Kategori
Maluku Tenggara

Kwalitas Produk Lokal UKM Malra Unggul, Tapi Masih Kurang di Kemasan & Promosi

Langgur Tual News – Kwalitas produk lokal Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Maluku Tenggara, Propinsi Maluku sudah sangat unggul dan bagus, namun masih kurang disentuh dengan memanfaatkan tekhnologi yang dimiliki untuk untuk bersaing dengan produk di daerah lain di Indonesia maupun Internasional.

Kemasan Produk Lokal UKM Malra, Abon Ikan Gurih OTT

Pendapat ini disampaikan, Narasumber Kementrian Koperasi dan UKM RI, Thomas Gozali, M.Si kepada tualnews.com.

“ kwalitas produk lokal UKM Malra sudah bagus, namun masih kurang di Pengepakan dan promosi untuk dapat bersaing dengan produk lain di Indonesia “ Tandas Gozali.

Menurut Thomas, Produk lokal Kabupaten Malra di sektor Perikanan seperti Abon Ikan dan Sektor Pertanian yakni Embal yang menjadi produk unggulan di Nuhu Evav, bisa dipromosikan sebagai produk yang Go Internasional, kalau Pemkab Malra medorong Pembangunan satu unit rumah Kemasan untuk UKM dan memanfaatkan tekhnologi yang sudah lengkap dimiliki Politekhnik Perikanan Negeri dan Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Malra.

“ Kwalitas produk lokal UKM sudah bagus, sekarang untuk mengemas produk tersebut agar dapat bersaing, maka harus dibangun rumah pengepakan untuk menampung semua kegiatan usaha UKM yang ada, termasuk memanfaatkan sarana dan prasarana tekhnologi yang  dimiliki Poltek Perikanan dan Badan Ketahanan Pangan untuk membuat kemasan produk yang lebih baik “ ujarnya.

Ini adalah produk unggulan makanan khas Orang Kei, Embal dan Kacang Botol

Gozali berharap, Pemkab Malra dapat bersinergi dengan Poltek Perikanan Negeri yang ada di Malra untuk membangun kerja sama dalam mengembangkan produk lokal UKM di Kabupaten Malra pada sektor perikanan, khusus pembuatan dan pengepakan Abon Ikan, karena semua fasilitas tekhnologi itu sudah ada.

“ Selain itu saya berharap, UKM Malra harus rajin promosi di dunia maya, memanfaatkan tekhnologi yang ada dan dapat ikut serta dalam kegiatan expo perdagangan Internasional yang diselenggarakan Kementrian Perdagangan RI pada bulan Oktober 2019 mendatang dengan mempromosikan produk lokal UKM Kabupaten Malra agar lebih dikenal luas “ harapnya. ( team tualnews.com )

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya