Pemuda Ohoi Semawi Dukung Program Rumah Bersama Kambtimas Kapolres Malra

Tual News – Para generasi muda di Desa / Ohoi Semawi, Kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupaten Maluku Tenggara, Propinsi Maluku menyatakan sikap medukung program kerja Kapolres Malra, AKBP Alfaris Pattiwael/Ditubun, salah satu Putera Kei asal Desa Semawi melalui peluncuran program Rahan Kamtibmas di Kabupaten Malra dan Maren Kamtibmas di Kota Tual.

Video pernyataan sikap dukungan Pemuda Ohoi Semawi untuk menjaga Kamtibmas dan menjaga nama baik Kapolres Malra, AKB Alfaris Pattiwael/Ditubun, Putera Kei asal Ohoi Semawi, sabtu ( 07/3/2020 )

Pernyataan sikap dukungan para pemuda/i  Ohoi Semawi itu disampaikan, Ketua Pemuda Semawi, Hendro Sabubun, dihadapan tokoh masyarakat, adat, agama dalam pertemuan bersama Wakapolres Malra, AKP Deny Ubro di Balai Ohoi Semawi, sabtu ( 07/3/2020 ).

“ Kami pemuda Semawi akan tetap mendukung Bapak Kapolres Malra, Alfaris Pattiwael/ Ditubun sebagai putera Kei asal Semawi dan menjamin program rahan kamtibmas, bila perlu Pemuda Ohoi Semawi jadi icont Rahan ( rumah –red ) Kamtibmas, demi menjaga nama baik beliau  di Nuhu Evav “ Tegas Ketua Pemuda Semawi.

Menanggapi hal ini, Wakapolres Malra yang didampingi Kapolsek Kei Kecil Timur ( KKT ) bersama Kepala Ohoi Semawi, Ambrosius Ditubun berharap agar pemuda di Ohoi Semawi menjadi contoh yang baik dalam menjaga suasana keamanan dan ketertiban masyarakat.

Wakapolres Malra, AKP Deny Ubro bertemu komponen masyarakat Ohoi Semawi, termasuk para pemuda Semawi di Kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupaten Malra, sabtu ( 07/3/2020 )

“ Saya Wakapolres Malra, Deny Ubro  juga asal dari Desa Wain dan Semawi, sehingga dengan komitmen Pemuda Ohoi Semawi yang  tetap menjaga nama baik Bapak Kapolres Malra, sebagai putera Kei asal Semawi, mari kita jaga dan pelihara kamtibmas di Nuhu Evav  “ Pintah Wakapolres.

Ubro minta dengan kehadiran Kapolres Malra, AKBP Alfaris Pattiwael dibumi Larvul Ngabal, maka para pemuda/i Ohoi Semawi harus berbenah diri, agar selalu tampil didepan sebagai icont pemuda kamtibmas di Malra dan Kota Tual.

“ Jadi mulai saat ini, tidak ada lagi para pemuda Semawi minum – mabuk lalu buat onar, dengan palang jalan di jembatan Semawi seperti sebelumnya. Bapak Kapolsek Kei Kecil Timur kalau ketemu prilaku pemuda seperti itu, bawah dan rendam di air sungai  “ Ujar Wakapolres Malra.

Kapolres Malra, AKBP Alfaris Pattiwael bersinergi bersama seluruh jajaran Polres Malra dan insan Pers di Malra dan Kota Tual

Wakapolres  mengaku,  Kapolres Malra, AKBP Alfaris Pattiwael memiliki program kerja yang sangat luar biasa dalam menjamin Kamtibmas di Kepulauan Kei.

“ Program Kapolres Malra yang akan diluncurkan dalam waktu dekat adalah Rahan Kamtibas ( rumah bersama kamtibmas –red ) di Kabupaten Malra dan Marren Kamtibmas ( rumah besar kamtibmas –red  )di Kota Tual akan diluncurkan melalui aplikasi playstore, sehingga setiap waktu masyarakat dapat melaporkan dan memonitor di media sosial “ Terangnya.

Selain itu, kata Ubro, pasca hadir di Mapolres Malra, Kapolres Malra, AKBP Alfaris Pattiwael, turun langsung dilapangan bersama anggota mengatur arus lalulintas.

“ Jadi Bapak Kapolres ingin semua anggota setiap hari ada ditengah masyarakat, rutin patroli kamtibmas untuk menjamin suasana aman dan damai ditengah masyarakat. Kemarin dalam apel bersama, ketika Bapak Kapolres bertanya ada anggota polisi yang menjawab dengan benar, langsung diberikan hadia atau award “ Ungkap Wakapolres Malra.

Untuk diketahui kehadiran Wakapolres Malra, AKP Deny Ubro di Ohoi Semawi dalam rangka pertemuan silahturahmi bersama semua komponen masyarakat, guna mendengarkan persiapan warga masyarakat Ohoi semawi pada kegiatan penjemputan secara Adat Kei, Kapolres Malra, AKBP Alfaris Pattiwael selaku putera Kei asal Semawi pekan mendatang.

Kapolres Malra, AKBP Alfaris Pattiwael turun langsung di Jalan perempatan UN Kota Tual mengatur dan memantau arus lalulintas, rabu ( 04/3/2020 )

Sementara itu Kapolres Malra, AKBP Alfaris Pattiwael kepada media ini mengungkapkan, dua program utama yang digagas dalam menjamin Kamtibmas di Malra dan Kota Tual adalah program layanan berbasi IT, dengan pembuatan aplikasi Android SIM MAREN ( sistem informasi mesage and notifice ).

“ sistem ini digagas agar masyarakat merespon berbagai kejadian di wilayah masing – masing, dan secepatnya langsung melaporkan kepada polisi, agar polisi cepat merespon lalu turun ke TKP “ Ungkapnya.

Selain itu, Kata Kapolres, pihaknya akan meluncurkan Website milik Polres Malra, agar masyarakat dapat mengakses semua informasi di Mapolres Malra.

Untuk menjamin Kamtibmas di Nuhu Evav, Kapolres Malra mencanangkan enam bidang operasional polisi yakni Patroli Rayon, Jumpa Seribu Tokoh, Rahan Babinkamtimbas, Maren Babinkamtibmas, Patroli Skala Besar, dan patroli kampung paling rawan.

“ Kegiatan patroli rayon, polisi akan ditempatkan pada semua post yang dikenal dengan sebutan Patroli Rayon Maluku Tenggara ( Pramata ), lalu jumpa seribu tokoh ( Jeriko ) dengan leading sektor Sat Intel dan Sat Bimas serta membangun komunikasi dan koordinasi bersama para tokoh masyarakat, adat, agama, pemuda dalam menjaga kamtibmas  “ Jelas Pattiwael.

Sedangkan program Kamtibmas, Kata Mantan Kapolres Minahasa Utara itu, dirinya akan mencanangkan rumah bersama  kamtibmas di Kabupaten Malra yang di kenal Rahan Kamtibmas, sementara di Kota Tual disebut dengan Maren Kamtibmas.

“ Program rahan kamtibmas dan maren kamtibmas identik dengan adat dan budaya Kei. Jadi kami akan bangun rumah besar kamtibmas bersama, semua akan difasilitasi polisi “ terangnya.

Kapolres Malra berharap, melalui program yang dicanangkan dapat menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Malra dan Kota Tual.

( team tualnews.com )

Komentar Pembaca