Kategori
Maluku Tenggara

Akibat Gempa, Bangunan Masjid Almukarah Banda Eli Rusak

Tual News – Akibat goncangan gempa bumi  yang begitu dasyat berpusat di Kabupaten Maluku Barat Daya ( MBD ), kekuatan gempa 7,3 SR, kedalaman 231 km selatan Banda, senin ( 24/6 ) jam 12.05 WIT,  yang dampaknya juga dirasakan masyarakat Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, Propinsi Maluku sesuai laporan masyarakat Banda Eli Suku 80, Kecamatan Kei Besar Utara Timur sebuah bangunan Masjid Almukrah mengalami kerusakkan cukup parah.

Badu Salamun, (45 ) yang juga perangkat Masjid setempat kepada tualnews.com, selasa (25/6 ) melaporkan akibat gempa bumi tersebut, Masjid Almukarah mengalami kerusakan. “ Adapun Bangunan Masjid yang mengalami kerusakan adalah, lima buah tiang utama, dinding masjid, Balkon bagian dalam dan satu buah kubah Masjid “ ungkap Salamun.

Lima Tiang utama bangunan Masjid Almukarah Banda Eli Suku 80, Kec. Kei Besar Utara Timur yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi senin ( 24/6 )

Dirinya minta Pemkab Malra dan instansi terkait agar segera turun untuk melihat secara langsung kondisi fisik  gedung Masjid tersebut.

Dikatakan, tidak ada korban jiwa akibat gempa tersebut, karena saat terjadi gempa bumi tidak ada umat yang melaksanakan ibadah didalam Masjid. “ tidak ada korban jiwa, hanya bangunan Masjid mengalami kerusakan “ ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala BMKG Kota Tual, Ricky R. Holle kepada tualnews.com diruang kerjanya membenarkan lima kali gempa yang terjadi pada lokasi yang berbeda. “ Benar, terjadi lima kali gempa, namun tiga kali gempa tidak terasa, nanti dua gempa susulan yang pertama dari Papua 6,5 SR dan kedua gempa yang berpusat di Kabupaten Maluku Barat Daya ( MBD ) yang sangat kuat getaranya dengan kekuatan 7,3 SR, kedalaman 231 km selatan Banda “ Ungkap Kepala BMKG.

Dinding Bangunan Masjid Almukarah Banda Eli Suku 80 yang rusak akibat gempa bumi, senin (24/6)

Holle merinci, kekuatan gempa tersebut dirasakan hingga Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara antara 3 – 4 MMI, sedangkan di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar merasakan kekuatan gempa antara 4 – 5 MMI. “ Walaupun kekuatan gempa sangat besar, namun tidak berpotensi tsunami karena pusat gempa berada dikedalaman 231 km selatan Banda “ ujarnya. Kepala BMKG Tual mengaku Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara hampir setiap hari sering terjadi gempa, namun berkekuatan kecil. “ Olehnya itu saya minta kepada masyarakat Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara agar tidak panik, tetap melakukan aktifitas seperti biasa, karena gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami. ( team tualnews.com )

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya