Banjir Batu Hantam Tiga Belas Rumah Rusak Suku 30 Banda Uijaya Malra

Img 20221204 wa0048

Tual News – Banjir lahar batu dari kali lereng gunung dilaporkan menghantam tiga belas rumah di Desa / Ohoi Banda Suku 30 – Banda Uijaya, Kecamatan Kei Besar Utara Timur, Kabupaten Maluku Tenggara, kamis ( 01 /12/2022 ) pukul 05.30 WIT.

Salah satu warga Desa Banda Desa Suku 30, Norman Tewarwut, ketika dikonfirmasi tualnews.com, minggu ( 04/12/2022) membenarkan musibah banjir yang menimpa kampungnya itu.

Ini kondisi rumah warga di ohoi banda suku 30, kecamatan kei besar utara timur yang dihantam banjir batu kamis 01 desember 2022
Ini Kondisi Rumah Warga Di Ohoi Banda Suku 30, Kecamatan Kei Besar Utara Timur Yang Dihantam Banjir Batu Kamis 01 Desember 2022

” Benar, kejadian banjir itu hari kamis pagi, tepat pukul 05.30 WIT. Akibat banjir lahar batu ini, 13 rumah warga serta harta benda rusak dan hilang,  ” Lapor Temarwut.

Kata dia, banjir lahar batu ini berasal dari lahar kali gunung, menghantam rumah warga hingga rusak, termasuk harta benda hilang dibawah arus banjir pada kedalaman satu meter.

Kondisi rumah warga yang terkena hantaman banjir batu, kamis 1 desember 2022
Kondisi Rumah Warga Yang Terkena Hantaman Banjir Batu, Kamis 1 Desember 2022

” Hujan deras sejak rabu sore ( 30/11/2022) hingga kamis pagi menyebabkan banjir lahar batu itu merusak rumah warga, ” Bebernya.

Saat kejadian itu, kata Temarwut, warga Ohoi Banda Uijaya harus mengikat tali untuk mengungsi dan menyelamatkan anak anak dan barang milik warga.

Kondisi talud di ohoi banda suku 30 terkena hantaman banjir batu
Kondisi Talud Di Ohoi Banda Suku 30 Terkena Hantaman Banjir Batu

” Akibat hantaman banjir lahar batu, jalan dan rumah warga dipenuhi batu, sehingga setelah hujan reda, warga bergotong royong membersihkan jalan dan rumah penuh batu, ” Ujarnya.

Dikatakan hingga memasuki hari keempat pasca kejadian banjir itu, belum ada petugas TNI Polri yang turun dilokasi, baru pemerintah desa setempat turun membantu warga.

” Warga yang rumahnya rusak dihantam banjir saat ini mengungsi dirumah milik keluarga yang kosong, ” Kata Temarwut.

Warga ohoi banda suku 30, norman tewarwut dalam keterangan pers kepada tualnews. Com, minggu malam
Warga Ohoi Banda Suku 30, Norman Tewarwut Dalam Keterangan Pers Kepada Tualnews.com, Minggu Malam

Diakui saat ini warga di Ohoi Banda Suku 30 – Banda Uijaya sangat memerlukan bantuan dan uluran tangan dari pemerintah berupa pakaian, makanan,  obat – obatan, dan rehabilitasi 13 belas rumah warga yang rusak.

” Kami berharap Pemkab Malra dan DPRD harus ambil langkah cepat, sebab kondisi saat ini sangat memprihatinkan, ” Harapnya.

Dia khawatir kalau tidak segera diambil langkah cepat, maka hujan lebat yang akan terjadi terulang kembali, maka hantaman banjir akan lebih parah, sebab talud di hulu kampung tersebut sudah rusak dan  tidak memungkinkan.

” Kami minta Bapak Bupati Malra bantu rehabilitasi 13 warga rumah warga yang rusak, didalamnya ada lima puluh jiwa penduduk, termasuk bantuan makanan, pakaian dan obat- obatan, ” Pintah warga Ohoi Banda Suku 30, Kecamatan Kei Besar Utara Timur ini.

( Pewarta ; Oce Leisubun)