Kategori
Maluku Tenggara

Bupati Malra Buka Gala Siswa SMP Propinsi Maluku

Langgur Tual News – Lomba Gala Siswa Indonesia ( GIS ) tingkat  SMP Propinsi Maluku, secara resmi dibuka Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, Sabtu ( 3/8 ) di Stadion Maren Langgur. Kegiatan Lomba Sepak Bola antar siswa SMP di Maluku, dihadiri Kepala LPMP Propinsi Maluku. Pertandingan antara dua kakak – beradik, Kabupaten Malra versus Kota Tual akhirnya dimenangkan oleh GIS SMP Kabupaten Maluku Tenggara.

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, didampingi Ketua Panitia yang juga Kepala LPMP Maluku, H. Achli A. Jasim, S.P.H, dan Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE membuka secara resmi Gala Siswa ( GIS ) Tingkat SMP Propinsi Maluku di Stadion Maren Langgur, Sabtu ( 3/8 )

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun  dalam sambutanya, memberikan penghargaan yang tinggi kepada Lempaga Penjamin Mutu Pendidikan ( LPMP ) Maluku dan Kementrian Pendidikan Nasional  atas penyelenggaran kegiata Gala Siswa Indonesia tingkat SMP Maluku di Kabupaten Malra.

“ Saya yakin dan percaya akan terjalin silahturahmi, kebersamaan dan sportifitas para siwa untuk sama – sama berkembang menjadi pribadi yang lebih baik ke depan, menjunjung tinggi nilai – nilai sportifitas dan dan cinta pada tanah  air Indonesia “ Tandas Bupati Malra.

Pemain Terbaik asal Tim GIS SMP Malra, berpose bersama Bupati Malra, M.Thaher Hanubun

Menurut Bupati, pembinaan olahraga pada anak usaha muda, merupakan salah satu langkah yang paling efektif dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan carakter kaum muda. “ GIS yang dilaksanakan hendaknya dapat benar- benar optimal guna membina sportifitas, mental dan disiplin generasi muda ke depan “ Ujarnya.

Hanubun yang juga mantan Guru Olahraga ini meyakini anak –anak di Kepulauan Kei, propinsi Maluku memiliki potensi besar di bidang olahraga. “ Sejarah sudah mencatat, putera – puteri terbaik Nuhu Evav mampu bersinar diberbagai cabang olahraga unggul bukan hanya tingkat regional, tapi Nasional sampai Internasional “ Jelas  Bupati Malra.

Untuk itu, Bupati Hanubun berharap ke depan pembinaan secara berkala akan terus ditingkatkan bagi para pelatih, pemerhati, termasuk organisasi olahraga. “ Saya harap, dapat terus melakukan inovasi untuk menjaring dan mengembangkan minat dan bakat putera – putri kita dalam bidang olahraga “ Harapnya.

Tim GIS SMP Malra terpilih mewakili Maluku di Kompetisi GIS Nasional Oktober 2019 mendatang, memperoleh hadiah piala dan uang tunai 15 juta

Bupati Malra, berpesan  Kabupaten Malra dan Kota Tual adalah satu, walaupun berbeda pemerintahan. “ Pemerintahan boleh berbeda, tetapi kita tetap satu yakni Orang Kei, jadi pertandingan GSI antara Malra VS Kota Tual, siapapun yang menang tetap membawa nama Nuhu Evav untuk berangkat ke Italy – Juventus selama dua minggu “ pesan Hanubun.

Sementara Ketua Panitia lomba GIS jenjang SMP tingkat Propinsi Maluku, H. Achli A. Jasim, S.P.H mengatakan GIS adalah  kegiatan olahraga sepak bola tingkat SMP yang bekerja sama dengan KONI, dan PSSI, guna mewujudkan program Nawacita Presiden RI, Joko Widodo.

“ Salah satu tujuan kegiatan ini sesuai Nawacita Bapak Presiden RI , salah satunya revolusi mental, melalui kegiatan olahraga di sekolah atau dikenal Gala Siswa “ ungkapnya.

Ketua Panitia GIS Tingkat SMP Propinsi Maluku yang juga Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Maluku, H. Achli A. Jasim, S.P.H

Kata Ketua Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Maluku itu, GIS banyak diminati para siswa SMP, hal ini terlihat dari keberhasilan Gala siswa di tingkat Kecamatan, Kab/kota dengan jumlah partisipasi sebanyak 276 daerah, termasuk Kabupaten Malra dan Kota Tual. “ Keberhasilan ini kerja sama semua pihak, baik sekolah, penyelenggara kecamatan, Dinas Pendidikan kab/kota, Dinas Pendidikan Maluku dan LPMP  “ ujarnya.

Dikatakan, hasil yang diharapkan pada kegiatan lomba GIS adalah menumbuhkan karakter positif siswa antara lain disiplin, kerja keras, dan gotong royong. “ selain itu mendapatkan bibit unggul pesepak bola usia dini, membentuk generasi cinta akademik olahraga dan berbudi pekerti luhur “katanya.

Ketua Panitia, mengaku peserta yang mengikuti lomba GIS tingkat SMP sebanyak 36 orang, terdiri dari Pemain asal Kabupaten Malra 18, yakni 11 pemain inti, 7 pemain cadangan sedangkan dari Kota Tual, 18 orang. Lomba GIS dilakasanakan di Stadion Maren Langgur.

Perayaan Ulang Tahun Bupati Malra ke 61 Tahun di Stadion Maren Langgur. Bupati Malra, M. Thaher Hanubun memotong Kue Ultah lalu memberikan kepada Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SH, Sabtu ( 3/8 )

“ Pada pertandingan ini, pemain terbaik akan mewakili Propinsi Maluku pada kompetisi GIS tingkat Nasional pada bulan Oktober 2019 mendatang  “ Jelas Ketua LPMP Maluku.    

Pertandingan sepak bola antara Tim GIS SMP Malra VS Kota Tual yang berlangsung di Stadion Maren Langgur menjadi berkat tersendiri bagi Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, karena selain Tim Malra memenangkan pertandingan itu, Hanubun juga mendapat apresiasi dari para penonton bersama OPD yang hadir karena tepat hari Sabtu, 03 Agustus 2019, orang nomor satu di Kabupaten Malra itu merayakan hari ulang tahun yang ke 61 Tahun.

Lantunan irama lagu selamat ulang tahun, dinyanyikan dengan bertepuk tangan mengucapkan selamat Ultah kepada M. Thaher Hanubun, diriringi sejumlah Pegawai Bank BNI membawakan kue Ullta. Pada kesempatan itu Bupati Malra meniup lilin kue Ultah dan langsung membagikan kepada Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE dan Ketua LPMP Maluku, H. Achli A. Jasim, S.P.H. Selamat Ulang tahun kepada Bupati  Malra, M. Thaher Hanubun. ( team tualnews.com )

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya