Kategori
Seputar Maluku

Hasil Evaluasi BPKP : 26 % Kinerja PDAM di Indonesia Kurang Sehat

Langgur News – Ketua Pusat Badan Peningkatan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum ( BPPSPAM ) Kementrian PUPR, Bambang Sudiatmo, Dipl.SE mengatakan berdasarkan penilaian kinerja yang dilakukan BPPSPAM berdasarkan hasil evaluasi BPKP terhadap  374 PDAM di Indonesia pada tahun 2018 lalu, ditemukan 99 PDAM berkinerja kurang sehat atau berada di angka 26 %, sedangkan 52 PDAM atau 14 % berada di posisi kinerja sakit.

Wakil Bupati Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si ketika melakukan pengguntingan pita pengresmian Kantor PDAM Kabupaten Malra kamis (4/7 )

“ hanya 223 PDAM dengan kinerja sehat dengan angka 60 % “ ungkap Bambang ketika menyampaikan sambutan pada pengresmian Kantor baru PDAM dan Kantor Badan Pengawas PDAM di Kabupetan Malra, Propinsi Maluku, Kamis (4/7).

Menurut Ketua BPPSPAM, tantangan ke depan bagaimana PDAM sehat dan mempertahankan PDAM sehat tetap sehat. Sehingga PDAM sehat dapat berinvestasi dengan dana sendiri atau bekerja sama dengan badan usaha.

Ketua Pusat Badan Peningkatan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum ( BPPSPAM ) Kementrian PUPR, Bambang Sudiatmo, Dipl.SE

 “ BPPSPAM memiliki delapan masalah yang menjadi tantangan PDAM Malra ke depan diantaranya full cost recovery ( FCR ), efektifitas penagihan PDAM belum optimal, kualitas air PDAM yang belum memenuhi standar baku, mutu air minum, tingkat kehilangan air masih tinggi 43 %, idle capacity, operasi layanan masih rendah ( rata-rata 5 jam per hari ), akurasi meteran air pelanggan belum masih belum optimal, dan pelatihan & peningkatan kompetensi SDM yang belum maksimal “ jelasnya.

Kata Bambang, PDAM sebagai penyelenggaran SPAM harus berperan aktif dalam pencapaian target RPJMN 2015 – 2019 yakni pelayanan akses air aman minum 100 % menyongsong RPJMN 2020 – 2024 guna mewujudkan Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur melalui percepatan pembangunan diberbagai bidang. “ untuk itu PDAM harus sehat sehingga mampu melayani air minum dengan kualitas, kuantitas dan kontiunitas yang memenuhi syarat “ harap Ketua BPPSPAM.

Dirinya berjanji akan tetap memberikan bantuan manajemen kepada PDAM Kabupaten Malra dalam rangka peningkatan kinerja PDAM. Kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama penagihan rekening air antara Direktur PDAM Malra dengan Direktur Kimson Tour and Travel. ( team tualnews.com )   

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya