Sambut HUT TNI, Ratusan Warga Tual Dapat Pengobatan Gratis

Img 20190918 wa0021

Tual News – Dalam rangka menyongsong HUT TNI ke 74 tanggal 05 Oktober 2019 mendatang, Kodim 1503 Tual menggelar kegiatan Bakti Sosial Kesehatan, Rabu ( 18/9 ) di Halaman Kantor Camat Dullah Utara, Kota Tual.

Img 20190918 wa0026

Ratusan warga Tual memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapat pengobatan gratis dari gabungan Tim Dokter Kesehatan TNI AD, TNI – AL dan TNI – AU di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Propinsi Maluku.

Turut hadir dalam pengobatan gratis Kodim 1503 Tual, Pa Sahli Kodam XVI Pattimura Kolonel Inf Ate Ajat Waluyo, Dandim 1503 Tual, LetKol Arh Yoyo Karyo, S.I.P M.tr ( Han ), Kapolres Malra, AKBP Indra Fadila Siregar, SH. SIK, Pasops Lanal Tual, Mayor Laut (P) Wahyudi, Kadisops Lanud Dumatubun, Mayor Tek Sigit Pratikno.

Img 20190918 wa0012
Tim Dokter Tni Melayani Warga Kota Tual Yang Berobat Gratis Rabu ( 18/9 )

Sementara dari Pemkot Tual dihadiri, Asisten II Pemkot Tual, Jamaludin Rahareng, S.Sos, Kadis Kesehatan Kota Tual, dr. Betty Pabung, Kepala Kementrian Agama Kota Tual, Hanafi Kasim dan para Pimpinan OPD lainya serta pimpinan instansi Vertikal.

Sebanyak 830 warga masyarakat di Kota Tual mengikuti pengobatan gratis Kodim 1503 Tual, rincianya, pengobatan umum 539 orang, pengobatan Gigi 63 orang, Kitanan massal 147 orang dan KB 81 orang.

Warga masyarakat mendapat pelayanan kesehatan gratis dari Tim Dokter Kesehatan Kodam XIV Pattimura, dr. Ni Made Nyoman Mas Utari Rena bersama tiga Tim Dokter Kodim 1503 Tual, dr. Aco Karso ( Lettu Laut ) K dan Kopda Apk Sigit dari Lanal Tual, dan dr. Rifwan Huzair ( Letda ) bersama Serda Daniel Alexander Harmi dari Lanud Dumatubun Langgur.

Img 20190918 wa0013
Pelayaan Kesehatan Masyarakat Kota Tual Pada Kegiatan Baksos Kesehatan Kodim 1503 Tual, Rabu ( 18/9 )

Sedangkan Tim Dokter dari Polres Malra masing – masing, dr. Muhamad Rifai Kabalmay dkk bersama empat anggotanya.

Dinas Kesehatan Kota Tual menurunkan dua dokter yakni dr. Ira Srihartini dan dr. Erlin Rumpakpakra bersama tiga belas petugas kesehatan.

Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag dalam sambutanya yang dibacakan Asisten II Bidang Sosial, dan Ekonomi, Jamaludin Rahareng mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Bakti Sosial Kesehatan yang diselenggarakan Kodim 1503 Tual.

Img 20190918 wa0020
Tim Dokter Tni Melakukan Pemeriksaan Dan Pengobatan Gigi Kepada Masyarakat Kota Tual Pada Kegiatan Baksos Kesehatan Kodim 1503 Tual, Rabu ( 18/9 )

“ Saya atas nama masyarakat Kota Tual mengucapkan terimakasi kepada Dandim 1503 Tual beserta jajaranya, yang menggelar kegiatan Baksos sebagai langkah strategis dalam membantu Pemkot Tual di bidang pelayanan kesehatan masyarakat “ Tandas Rahareng.

Menurut Walikota, kegiatan Bakti Sosial, adalah wujud dari rasa kemanusian sesama manusia dengan tujuan untuk mempererat kekerabatan dan menjalin silahturahmi baik secara secara vertikal maupun horisontal., yang mengedepankan nilai – nilai kemanusian dalam rasa cinta kasih, saling menolong, serta saling  peduli.

Img 20190918 wa0023

“ Dalam konteks ini adalah wujud kecintaan TNI kepada rakyat, intinya TNI adalah Rakyat dan Rakyat adalah TNI “   Tegas Walikota Tual.

Dikatakan julukan Kota Tual sebagai Kota Maren ( Kot Amaren ) sebagai bukti sinergitas TNI dan Rakyat khususnya di Kota Tual yang terus bersinergi, demi keutuhan dan kemajuan NKRI, saling membanggakan, menopang, bekerja sama, dan saling menghidupi yang dalam Bahasa  Kei, Gotong Royong.

“ Jadi esensinya, Kota Tual adalah rumah bersama dalam bingkai Falsafa hidup orang Kei Ain Ni Ain, masyarakat hidup baku sayang, dan saling menghormati “ ujarnya.

Walikota Tual berharap dengan momentum kegiatan Bakti Sosial akan mempererat hubungam tali persaudaraan sebagai orang bersaudara dalam bingkai persaudaraan sejati.

Sementara Pangdam XVI Pattimura dalam sambutanya yang dibacakan Pa Sahli, mengatakan inti kegiatan Bakti Sosial Kesehatan tersebut merupakan kegiatan program serbuan teritorial Kodam XVI Pattimura tahun 2019 yang dilaksanakan selama bulan September dan Oktober, sekaligus salah satu  rangkaian kegiatan memperingati HUT TNI ke 74 tanggal 05 Oktober 2019.

“ Derajat Kesehatan masyarakat saat ini masih memerlukan perhatian khsusus, karena kesehatan adalah kebutuhan dasar masyarakat, disamping kebutuhan pokok lainya “ Tandasnya.

https://youtu.be/Rnc5KeR-gKM

Pangdam mengakui, masih banyak masyarakat di Propinsi Maluku yang kurang mampu membiayai kesehatan, olehnya itu Bakti Sosial Kesehatan merupakan moment yang tepat sebagai wujud dan peran serta Kodam XVI Pattimura dalam membantu dan mengurangi beban rakyat dalam meningkatkan derajat kesehatan.

“ Kegiatan Bakti Sosial ini digelar pada dua tempat berbeda yakni di wilayah Kodim 1501 Ternate, Maluku Utara dan Kodim 1503 Tual, Propinsi Maluku “ ungkapnya.

Dijelaskan, pelayanan kesehatan masyarakat meliputi pengobatan umum, pengobatan Gigi, Konsultasi Rik Ginekologi ( USG ), pelayanan KB dan Khitanan masal serta donor darah dengan target pelayanan pasien sebanyak 500 orang.

Selain meningkatkan derajat kesehatan, kata Pengdam melalui kegiatan Baksos akan memperkokoh rasa kebersamaan, kekeluargaan serta kesetiakawanan sosial  sebagai sarana mempererat kemanunggalan TNI dan Rakyat di Maluku.

“ Saya mengajak kita semua untuk bersama – sama mempererat kesatuan dan persatuan serta semangat kebersamaan dan persaudaraan sebagai sesama anak bangsa, untuk berbuat lebih baik, sehingga kita hidup lebih sehat, nyaman dan sejahtera “ Pintah Pangdam XVI Pattimura.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bingkisan dari Pantia Baksos kepada peserta Khitanan di Kota Tual. Masyarakat di Kota Tual merasa senang dan terbantu dengan kegiatan Baksos Kesehatan Kodim 1503 Tual.

“ Kami harap ke depan, kegiatan seperti ini lebih ditingkatkan dengan tenaga dan Dokter ahli seta kelengkapan alat kesehatan “ Harap warga Tual.  ( team tualnews.com )