Mantan Ketua HMI Desak Bupati Segera Lantik Sekda Malra

Langgur Tual News – Salah satu tokoh pemuda yang juga mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam ( HMI ) cabang Tual, Ruslany Rahayaan, SE mendesak  Bupati Malra, M. Thaher Hanubun agar segera melantik Sekretaris Daerah ( Sekda ) definitif sesuai hasil yang sudah dikeluarkan tim seleksi.

Desakan ini disampaikan Rahayaan kepada tualnews.com, selasa ( 26/11/2019 ) mengingat  sekda adalah jabatan strategis dan tertinggi dalam birokrasi pemerintahan, sehingga tugas dan tanggungjawabnya sangat penting dalam mengoptimalkan jalanya roda pemerintahan.

Tokoh Pemuda, Ruslany Rahayaan, SE

“ hasil seleksi sudah dikeluarkan, maka Bupati Malra segera mengusulkan secepatnya kepada Gubernur Maluku untuk mendapat persetujuan sehingga kabupaten Malra segera memiliki sekda definitif “ Tandas Rahayaan.

Menyoal tentang dinamika kondisi politik lokal yang akan berdampak pada penetapan calon Sekda Malra, Rahayaan menegaskan secara normatif tidak bisa menjadikan dinamika politik lokal sebagai sandaran, sebab masyarakat saat ini ingin sekda malra definitif segera dilantik.

“ kita semua berharap secepatnya Malra memiliki Sekda definitif, agar dapat mengoptimalkan pelayanan pemerintahan secara baik “ harapnya.

Tiga Besar Calon Sekda Malra Resmi Diumumkan

Seperti diberitakan tualnews.com  sebelumnya,  setelah mendapat kritikan dan sorotan masyarakat, akhirnya panitia  seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama setara eslon II/a dan II/b di lingkungan Pemkab Maluku Tenggara secara resmi mengumumkan hasil seleksi melalui pengumuman nomor : 7802/12-pansel JPT Malra/2019.

Dari hasil tim seleksi itu menempatkan Ir. Zainal Arifin Rahayaan,MM, Drs. Mochtar Ingratubun, M.Si dan Drs A. Yani Rahawarin, M.Si menduduki peringkat teratas Calon Sekda Malra.

Dari hasil tim seleksi itu menempatkan Ir. Zainal Arifin Rahayaan,MM ( tengah ), Drs. Mochtar Ingratubun, M.Si ( kanan ) dan Drs A. Yani Rahawarin, M.Si ( kiri ) menduduki peringkat teratas Calon Sekda Malra

Pengumuman yang dikeluarkan tim seleksi tanggal 31 oktober 2019, ditandatangani Ketua Panitia Tim Seleksi dari Fakultas Hukum Unppati Ambon, Dr. D. Nirahua S.E Marthen SH.M.Hum.

Khusus untuk jabatan Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kabupaten Maluku Tenggara, sesuai hasil penilaian seleksi kompotensi, Ir. Zainal Arifin Rahayaan, MM yang saat ini menjabat Kepala Badan Ketahanan Pangan,  menempati urutan pertama, dengan perolehan nilai 197,79, kemudian disusul urutan kedua, Kepala  BNPB Malra, Drs. Mochtar Ingratubun, M.Si, perolehan nilai 187,56 dan Kepala Dinas Pendapatan Daerah,  Drs A. Yani Rahawarin, M.Si menempati urutan ketiga dengan nilai 182,06.

Sementara lima calon Sekda Malra lainya yang ikut seleksi  masing – masing, Ir. Nikodemus Ubro, M.Si ( 179,76 ), Dr. Drs. Andreas Savsavubun ( 179,73 ), Ir. Felix B. Tethool ( 172,16 ), Filips L. Rahantoknam, S.Sos, M.Si ( 168,05 ) dan Dra. Sara Far-Far ( 166,08 ).

Dengan hasil ini, seperti yang diberitakan tualnews.com  sebelumnya ti nggal menunggu keputusan akhir yang ditetapkan Gubernur Maluku, Murad Ismail tentang siapa yang berhak menduduki kursi jabatan orang nomor tiga di Kabupaten Malra.

( team tualnews )

Leave a Reply