Pugo Dagi untuk menyerahkan berkas para bakal calon kepada desa dari Desa Boba, Iyaidagi, Iyaitadi, Kopaidagi, Pugo, Tipago, Uwibutu, Waidede, dan Walepo.

” Bekas para bakal calon (bacalon) ini akan diverifikasi bersama bacalon lainnya dari 24 distrik yang akan mengikuti pilkades serentak Paniai tahun 2022, ” Ujarnya.

Ketua Panitia Pemilihan Desa Iyaidagi,  Abraham Yeimo, mengaku bersama warga masyarakat desa sudah berkomitmen mengikuti seluruh tahapan dan proses pilkades serentak yang ditetapkan Panitia Pilkades Paniai tahun 2022.

“ Kami bersama panitia akan menunaikan tugas sebagai penyelenggara pilkades Iyaidagi untuk menyukseskan pilkades Serentak Paniai 2022 dengan penuh tanggungjawab. Siapapun calon yang terpilih, itu adalah kepala desa dan pemimpin pilihan masyarakat,” kata Abraham.

Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D.Fakhiri, S.I.K ketika dikonfimasi Media Tual News, via whaatsap, rabu ( 06/7/2022 ) terkait insiden di Kantor Bupati Paniai Papua, mengakibatkan satu warga meninggal dunia belum membalas pesan konfirmasi media ini.

( Pewarta : Jeri P.Degei – Paniai )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca Batalkan balasan

Exit mobile version