Disdukcapil Kota Tual Capai Target Nasional Perekaman E-KTP 95 %

Tual News – Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil ) Kota Tual selama tahun 2019 lalu sudah mencapai terget Nasional perekaman kartu tanda penduduk elektronik ( E-KTP ) di Kota Tual. Target Nasional E-KTP 85 %, Kota Tual melampaui target 95 %.

Demikian penjelasan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tual, Ongen B. Kabalmay kepada tualnews.com.

“ jadi untuk E- KTP, kami sudah mencapai angka 95 % dari program Nasional yakni 85 % “ Tandas Kabalmay.

Video Wawancara tualnews.com bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tual, Ongen B. Kabalmay

Kata Kadis, pencapain Disdukcapil Kota Tual melalui program jemput bola dengan turun langsung di setiap kecamatan dan Desa diwilayah Kota Tual melaksanakan perekaman E-KTP.

“ Target kami dengan program jemput bola, april 2020 semua penduduk Kota Tual sudah memiliki E-KTP, kartu keluarga dan dokumen kependudukan lainya “ Jelasnya.

Diakui, kendala yang dihadapi para petugas Disdukcapil Kota Tual melalui program jemput bola di masyarakat, ketika berhadapan dengan kesibukan masyarakat, terutama di wilayah pulau – pulau yang mayoritas penduduk adalah nelayan.

“ petugas kami kadang menunggu warga masyarakat yang pergi melaut sampai pulang malam hari  baru dilakukan perekaman E-KTP “ ujar Kabalmay.

Kadis Disdukcapil Kota Tual menjelaskan ditahun 2020, pihaknya fokus menuntaskan program KIA, karena perekaman E-KTP dan kartu keluarga sudah mencapai target. “ target kami ditahun 2020, KIA harus capai 75 %, karena ditahun 2019 lalu baru capai 35 % “ terangnya.

Kabalmay berharap, warga Kota Tual yang belum memiliki dokumen kependudukan baik E-KTP, Kartu Keluarga, KIA dll dipersilahkan datang di Kantor Disdukcapil Kota Tual setiap jam kerja, karena tidak dipungut biaya alias gratis. ( team tualnews )

Leave a Reply