Posisi Malra Strategis di Zona ALKI III, Nurcahyo Pimpin Lanud Dumatubun Langgur

Img 20200109 wa0001

Tual News – Kebaradan Pangkalan Lanud Dominukus Dumatubun Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, Propinsi Maluku yang strategis dan berada di alur laut Kepulauan Indonesia ( AKLI ) III dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI, membuat Mabes TNI – AU melaksanakan penyegaran atau rotasi jabatan. Jabatan Danlanud Dominukus Dumatubun Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Propinsi Maluku secara resmi dijabat LetKol Pnb Yulianto Nurcahyo menggantikan LetKol Pnb Sony Irawan.

Pelantikan dan serahterima jabatan Danlanud D. Dumatubun  Langgur dipimpin langsung Pangkoosau III Marsekal Muda TNI Andyawan Martono, S.IP di Gedung Serba Guna Koopsau III Biak Numfor Papua, rabu ( 8/01/2020 ).

Img 20200109 wa0002
Pangkoosau III Marsekal Muda TNI Andyawan Martono, S.IP saat menyerahkan Pataka kepada Letkol Pnb. Yulianto Nurcahyo sebagai Komandan Lanud D. Dumatubun yang baru menggantikan Letkol Pnb. Sony Irawan, SE,M.M di Gedung Serba Guna Koopsau III Biak Numfor Papua, rabu ( 8/01/2020 )

Demikan rilis Berita Pers, Pangkoopsau III Kasipenpasum, Kapten Agus Riyanto yang diterima tualnews.com.

Pangkoosau III Marsekal Muda TNI Andyawan Martono, S.IP, dalam amanatnya pada pelantikan dan serahterima jabatan Danlanud D Dumatubun Langgur menegaskan, keberadaan pangkalan udara Lanud Dominikus Dumatubun milik TNI AU, dibawah kendali Komando Operasi Angkatan Udara ( Koopsau III ) memiliki berbagai nilai strategis sebagai  sebagai alat pertahanan negara.

“ tidak hanya sumber daya alam, namun posisi Lanud Dumatubun Langgur sangat strategis untuk menangkal setiap ancaman dan gangguan yang mengancam kedaulatan NKRI “ Tegas Pangkoosau III TNI AU.

Menurut Martono, Koopsau III sebagai Kotama Operasi yang baru lahir, diharapkan mampu bertindak menangkal berbagai ancaman yang terjadi khususnya di wilayah teritorial Indonesia Bagian Timur dan salah satu ujung tombak yakni beberapah pangkalan udara yang berada dijajaranya termasuk Lanud Dominkus Dumatubun Langgur.

Img 20200109 wa0001
Pangkoosau III Marsekal Muda TNI Andyawan Martono, S.IP saat menyerahkan Pataka kepada Letkol Pnb. Yulianto Nurcahyo sebagai Komandan Lanud D. Dumatubun yang baru menggantikan Letkol Pnb. Sony Irawan, SE,M.M di Gedung Serba Guna Koopsau III Biak Numfor Papua, rabu ( 8/01/2020 )

“ Keberadaan Lanud D Dumatubun di Kabupaten Maluku Tenggara, juga merupakan kawasan jalur bebas, baik dari laut maupun udarah dan juga merupakan zona alur laut kepulauan Indonesia ( ALKI ) III, karena itu sangat penting untuk mengamankan teritorial Indonesia “ jelas Pangkoosau III, Marsekal Muda TNI Andyawan Martono.

Dikatakan, Pangkoosau III memiliki visi dan keinginan akan adanya perubahan yang lebih baik, sementara disisi lain tuntutan dan tantangan tugas yang dihadapi ke depan semakin dinamis dan kompleks. “ Jika kita menjawab tantangan,  tugas Koopsau III harus senantiasa berada dalam kondisi siap operasi dalam rangka menghadapi kemungkinan datangnya gangguan yang diperkirakan terjadi “ ujarnya.

Upacara pelantikan dan serahterima jabatan Danlanud D Dumatubun Langgur berlangsung tertib dan penuh hikmat. Hadir pada acara serahterima jabatan itu, Pangkosekhanudnas IV, Danlanud Manuhua Biak, Inspektor, para pejabat setingkat Asisten, Pamen Staf Ahli, Danyonko 468 Biak, Dansatrad 242 Biak, Perwira Bintara, Tamtama dan PNS.

Selain itu turut hadir Ketua PIA Ardhya Garini D.III/Koopsau III, Ny. Andyawan Martono bersama jajaran dan sejumlah pengurus lainya.

Untuk diketahui, Letkol Pnb. Sony Irawan, SE, M.M mendapat tugas baru sebagai Dosen golongan IV Akademi Angkatan Udara di daerah Yogjakarta. Sementara Danlanud D. Dumatubun Langgur yang baru, Letkol. Pnb Yulianto Nurcahyo, sebelumnya bertugas di Akademi Angkatan Udara sebagai Danskadtar IV Wingtar AAU Yogjakarta. ( team tualnews )