Kategori
Hukum

Dirjen Bea Cukai Gelar Lokakarya Bantuan Hukum & Keberatan Banding di Malra

Langgur Tual News – Direktur Keberatan, Banding dan Peraturan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementrian Keuangan RI, Rahmat Subagio bersama Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Provinsi Maluku, Ny. Finan Manun saat ini berada di Kabupaten Maluku Tenggara dalam rangka pembukaan Lokakarya Bantuan Hukum dan keberatan Banding dalam rangka peningkatan kualitas penetapan Pejabat Bea dan Cukai yang di laksanakan di Villia Hotel Langgur, Selasa ( 27/8 ).

Wabup Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si bersama para Peserta Lokakarya Bantuan Hukum dan Keberatan Bea dan Cukai

Wakil Bupati Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si dalam sambutanya pada kegiatan tersebut, atas nama Pemkab Malra menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kesediaan Dirjen Bea Cukai menyelenggarakan kegiatan penting itu di Langgur, Kepulauan Kei, Kabupaten Malra, surga tersembunyi yang saat ini tidak lagi surga tersembunyi.

“ Kami berharap, semoga Kepulauan Kei dapat memberi kesan yang baik dan mampu memanjakan mata dan hati, Bapak/Ibu dengan kekayaan Alam dan pesona wisata yang kami miliki terlebih dengan keramahan kami “ Harap Beruatwarin.

Wabup Malra, mengaku Pemkab Malra merasa terhormat menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Lokakarya tersebut. “ Apresiasi ini juga kami sampaikan kepada teman – teman dan sahabat dari Dirjen Bea Cukai yang sangat luar biasa telah membangun sinergi dan kerja sama yang intens dengan Pemkab Malra dan Kota Tual “ Salutnya.

Sambutan Wabup Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si

Dikatakan, Generasi Muda di Kei sangat asing dengan Sekolah Tinggi Akutansi Negara ( STAN ), namun dari teman – teman Bea Cukai Tual, melalui program bimbingan belajar telah ada dua Mahasiswa STAN asal Kepulauan Kei di tahun 2018, dan di tahun 2019 tiga orang telah lulus ujian tertulis dan menunggu hasil ujian psikotes di Jakarta.” Kami berharap Bapak Direktur dapat membantu mereka, karena mereka adalah masa depan kami “ Harap Wabup Malra.

Beruatwarin mengucapkan terimakasi, kepada Pimpinan dan seluruh staf Bea Cukai Tual, karena tanpa mengenal waktu telah ikut serta membantu menyukseskan penyelenggaraan Wonderful Sail To Indonesia di Ohoi Debut sebagai pintu masuk Destinasi Wisata Malra.

“ Jujur boleh saya katakan, bahwa Sinergitas yang baik dari instansi Vertikal yang ada di daerah, patut mencontoi teman – teman Dirjen Bea Cukai Tual “ ujar Wabup Malra.

Ketua Panitia Lokakarya, yang juga Kepala Kantor Wilayah Dirjen Jendeeak Bea Cukai ( DJBC ) Provinsi Maluku, Ny. Finari Manan

Menurut Wabup, Pemkab Malra saat ini telah bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) guna mendampingi serta mendorong percepatan pembangunan sektor Parawisata melaui pembinaan atas lima Ohoi / Desa Wisata yang ada. “ Keterlibatan instansi Vertikal seperti ini yang sungguh kami harapkan sehingga mampu mendorong akselerasi pembangunan dan memberikan daya ungkit bagi ekonomi Mikro maupun Makro di daerah ini “ Tandasnya.

Beruatwarin juga memberikan Apresiasi kepada Bea Cukai Tual yang membantu memperkenalkan Pesoan Alam dan 63 spot  Destinasi Wisata Kepulauan Kei untuk diperkenalkan kepada masyarakat di dunia luar.

“ Pada kesempatan ini, saya atas nama Pemkab Malra bersama seluruh masyarakat mengundang Bapak/Ibu, peserta dan juga dapat disampaikan kepada Ibu Sri Mulyani agar kiranya berkenan hadir pada Event Festival Pesona Meti Kei yang diselenggarakan Oktober 2019 “ Pintah Wabup Malra.

Ketua Panitia Lokakarya, yang juga Kepala Kantor Wilayah Dirjen Jendeeak Bea Cukai ( DJBC ) Provinsi Maluku, Ny. Finari Manan kepada tualnews.com mengatakan kegiataan yang dilaksanakan terkait penanganan persoalan hukum Kepabeanan dan Cukai.

Wawancara bersama Ketua Panitia Lokakarya, yang juga Kepala Kantor Wilayah Dirjen Jendeeak Bea Cukai ( DJBC ) Provinsi Maluku, Ny. Finari Manan

“ Tujuan kegiatan ini yang terdiri dari para peserta dari Pejabat Bea Cukai Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat, agar mendapat pemahaman atau update informasi tentang penanganan masalah Kepabeanan dan Cukai “ Ungkapnya.

Dikatakan, selain itu yang sangat penting adalah soal pencegahan, terkait prosudur penanganan tindakan dan keberatan hukum banding. “ Sekarang keterbukaan informasi, sehingga baik Eksportir dan Importir sudah mengetahui semua aturan Perundang – Undangan yang berlaku, olehnya itu para Pejabat Bea Cukai harus dibekali melalui pelaksanaan kegiatan Lokakarya Bantuan Hukum dan keberatan Banding “ Jelas Manan.

Kata dia, Para peserta yang mengikuti kegiatan Lokakarya tersebut berasal dari Pejabat Eselon III, IV dan V  sebanyak 31 peserta, rincianya masing – masing, Sulbastim 3 orang, Sulbangsel 3 orang, Papua 2 orang, dan Kanwil Maluku 24 orang.

Tujuh Narasumber dari Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementrian Keuangan RI, sebagai Pemateri pada kegiatan itu, yakni Kasubdit Banding, T. Budy Karya, Kasubdit Keberatan, Chotibul, Kasi Upaya Hukim I, Selamet Riyadi, Kasi Evaluasi Keberatan, Dafit Kasianto dan Pemeriksa, Raja Akbar.

( team tualnews.com )  

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya