Kategori
Parawisata dan Budaya

Mau Lihat Ular Hitam Putih Keluar dari Batu, Kunjungi Obyek Wisata Ohoi Revav

Langgur Tual News – Ohoi Revav, Kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupateh Maluku Tenggara dalam pengelolaan Dana Desa / Ohoi Tahun anggaan 2019, memprioritaskan pembangunan tempat wisata pantai. Keunikan obyek wisata Pantai Revav, karena disana para wisatawan bisa melihat ular Hitam – Putih, ketika dipanggil akan keluar dari Batu besar  diatas Pantai Revav

Kepala Ohoi Revav, Linus Rahayan

Hal ini dikatakan, Kepala Ohoi Revav, Linus Rahayaan kepada tualnews.com, rabu (31/7 ). Kata Rahayaan.

“ Dana Desa tahun anggaran 2019, kami fokus bangun tempat wisata pantai Revav, karena banyak wisatawan asing dan domestik datang untuk menikmati keindahan pantai dan ingin melihat tempat tinggal ular hitam putih yang terdapat di batu besar pantai Revav, ketika dipanggil oleh Tokoh adat setempat, ular tersebut keluar dari dalam batu “ ungkap Rahayaan.

Kata Rahayaan,para wisatawan senang dengan keindahan pantai, apalagi hidangan makanann tradisional Kepulauan Kei, terutama ikan segar yang banyak dan rasanya enak  untuk dinikmati.

Tempat wisata pantai di Ohoi Revav, Kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupaten Malra yang sedang dibangun dan direnovasi

“ selain para wisatawan yang datang berkunjung di Ohoi Revav untuk menikmati indahnya pantai dengan potensi ikan yang banyak, mereka juga dihibur dengan seni dan budaya Kei asli Revav yaitu Tarian Ular, diriringi irama Tipa, Gong dan Suling yang selama ini dikenal masyarakat Malra “ Jelas Kepo Revav.

Kepala Ohoi Revav, mengaku potensi ikan sangat besar berada di wilayah petuanan laut yang ada, sehingga dengan dibukanya tempat wisata Ohoi Revav, Pemerintah Ohoi akan mengeluarkan peraturan Ohoi untuk membatasi acttifitas para nelayan yang ada di luar mengambil ikan di perairan laut Revav.

Pembangunan tempat wisata pantai Ohoi Revav, dibiayai Dana Desa / Ohoi 2019

Selain Dana Desa / Ohoi Revav untuk pembangunan tempat wisata, Pemerintah Ohoi Revav juga memprogramkan pembangunan pendidikan dan Kesehatan.

“ Untuk Kesehatan, pencairan Dana Ohoi tahap II 40 % akan diperuntuhkan untuk pembangunan 37 unit MCK pada rumah warga masyarakat yang belum memiliki MCK sesuai rekomendasi Dinas Kesehatan Malra dan pembangunan fisik pagar beton menuju tempat lokasi wisata Ohoi Revav  “ Tandas Rahayaan.

Pelayanan Kesehatan gratis bagi Ibu hamil Ohoi Revav, ketika berobat ke Dokter Praktek malam, Pemerintah Ohoi Revav menyiapkan transportasi pulang – pergi dan membayar biaya pengobatan

Sedangkan untuk pembangunan bidang pendidikan, Pemerintah Ohoi Revav, memberikan bantuan buku tulis kepada siswa/i  Revav yang duduk di bangku SD, SMP dan SMA. “ Ke depan kami akan berikan bantuan beasiswa kepada generasi muda Ohoi Revav yang berprestasi “ ujarnya.

Kepo Revav, mengatakan pelayanan kesehatan bagi warga yang sakit, terutama ibu hamil dan warga yang sakit parah, pihaknya bersama aparatur Ohoi Revav siap melayani masyarakat secara gratis dengan menyediakan transportasi pulang – pergi ketika hendak berobat di Rumah Sakit dan praktek dokter malam di Langgur, Ibu Kota Kabupaten Malra.

“ Untuk pelayanan kesehatan masyarakat, semua digratiskan, baik transportasi dan semua biaya pengobatan bagi Ibu hamil dan warga yang sakit parah ketika berobat ke Dokter “ Jelas Kepo Revav.

Pembangunan 37 unit MCK bagi masyarakat Ohoi Revav yang belum memiliki MCK, dibiayai Dana Desa / Ohoi tahun 2019

Kata dia, Untuk peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat, Pemerintah Ohoi Revav juga menyalurkan bantuan pemberdayaan bagi para petani dan nelayan di Ohoi Revav, bersumber dari Dana desa / Ohoi 2019.

“ Saat ini staf Pemerintah Ohoi Revav, turun dan mendata langsung warga masyarakat yang berprofesi sebagai petani dan nelayan, agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan dimanfaatkan secara baik untuk peningkatan ekonomi rakyat di bidang pemberdayaan “ Kata Rahayaan.

Kepala Ohoi Revav, menyampaikan terimakasi kepada Bupati Malra, M. Thaher Hanubun dan Wakil Bupati Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si yang memberikan perhatian dalam pembangunan dan pelayanan masyarakat di Ohoi Revav melalui Dana Desa / Ohoi.

“ Saya berharap masyarakat Ohoi Revav, memanfaatkan Dana Ohoi dengan baik demi peningkatan kesejatraan, karena Pemerintah Ohoi Revav  transparan dan terbuka dalam pengelolaan Dana desa / Ohoi, sehingga semua tahapan pekerjaan yang dibiayai dana ohoi harus diawasi secara bersama “ Harap Rahayaan. ( team tualnews.com )

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya