Kategori
Kota Tual

Matdoan Minta Sekda Kota Tual Pertahankan WTP

Tual News – Mantan Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kota Tual, Drs. Muuti Matdoan berharap, Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kota Tual yang baru diambil sumpah jabatan dan dilantik Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag, Sabtu (20/7 ) dapat mempertahankan predikat yang dikeluarkan Badan Pemeriksaan Keuangan ( BPK ) kepada Pemkot Tual tahun 2018 lalu dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP )

Mantan Sekda, Drs Muuti Matdoan, M.Si berpose bersama Sekda Kota Tual, Achmad Yani Renuat, S.Sos.M.Si

Hal ini dikatakan Matdoan kepada tualnews. Com, usai  pelantikan Sekda Kota Tual, Achmad Yani Renuat, S.Sos.M.Si, di Pendopo Yarler Kota Tual. “ Saya yakin dan optimis Sekda Kota Tual yang baru mampu mempertahankan WTP Pemkot Tual “ Tandasnya.

Matdoan yang juga Plt. Sekda Kota Tual selama satu tahun delapan bulan di Pemkot Tual itu mengaku jabatan seorang Sekda memiliki tugas dan tanggungjawab yang sangat besar dalam membantu Kepala Daerah menjalankan roda pemerintahan dan pelayanan publik.

“ Sekda adalah jabatan karier, bukan jabatan formalitas biasa, olehnya itu seorang Sekda harus miliki kemampuan memadai, harus memaduhkan seluruh tugas dan tanggungjawab atas semua tugas Kepala Daerah, tidak sekedar seseorang diangkat untuk duduki jabatan Sekda saja “ ujarnya.

Kata dia, selama menjabat Plt Sekda Kota Tual, dirinya merasa terbantu karena sebelumnya menduduki jabatan eslon II dan III mencapai delapan jabatan. “ Jabatan Sekda melekat sebagai Ketua Tim Anggaran, Pengadaan Tanah, juga ketua tim tindak lanjut pengawasan pemerintahan sehingga harus mampu melaksanakan fungsi dan tugas pokok maupun tugas tambahan lain yang secara tidak langsung berhubungan dengan Kepala Daerah “ Jelas Matdoan.

Sekda Kota Tual, yang baru dilantik Sabtu (20/7 ), Achmad Yani Renuat, S.Sos.M.Si

Mantan Sekda Kota Tual ini mengatakan dirinya bersyukur, karena sejak Kota Tual terbentuk sampai memasuki tahun 2017, pihaknya selalu berharap audit BPK atas APBD Kota Tual setiap tahun anggaran mencapai opini wajar tanpa pengecualiaan. “ alhamdulilah akhirnya di tahun 2018, Pemkot Tual memperoleh WTP dari BPK RI, saya percaya Pak Yani Renuat mampu mengakomodir seluruh OPD yang ada di Pemkot Tual untuk mempertahankan predikat WTP tersebut “ Terangnya.

Selain itu, Matdoan juga minta Sekda Kota Tual juga mempertahankan berbagai piagam penghargaan yang diperoleh Pemkot Tual selama ini, salah satunya dari Pemprop Maluku, Kota Tual masuk kategori UHC  sebagai daerah yang sudah memberikan penjaminan kesehatan kepada seluruh penduduk Kota Tual  96 %.

“ Termasuk bidang perumahan, Pemkot Tual sudah memperoleh penghargaan berulang kali, semua ini atas kerja sama yang baik dengan Kadis Perumahan dan Pemukiman Kota Tual yang dibentuk sebagai OPD Pemkot Tual tahun 2018, kita berharap tahun 2020 Kota Tual sudah bebas dari daerah Kumuh, dan Kota Tual juga  terbaik sebagai Kota smart city atau Kota cerdas  “ Ungkap Matdoan.

Diakui, komitmen Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag dan Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge sangat besar dalam memperhatikan pembangunan dan pelayanan publik masyarakat, olehnya itu diharapkan dengan Visi – Missi sesuai RPJMD Pemkot Tual 2018 – 2023, Kota Tual semakin tambah maju dan sejahtara. ( team tualnews.com )

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya