Kategori
Maluku Tenggara

Ngabalin : Orang Kei Tolak Radikalisme

Tual News –  Tenaga Ahli Utama Kepresidenan RI, Dr. Ali Mochtar Ngabalin, M.Si menegaskan masyarakat di Nuhu Evav Kepulauan Kei menolak faham radikalisme yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Pernyataan ini disampaikan Ngabalin ketika menghadiri acara serimonial  pemberkatan Kapel Biara  dan PAUD The Engel, Paroki Langgur, Jumat ( 28/6 ).  “ Saya percaya kita semua orang Kei menolak radikalisme, karena hukum adat Larvul  Nbagal mengajarkan perdamaian, persatuan dan kesatuan, bukan permusuhan, fitnah dan kebencian “ tegasnya.

Staf Ahli Kepresidenan RI ini mengaku dirinya juga jebolan sekolah Khatolik, sehingga mengetahui dan memahami dengan benar ajaran agama Khatolik yang mengajarkan budaya cinta kasih. “ Saya tadi tanya Pastor lagu pujian dan ibadah yang selalu diajarkan waktu duduk dibangku sekolah Khatolik, saya masih ingat syair lagu ; kami memohon kebesaranmu …..“ Ujar Ngabalin yang menyanyikan syair lagu Khatolik itu  yang kemudian ditutup dengan Bahasa Lhatin.

Pada kesempatan itu Ngabalin atas nama Pemerintah RI, Presiden RI, Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla  menyampaikan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat di Kabupaten Malra dan Kota Tual sampai ke Desa / Ohoi atas kepercayaan yang diberikan sehingga Ir. Joko Widodo dan Maruf Amin mendapat mandat rakyat untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan. “  atas nama Staf Kepresidenan secara khusus manyampaikan terimakasih kepada semua umat Khatolik RI, terutama Umat Khatolik di Propinsi Maluku, dan Kabupaten Malra serta Kota Tual atas terpilih kembali Bapak Joko Widodo sebagai Presiden RI “ Tandas Ngabalin.

Putera terbaik Danar, Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan ini tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, jumat ( 28/6 ) jam 17/15 WIT. Ikut serta bersama Ngabalin,  Wakil Bupati Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si dan Plt. Sekda Malra, M. Teslatu.

Setelah tiba di Bandara, Bupati Malra, Hi. M. Thaher Hanubun bersama Kapolres Malra, AKBP Indra Fadila Siregar, langsung Menjemput Staf Ahli Presiden RI yang juga menjabat Komisaris PT. Angkasa Pura I.

Kepada Wartawan, Ngabalin mengaku sudah dua kali pulang ke kampung halamanya di Danar, tanah Kepulauan Kei. “ Saya untuk kedua kalinya pulang kampung, dengan harapan kehadiran saya, dapat memberikan kontribusi positif untuk pembangunan di Kabupaten Malra dan kota Tual lebih khusus massa depan anak – anak evav “ tandasnya.

Ngabalin percaya dimassa datang generasi muda Kei akan memegang peran penting untuk kepentingan bangsa dan negara demi menjaga persatuan dan kesatuan. “ saya ajak kita semua baik yang beragama, Khatolik, Hindu, Budha , Protestan, Islam dan Khonghucu mari kita bangun Bangsa dan daerah ini lebih baik “ Ajak Ngabalin.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Malra beserta Kapolres Malra serta seluruh masyarakat yang menjemput dan menyambutnya dengan penuh keakraban dan kegembiraan. “ Salam hormat untuk semua warga di Kepulauan Kei, saya sangat bahagia pulang ke tanah leluhur Evav “  ujarnya. ( team tualnews.com )

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya