Kategori
Parawisata dan Budaya

Lokasi Wisata Dian Wakat Park Malra Jadi Contoh Wisata Alam Kei

Langgur Tual News – Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun, Rabu ( 24/7 ) meresmikan lokasi wisata Dian Wakat Park, sebagai salah satu obyek wisata alam yang dikelilingi hutan bakau di Kepulauan Kei, Propinsi Maluku.

Penyambutan Bupati Malra, M. Thaher Hanubun di Ohoi Dian Darat dengan tarian adat Kei, masyarakat Dian dan sekitarnya sangat antusias mengikuti acara pengresmian lokasi wisata alam Dian Wakat Park, Rabu sore ( 24/7 )

“ Alam yang indah ini diberikan oleh sang pencipta kepada leluhur kita dan dititipkan kepada kita, bersama anak cucu agar dikelolah dan dijaga dengan baik “ Tandas Bupati Malra dalam sambutanya ketika meresmikan tempat wisata di Ohoi Dian Darat, Kecamatan Hoat Sorbay tersebut.

Bupati mengajak, semua komponen masyarakat di daerah ini agar meninggalkan semua perbedaan dan bersatu menebarkan kasih untuk membangun Malra lebih baik. “ sejak matahari terbenam, mari semua perbedaan kita tinggalkan, kita harus bersatu untuk bangun Nuhu Evav, jadi lebih baik “ ajak Bupati Hanubun.

Hanubun juga mengisahkan perjalanan sejarah munculnya Hukum Larvul Ngabal di Kepulauan Kei, termasuk chiri khas hidup leluhur Kei yang bersatu, saling membantu dan tidak mengenal perbedaan yang memiliki kesamaan dengan kehidupan masyarakat di Bali.

Bupati Malra. M. Thaher Hanubun ketika berjalan kaki menuju lokasi wisata alam Dian Darat, didampingi Pj. Sekda Malra, Camat Hoat Sorbay dan Pj. Kepala Ohoi Dian Darat

“ Saya berharap Ohoi lain dapat lakukan perubahan – perubahan positif, Dana desa / ohoi harus dimaksimalkan untuk pembangunan dan pengembangan Parawisata seperti yang ada di Ohoi Dian Darat “ Harap Bupati Malra.

Sementara Penjabat Kepala Ohoi Dian Darat, Beni Ohoira, dalam laporanya mengatakan pembangunan lokasi wisata Dian Wakat Park, disekitar hutan mangrove dibangun Pemerintah Ohoi Dian Darat bersama masyarakat dengan menggunakan Dana Desa / Ohoi tahun anggaran 2018-2019.

Penjabat Kepala Ohoi Dian Darat, Beni Ohoira, didampingi Ibu Deby Bunga, SH ketika menerima kedatangan Bupati Malra di lokasi wisata alam Dian Wakat Park, Rabu sore ( 24/7 )

“ Kami bersama masyarakat bangun lokasi wisata hutan bakau yang ditata dengan sangat indah, tersedia fasilitas Cafe, dan ruang santai bersama keluarga menggunakan Dana Desa / Ohoi Dian Darat tahun 2019 “ Tandas Ohoira.

Ohoira mengaku, nama lokasi tersebut yaitu Dian dari Bahasa Indonesia artinya nama  Ohoi / Desa, lalu Wakat  adalah Bahasa Kei, artinya Bakau. Sedangkan Park, dari Bahasa Inggris yang artinya taman yang dilindungi.

Usai pengresmian, Bupati Malra bersama Pj. Sekretaris Daerah, Drs. M. Teslatu, Danlanud Dumatubun Langgur, Danlanal Tual, Pimpinan OPD Pemkab Malra, Camat Hoat Sorbay, Pejabat Ohoi dan masyarakat Dian Darat mengunjungi lokasi wisata Dian Wakat Park. ( team tualnews.com )

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya