Kategori
Maluku Tenggara

Kemenpora Akui Gala Desa Malra 2019 Level Nasional

Langgur Tual News – Gala Desa Kabupaten Maluku Tenggara, Tahun 2019 resmi dibuka Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, Sabtu ( 14/9 ) di Stadion Maren Langgur, Kabupaten Malra.

Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan Kedeputian Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Dra. Rahayu Puji Sunarwati, pada Pembukaan Gala Desa Kabupaten Malra 2019 di Stadion Maren Langgur, Sabtu ( 14/9 )

Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan Kedeputian Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Dra. Rahayu Puji Sunarwati dalam sambutanya pada pembukaan Olahraga Gala Desa, mengaku bangga dan memberikan apresiasi kepada Pemkab Maluku Tenggara atas penyelenggaraan Gala Desa di Nuhu Evav yang sudah setara dengan Gala Desa Tingkat Nasional.

“ Jujur pada hari ini saya sangat berbahagia, padahal  sebelumnya ada keraguan ketika akan datang kesini, karena perjalanan yang cukup jau, namun setelah sampai disini, diluar ekseptasi saya bahwa sangat meriah pembukaan Gala Desa di Kabupaten Maluku Tenggara, bahkan barangkali paling seru dan setara dengan babak Kick Off Gala Desa tingkat Nasional di Kuningan Jakarta “ Ungkap Sunarwati yang mendapat applos dari para peserta lomba bersama mayarakat yang hadir di Stadion Maren Langgur.

Pembukaan Lomba Gala Desa 2019 di Malra, Sabtu ( 14/9 )

Diakui, selama dua tahun perjalanan Gala Desa, Kemenpora ada di 136 Kabupaten, namun terakhir di tahun 2019 hanya terdapat di 25 Kabupaten / Kota di Seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Maluku Tenggara di Propinsi Maluku.

“ Saat itu Bapak Asisten Deputi sudah mewanti – wanti, agar dari 25 Kab/ Kota di Indonesia sebagai penyelenggara Gala Desa, Kabupaten Maluku Tenggara harus masuk didalamnya, dan pada hari ini sungguh sangat luar biasa dan tidak mengecewakan, terimakasi kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati beserta seluruh penyelenggara  “ Ujar Kabid Pembinaan Kedeputian Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI.

Pelepasan Balon Gas ke Udarah oleh Kabid Pembinaan Kedeputian Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, di Stadion Maren Langgur, Sabtu ( 14/9 ) sebagai tanda dimulainya Lomba Gala Desa Malra 2019

Kata Sunarwati, tujuan penyelenggaraan Gala Desa untuk membudayakan Olahraga kepada masyarakat di Kabupaten Malra agar hidup sehat.

“ Selain itu dengan Lomba Gala Desa dapat melahirkan Atlit – Atlit terbaik dari daerah ini yang akan berkanca di tingkat Nasional maupun Internasional “ Jelasnya.

Kabid Pembinaan Kedeputian Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI berharap para Atlit Gala Desa di Kabupaten Maluku Tenggara bisa dapat bersaing dan mewakili Indonesia pada Kejuaraan tingkat Internasional, karena dari Lomba Gala Desa di Indonesia, Kabupaten Kediri  dan Purworejo sudah berhasil melahirkan Atlit Gala Desa ke tingkat Internasional.

“ Kami berharap Kabupaten Maluku Tenggara ikut berkontribusi dalam melahirkan Atlit terbaik di  level Internasional seperti Kabupaten Kediri dan Purworejo yang sudah berhasil melahirkan dua Atlet yang akan bertanding mewakili Indonesia pada Asean Games medatang “ Harap Sunarwati.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Gala Desa 2019 Kabupaten Maluku Tenggara, Chen Rahayaan dalam laporanya mengatakan peserta Gala Desa tahun 2019 diikuti 49 Desa / Ohoi.

“ Jumlah Atlit yang mengikuti Lomba Gala Desa sebanyak 1.372 peserta, mereka mengikuti empat Cabang Olahraga ( Cabor ) masing – masing, Sepak Bola U-16 32 Tim, Bolla Volly Putera 45 Tim, Bolla Volly Puteri 12 Tim, Bulu Tangkis sebanyak 141 peserta dan Cabor Atletik 111 peserta “ Ungkap Rahayaan.

Pembukaan Gala Desa 2019 Malra, ditandai dengan pelepasan Balon Gas ke Udarah, oleh Kepala Bidang Pembinaan Kedeputian Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Dra. Rahayu Puji Sunarwati, didampingi Ketua DPRD Malra, S.T. Welerubun, SH, Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, Wakil Bupati Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si, Pimpinan Forkopimda dan Kadis Pemuda dan Olahraga.   ( team tualnews.com )

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya