Kategori
Kota Tual

Lima Kali Gempa, Warga Tual Berhamburan Keluar Rumah

Tual News – Masyarakat Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, senin siang (24/ 6 ) jam 11.48 WIT berhamburan keluar rumah, akibat goncangan gempa yang begitu dasyat berpusat di Kabupaten Maluku Barat Daya ( MBD ), kekuatan gempa 7,7 SR, kedalama 231 km selatan Banda.

Pimpinan beserta anggota DPRD Kota Tual dan pegawai sekretariat berhamburan keluar halaman akibat gempa senin siang ( 24/6 )

Pantauan tualnews.com, akibat gempa yang tidak berpotensi tsunami tersebut, actifitas masyarakat baik di pasar Tual, pasar Langgur, Kantor Walikota Tual, Kantor Bupati Malra, Kantor DPRD bahkaan penumpang di bandara Karel Sadsuitubun Langgur berhamburan keluar jalan.

Hal yang sama juga terjadi di ruang rapat paripurna Gedung DPRD Kota Tual yang sementara melaksanakan rapat paripurna dalam rangka penyampaian pengantar rancangan pembangunan jangka menengah daerah ( RPJMD ) Kota Tual tahun 2018 – 2023, kurang lebih 20 menit terjadi Gempa, pimpinan beserta anggoat DPRD Kota Tual beserta staf sekretariat lari keluar jalan.

Kepala BMKG Kota Tual, Ricky R. Holle

Kepala BMKG Kota Tual, Ricky R. Holle kepada tualnews.com diruang kerjanya membenarkan lima kali gempa yang terjadi pada lokasi yang berbeda. “ Benar, terjadi lima kali gempa, namun tiga kali gempa tidak terasa, nanti dua gempa susulan yang pertama dari Papua 6,5 SR dan kedua gempa yang berpusat di Kabupaten Maluku Barat Daya ( MBD ) yang sangat kuat getaranya dengan kekuatan 7,7 SR, kedalaman 231 km selatan Banda “ Ungkap Kepala BMKG.

Holle merinci, kekuatan gempa tersebut dirasakan hingga Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara antara 3 – 4 MMI, sedangkan di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar merasakan kekuatan gempa antara 4 – 5 MMI. “ Walaupun kekuatan gempa sangat besar, namun tidak berpotensi tsunami karena pusat gempa berada dikedalaman 231 km selatan Banda “ ujarnya.

Kepala BMKG Tual mengaku Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara hampir setiap hari sering terjadi gempa, namun berkekuatan kecil. “ Olehnya itu saya minta kepada masyarakat Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara agar tidak panik, tetap melakukan aktifitas seperti biasa, karena gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami. ( Laporan : Oce Leisubun – tualnews.com )  

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya