Sekda Kota Tual Turun Buka Palang Jalan

20220806 181328 scaled

Tual News – Sekretaris Daerah Kota Tual, A. Yani Renuat, sabtu sore ( 6/8/2022) pukul 18.00 WIT akhirnya turun tangan membuka palang jalan utama Kota Tual tepatnya di eks Kantor PLN yang sudah berlangsung satu bulan lamanya sejak 30 Juni 2022

Sekda Kota Tual mewakili Pemkot Tual, setelah melalui proses mediasi Forkopimda Kota Tual.

Dalam pembukaan palang jalan itu, dilakukan prosesi adat Kei oleh Raja Tual, Djafar Tamher beserta perangkat adat setempat.

Pembukaan palang jalan diawali dengan prosesi adat Kei oleh keluarga Salahudin Kabalmay dengan menanam mas adat kei tepat ditanda larangan adat Kei atau sasi yang terpasang dipinggir jalan.

Selanjutnya Kabalmay mengambil kain sarung membungkus sasi atau hawear yang dicabut sebagai tanda pemalangan jalan dibuka.

Pemalangan jalan dengan batu dan kayu akhirnya dibuka untuk umum, mengingat Kota Tual sebagai tuan rumah Pesparani Provinsi Maluku, namun bagi keluarga korban Kabalmay tetap menuntut Kapolres Tual dan jajaranya untuk memproses hukum oknum anggota BNNK Tual yang melakukan penembakan terhadap korban Ongen Kabalmay.

Dalam pembukaan palang jalan ini tidak ada unsur TNI – Polri yang diundang hadir, hanya Sekda Kota Tual bersama Raja Tual, didampingi beberapah pimpinan OPD Pemkot Tual

( Pewarta : Neri Rahabav )