BPKP Maluku Kolaborasi Pemkot Tual Dorong Digitalisasi Pengelolaan Keuangan Desa

Fb img 1672711084966

Ambon Tual News – Perwakilan BPKP Provinsi Maluku berkolaborasi bersama Pemerintah Kota Tual menggelar acara Workshop Pelatihan Siskeudes Online dan Manajemen Aset Desa kepada sejumlah APIP dan aparat Desa Pemkot Tual di Kota Ambon, selasa (27/12/2022).

Informasi yang dihimpun tualnews.com dari website BPKP Provinsi Maluku mengungkapkan dalam kegiatan itu Sekretaris Dinas Pemdes Kota Tual, Abdullah Renwarin, S.Sos dalam amanatnya meminta aparat desa Kota Tual yang mengikuti kegiatan ini di Kota Ambon harus fokus.

Fb img 1672711089129

” Hal ini senada dengan harapan Bapak Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag yang intinya minta peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan Siskeudes Online, wajib pulang ke Kota Tual membagikan ilmu yang diperoleh dengan APIP lainnya, ” Pintahnya.

Renwarin juga berharap melalui kegiatan ini dapat mendorong digitalisasi tata kelola keuangan desa lebih efisien, efektif, transparan dan akuntabel.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Yunaedi dalam arahan singkat memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tual atas kolaborasi bersama BPKP Maluku jelang akhir tahun 2022.

Fb img 1672711093539

” Sesuai Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang ditindaklanjuti dengan Perpres 132 Tahun 2022 tentang Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, maka pemerintahan saat ini sedang dalam era digitalisasi yang terintegrasi, ” Jelasnya.

Dikatakan, Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online, merupakan aplikasi yang memudahkan aparat desa dalam mengelola keuangan desa dan pelaporan.

” Dengan sistem yang sudah up to date , terdigitalisasi dan terintegrasi, memudahkan aparat desa dalam urusan tata kelola keuangan desa secara tepat, akurat, real time dan akuntabel, ” Terang Perwakilan Kepala BPKP Provinsi Maluku.

Selain itu, kata Yunaedi dengan menggunakan Siskeudes Online dapat meminimalkan risiko kesalahan, menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi biaya, sehingga memudahkan Dinas Pemdes dan Inspektorat dalam mengatur pengelolaan keuangan desa melalui Continuous Auditing and Continuous Monitoring (CACM).

“ Semoga dengan workshop ini dapat membangun tata kelola desa di Kota Tual yang lebih baik lagi. Sekali lagi, semoga lancar dan sukses, bapak/ibu sekalian, jangan lupa luangkan waktu untuk jalan-jalan dan belanja oleh-oleh di Kota Ambon,” Pintah Yunaedi dalam sambutannya.

Untuk diketahui sebanyak 50 orang peserta dari APIP Pemerintah Kota Tual mengikuti acara Workshop bertajuk “Pelatihan Siskeudes Online dan Manajemen Aset Desa pada Pemerintah Kota Tual” di ruang aula Perwakilan BPKP Provinsi Maluku selama dua hari dari tanggal 27 – 28 Desember 2022.

( MTN / Kominfo BPKP Maluku/RBL/AKB)