Kategori
Maluku Tenggara

Idul Adha Sebagai Moment Bangun Kebersamaan Antar Umat Beragama

Langgur Tual News – Ribuan Umat Islam di Kabupaten Maluku Tenggara, Propinsi Maluku, Minggu pagi ( 11/8 ) melaksanakan Sholat Idul Adha di halaman Radio Republik Indonesia Cabang Tual ( RRI ) Tual.

Sholat Idul Adha di Pelataran RRICabang Tual, Maluku Tenggara

Bertindak sebagai Imam, Abdurahman Rahayaan, S. Ag, sedangkan Khotib, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Malra, Drs. Arifin Difinubun, M. Sos.I

Dalam khotbahnya, Difinubun menjelaskan tentang Sejarah Hari Raya Idul Adha atau biasa dikenal dengan sebutan Hari Raya Kurban.  Bahkan Kepala Kementrian Agama ini menghubungkan sejarah tersebut dengan kehidupan umat Islam sehari – hari.

Khotib, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Malra, Drs. Arifin Difinubun, M. Sos.I

“ Umat Islam harus hidup saling tolong menolong, baik antar sesama maupun bersama semua umat beragama, karena harta kekayaan yang dimiliki seseorang di dunia ini hanya bersifat sementara, olehnya itu kita harus berbuat baik kepada sesama tanpa memandang latar belakang sosial seseorang “ Pesanya.

Sementara Bupati Malra, Hi. M. Thaher Hanubun yang juga turut serta melaksanakan  Sholat Idul Adha bersama warga masyarakat Maluku Tenggara, berharap moment hari raya kurban menjadi momentum Umat Islam untuk membangun kebersamaan dan kekeluargaan antar sesama, dan juga menjalin hubungan silahturahmi dengan umat golongan agama lain untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan kehidupan masyarakat yang harmonis, rukun dan damai.

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun soal kebersamaan di Hari Besar Keagamaan

“ Walaupun kita berbeda agama, tapi tetap jaga hubungan kekeluargaan dan kebersamaan antar sesama umat beragama “ pintah Orang nomor satu Malra tersebut.

Bupati Hanubun mencontohkan, langkah yang baru diambil sebagai Bupati Malra yaitu memberikan tugas dan tanggungjawab kkepada semua Pimpinan SKPD Pemkab Malra, baik yang beragama Islam, Protestan, dan Khatolik yang turut serta memberikan sumbangan hewan kurban untuk diberikan kepada sejumlah Desa / Ohoi daratan pulau Kei Kecil dan Kei Besar.

“ Kita harus mulai membangun kebersamaan bukan hanya untuk hari raya umat Islam, tapi di Hari Raya Natal kebersamaan ini tetap terjalin dan terpelihara, buktinya pada perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2019, Pemkab Malra menyumbangkan 18 ekor Sapi dan 9 ekor kambing hewan kurban kepada masyarakat Malra “ Jelas Bupati Malra.

Hanubun optimis, kebersamaan ini akan terus dijaga dan dipelihara selama dirinya memimpin Kabupatenn Malra. “ sebelum hari raya Idulfitri lalu, kami melaksanakan sejumlah kegiatan melibatkan semua golongan agama, pada perayaan Natal Kristus bulan Desember nanti kegiatan yang sama dilaksanakan untuk tetap terjalin persaudaraan dan kerukunan antar umat beragama “ Tandasnya.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha dilaksanakan di halaman RRI Tual, karena Masjid Agung Kabupaten Malra, Masjid Muhajirin dalam proses pembangunan. ( team tualnews.com )  

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya