Kategori
Parawisata dan Budaya

290 Siswa SMK Siwa Lima Langgur Laksanakan MPLS di Ohoi Revav

Langgur News – 290 Siswa/i SMK Siwa Lima, St. Yosep  Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, Propinsi Maluku yang merupakan siswa baru tahun ajaran 2019/2020, kamis ( 11/7 ) akan melaksanakan  kegiatan MPLS di Ohoi Revav, Kecamatan Kei Kecil Timur selama tiga hari.

Ketua Panitia MPLS SMK Siwa Lima Langgur,
V.B.J. Ohoiwutun

Ketua Panitia penerimaan siswa baru SMK Siwa Lima St. Yosep, V.B.J. Ohoiwutun, ST kepada tualnews.com, sabtu kemarin. Ohoiwutun menjelaskan masa pengenalan lingkungan sekolah ( MPLS ) yang sebelumnya dikenal dengan sebutan MOS ( masa orientasi siswa ) , dilaksanakan di Ohoi Revav mulai kamis ( 11 – 13 Juli 2019 ).

“ 290 siswa yang ikut kegiatan MPLS bersama para Guru menginap dan bermalam di rumah millik warga Ohoi Revav “ ungkapnya.

Menurut Ohoiwutun, tujuan MPLS yang dilaksanakan di Ohoi Revav, agar siswa/i langsung mengenal lingkungan dan dapat beradaptasi dengan masyarakat.

 “ selain itu dapat mengenal lingkungan keluarga, dan masyarakat Ohoi setempat serta bagaimana kehidupan ekonomi, sosial, budaya dan tradisi adat masyarakat yang terbangun secara turun temurun “  Jelas Ohoiwutun.

Ketua Panitia MPLS juga menjelaskan penerimaan siswa/i baru di SMK St. Yosep Siwa Lima Langgur tahun ajaran 2019/2020, tercatat siswa SMP/MTS di Malra dan Kota Tual yang mendaftarkan diri sebanyak 350 siswa, namun melalui tahapan seleksi yakni tiga kali ujian seleksi maka yang dinyatakan lulus seleksi untuk diterima di SMK Siwa Lima Langgur sebanyak 290 siswa/i.

“ Kami lakukan ujian tes masuk SMK Siwa Lima sebanyak tiga kali yakni tes pertama berupa perhitungan dan membaca, jadi saat siswa daftar langsung panitia menyerahkan formulir yang langsung diisi calon siswa baru, hal ini dilakukan agar panitia dapat mengukur sejaumana kemampuan siswa  “ ungkapnya.

Kepala Ohoi Revav, Linus Rahayaan

Ohoiwutun, menerangkan pada seleksi tahap awal yang dilakukan panitia penerimaan siswa baru SMK St. Yosep Siwa Lima Langgur, ditemui banyak  siswa/i tidak memenuhi persyaratan awal tes masuk SMK, sehingga dinyatakan tidak lolos seleksi.

“ Sementara untuk seleski tahap kedua dan ketiga yaitu, tes kemampuan dan minat sesuai tujuh program keahlian atau jurusan yang ada di SMK Siwa Lima, itupun ada siswa yang tidak lulus tes. Sehingga dari tiga tahapan seleksi itu panitia menetapkan 290 siswa/i diterima di SMK Siwa Lima Langgur “ terang Ketua Panitia.

Kata dia, kegiatan MPLS secara resmi dilaksanakan tanggal 10 Juli 2019, dibuka secara resmi oleh Kepsek SMK St. Yosep Siwa Lima Langgur, Johanis S. Renjaan, S.Kom, S.Pd. Materi tentang kurikulum sekolah dan pengenalan lingkungan disampaikan langsung Kepala Sekolah, sedangkan kegiatan MPLS di Ohoi Revav dilaksanakan mulai kamis ( 11 – 13 ).

Ketua BUMO Revav, Maku Leisubun

Sementara Kepala Ohoi Revav, Kecamatan Kei Kecil Timur, Linus Rahayaan ketika dihubungi mengaku Pemerintah Ohoi Revav bersama masyarakat siap menerima kedatangan keluarga besar SMK St. Yosep Siwa Lima Langgur di Ohoi Revav.

 “ Kami memberikan apresiasi positif dan siap menyambut kedatangan para peserta MPLS, masyarakat Revav mengucapkan terimakasi dan selamat datang kepada keluarga besar SMK Siwa Lima karena telah memilih Ohoi Revav sebagai lokasi kegiatan MPLS selama tiga hari, tahun ajaran 2019/2020 “ Tandas Rahayaan.

Kepo Revav, menegaskan masyarakat Ohoi Revav siap 100 persen untuk menjemput dan  menerima kedatangan rombongan SMK Siwa Lima Langgur di Ohoi Revav, 11 Juli 2019, termasuk kesiapan masyarakat menyediakan tempat tinggal dan makan – minum untuk para peserta selama tiga hari.

Ketua Badan Usahan Milik Ohoi ( BUMO ) Revav, Maku Leisubun kepada tualnews.com mengaku pihaknya juga siap melayani kebutuhan para peserta MPLS selama tiga hari, karena Usaha BUMO berupa Kios Sembako dll  akan dimaksimalkan dengan persediaan berbagai kebutuhan pokok untuk melayani keluarga besar SMK Siwa Lima Langgur.

 “ BUMO Revav siap melayani berbagai kebutuhan para peserta selama kegiatan MPLS tiga hari di Ohoi Revav “ Ujar Leisubun.

Ketua BUMO Revav juga memberikan apresiasi kepada SMK Siwa Lima Langgur yang memilih Ohoi Revav sebagai tempat pelaksanaan kegiatan MPLS. Sesuai agenda kegiatan, akan hadir utusan Dinas Pendidikan Propinsi Maluku dan Lembaga Sinergi Konsultan dari Jakarta pada kegiatan MPLS SMK Siwa Lima Langgur di Ohoi Revav, sekaligus sebagai pembawa materi. ( team tualnews.com )

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya