SCG Dukung Ratusan Pelajar Cileungsi Aksi Tanam Pohon Massal Sembuhkan Bumi

Img 20221019 wa0041

Tual News – Bogor, – Pemanasan global yang terjadi beberapa tahun terakhir mengancam timbulnya berbagai persoalan lingkungan. Berdasarkan pengamatan BMKG, tahun 2020 menjadi tahun terpanas kedua dengan kenaikan suhu rata-rata permukaan mencapai 0,7°C dari rata-rata periode referensi tahun 1981-2010.

Persoalan tersebut lantas memotivasi M. Taqiyudin Ibadurrahman (Taqi), siswa kelas XI SMAN 1 Cileungsi, sekaligus penerima beasiswa pendidikan SCG Sharing the Dream 2022 untuk menciptakan perubahan dengan menggagas kegiatan bakti lingkungan bertajuk “Gerakan Sembuhkan Bumi” (Gembumi).

Co-founder teens go green indonesia, bambang sutrisno, menyampaikan materi tentang pentingnya pemulihan dan pelindungan bumi dari pemanasan global (global warming). Acara ini diikuti oleh 859 pelajar sman 1 cileungsi dan sekitarnya secara hybrid
Co-Founder Teens Go Green Indonesia, Bambang Sutrisno, Menyampaikan Materi Tentang Pentingnya Pemulihan Dan Pelindungan Bumi Dari Pemanasan Global (Global Warming). Acara Ini Diikuti Oleh 859 Pelajar Sman 1 Cileungsi Dan Sekitarnya Secara Hybrid

Berdasarkan Rilis Pers yang diterima tualnews.com, aksi penghijauan massal ini sejalan dengan advokasi ESG 4 Plus SCG untuk mencapai Net-Zero Emission di tahun 2050.

Taqi percaya dengan membangun kesadaran, perlu adanya pemahaman dan pengalaman yang seimbang.

” Untuk itu, proyek ini terdiri dari Geducationz, sesi edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan, dan dilanjutkan dengan GActionz, aksi penghijauan melalui aktivitas penanaman massal oleh 346 siswa SMAN 1 Cileungsi dan 10 karyawan PT SCG Indonesia dan PT Keramika Indonesia Assosiasi Tbk (KIA Ceramics) yang merupakan salah satu perusahaan SCG di lini Cement-Building Materials, Rabu (19/10/2020), ” Ungkapnya.

M. Taqiyudin ibadurrahman, siswa kelas xi sman 1 cileungsi sekaligus penerima beasiswa pendidikan scg sharing the dream 2022 menggagas kegiatan bakti lingkungan bertajuk “gerakan sembuhkan bumi” (gembumi) untuk berpartisipasi mengatasi pemanasan global.
M. Taqiyudin Ibadurrahman, Siswa Kelas Xi Sman 1 Cileungsi Sekaligus Penerima Beasiswa Pendidikan Scg Sharing The Dream 2022 Menggagas Kegiatan Bakti Lingkungan Bertajuk “Gerakan Sembuhkan Bumi” (Gembumi) Untuk Berpartisipasi Mengatasi Pemanasan Global.

Kata dia, mereka menanam tanaman hias jenis Taberna montana, Brekele, Loro pitalum, Epipremnum aureum (sirih gading), Sambang dara, Grasena, dan Lokan ayu yang masing-masingnya akan tumbuh dalam kurun waktu 3-10 bulan.

” Kami berharap, aksi ini bisa menginspirasi anak muda lainnya untuk menjaga bumi dari ancaman krisis lingkungan. Sebagai penggagas program ini, saya merasa dukungan dari SCG sangat membantu kami dalam merealisasikan ide ini dengan baik,” jelas Taqi.

Sementara itu Presiden Direktur PT SCG Indonesia, Chakkapong Yingwattanathaworn, menyebut, “Taqi ” adalah satu dari ratusan anak muda berprestasi yang tumbuh dalam program berbasis ESG 4 Plus (Environmental, Social, dan Governance) yang dijalankan SCG sebagai perusahaan terkemuka di ASEAN.

“Community project ini juga sejalan dengan semangat Kurikulum Merdeka dari Kemendikbudristek untuk mendukung generasi muda belajar dari isu-isu aktual yang ada di masyarakat dan menjadi problem solver bagi sekitarnya,” Tandas Chakkapong.

Sebanyak 346 pelajar melakukan penanaman bibit tanaman hias jenis brekele, loro pitalum, epipremnum aureum (sirih gading), sambang dara, grasena, dan lokan ayu, di halaman sman 1 cileungsi, (19/10). Penanaman ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk turut menyelamatkan bumi dari ancaman pemanasan global.
Sebanyak 346 Pelajar Melakukan Penanaman Bibit Tanaman Hias Jenis Brekele, Loro Pitalum, Epipremnum Aureum (Sirih Gading), Sambang Dara, Grasena, Dan Lokan Ayu, Di Halaman Sman 1 Cileungsi, (19/10). Penanaman Ini Diharapkan Dapat Menginspirasi Generasi Muda Lainnya Untuk Turut Menyelamatkan Bumi Dari Ancaman Pemanasan Global.

Dikatakan, Taqi merupakan siswa berprestasi di bidang akademik dan non akademik. Ia pernah meraih Juara 1 Story Telling Tingkat Nasional pada kompetisi Amazing Ramadhan 2021 di Universitas Islam Bandung, dan aktif sebagai Ketua Umum Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMAN 1 Cileungsi.

Selain mengajak 346 siswa untuk berpartisipasi dalam aksi penanaman massal, Taqi juga sukses mengundang antusiasme 859 pelajar di sekitar Cileungsi untuk menjadi peserta sesi edukasi secara hybrid.

Turut hadir Co-Founder Teens Go Green Indonesia, Bambang Sutrisno sebagai pemateri.

“ Menanam pohon atau tanaman hias dapat menjadi salah satu cara menjaga lingkungan yang mudah dilakukan siapa saja karena tanaman mampu menyerap karbondioksida dari penggunaan bahan bakar fosil,” Terang Bambang.

Direktur PT. Keramika Indonesia Assosiasi, Gunarso, mengatakan, KIA Ceramics sangat optimis terhadap kekuatan anak muda dalam melakukan perubahan bagi lingkungan.

“Sebagai wujud kolaborasi, hari ini SCG dan KIA Ceramics ikut berpartisipasi dalam penanaman bersama Adik-adik. Semoga langkah baik ini dapat menginspirasi ribuan anak muda di luar sana,” Pintah Gunarso.

Dia berharap ke depan, para siswa memiliki tanggung jawab untuk merawat tanaman tersebut yang akan dipantau oleh dewan guru dan SCG.

” Tanaman hias ini juga nantinya akan didistribusikan ke lingkungan sekitar, sehingga manfaatnya dapat dirasakan seluas-luasnya oleh masyarakat setempat, ” Ujarnya.

Tentang SCG

SCG, merupakan salah satu pemimpin bisnis terkemuka di kawasan ASEAN, terdiri dari tiga bisnis utama, yakni: SCG Cement – Building Materials, SCG Chemicals, dan SCG Packaging.

Melalui lebih dari 200 perusahaan dan sekitar 57.000 karyawan, SCG menciptakan dan mendistribusikan produk dan layanan inovatif yang menjawab kebutuhan konsumen saat ini dan masa depan.

SCG memulai operasi bisnis di Indonesia sejak 1992 dengan bisnis perdagangan dan secara bertahap mengembangkan investasinya dalam bisnis yang berbeda pada industri cement-building materials, chemicals, dan packaging.

Hingga hari ini, memiliki total 36 perusahaan di seluruh Indonesia dan memiliki lebih dari 9.000 karyawan, SCG menawarkan variasi produk dan layanan premium.

Produk yang ditawarkan adalah produk infrastruktur di bawah merek ‘SCG’ termasuk SCG Cement, beton siap pakai Jayamix SCG, beton ringan SCG Smartblock, SCG pipe dan precast, dinding keramik, lantai, dan keramik atap di bawah merek ‘KIA’, PVC resin, corrugated containers, dan kemasan offset printing.

SCG juga menawarkan produk semen fiber dan produk kimia upstream-downstream dari bisnis joint-venture dengan mitra industri Indonesia.

Selain itu, SCG juga memiliki bisnis distribusi bahan bangunan dan layanan terminal dermaga yang mendukung penjualan dan logistik untuk bisnis termasuk platform belanja online mitraruma.com untuk mendukung kemajuan Indonesia.

( Redaksi Media Tual News)