Tim Verifikasi Potmar Kreatif Mabes TNI – AL Sambangi Lanal Tual

Tual News – Tim Verifikasi Potmar Kreatif Mabes TNI – AL yang dipimpin LetKol Laut (KH) Suharsono, SH, didampingi Mayor Laut (E) Ade Toshio Dafly, SE selasa ( 14/1/2020) tiba di Mako Lanal Tual untuk melaksanakan penilaian.

Kedatangan Tim Verifikasi di Mako Lanal Tual dijemput langsung Komandan TNI – AL Tual, Kol Laut ( P) I Gusti Putu bersama seluruh jajarannya dengan sambutan tarian kipas dari Pramuka Saka Bahari Lanal Tual yang berasal dari siswa/i SMK Negeri 1 Kota Tual.

Demonstrasi siswa/i SMA N 1 Tual binaan Lanal Tual penanganan medis dari TNI – AL kepada korban, disaat aksi baku tembak dan penanganan aksi pasukan PHH disaat aksi demonstrasi dari masyarakat, selasa ( 14/1/2020 )

Usai upacara penyambutan, dilanjutkan dengan suguhan demonstrasi para siswa/i Gugus Depan Yos Sudarso Saka Bahari yang adalah gabungan  siswa/i SMA Negeri 1 Tual binaan TNI – AL Tual.

Berdasarkan pantauan tualnews.com demonstrasi yang dilakukan adalah senam perahu karet, bongkar pasang senjata, penanganan medis dari TNI – AL kepada korban, disaat aksi baku tembak dan penanganan aksi pasukan PHH disaat aksi demonstrasi dari masyarakat

Setelah disuguhi berbagai atraksi tersebut, Tim Verifikasi Mabes TNI – AL melaksanakan tatap muka bersama Danlanal Tual dan jajaranya.

Danlanal Tual, Kol.Laut (P) I Gusti Putu dalam sambutanya menyampaikan terimakasi kepada Mabes TNI – AL yang telah memberikan kepercayaan kepada Lanal Tual untuk yang kedua kalinya mengikuti lomba penilaian Potmar Kreatif semester II tahun 2020.

Demonstarsi senam perahu karet siswa/i SMA Negeri 1 Tual, binaan Lanal Tual

“ Kami  sudah ikuti lomba ini dua kali, sebelumnya di tahun 2019 Lanal Tual mengikuti penilaian teladan tingkat Nasional “ Ungkapnya.

Danlanal mengakui, dengan keterbatasan jumlah personil di Lanal Tual sebanyak 64 orang, namun pihaknya sudah mempersiapkan diri dengan baik dalam menerima kedatangan Tim Verifikasi Potmar Kreatif Mabes TNI – AL.

“ Walaupun jumlah Anggota TNI – AL Tual sangat sedikit, dari jumlah yang harus ada sebanyak 228 anggota, namun dengan jumlah 64 personil yang ada di Lanal Tual, tidak mematahkan semangat setiap prajurit untuk selalu berbuat yang terbaik bagi Bangsa dan Negara, khususnya masyarakat di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara “ Tandas Danlanal Tual.

Ketua Tim Verifikasi Potmar Kreatif Mabes TNI – AL, Let.Kol Laut (KH) Suharsono, SH dalam amanatnya memberikan apresiasi kepada Lanal Tual atas sambutan yang sangat luar biasa.

Danlanal Tual didampinggi Anggota dan siswa/i SMA N 1 Tual berpose bersama Tim Verifikasi Potmar Kreatif Mabes TNI – AL Tual, selasa ( 14/1/2020 )

“ Dari jumlah pangkalan TNI – AL sebanyak 88 pangkalan, hanya 6 pangkalan TNI – AL yang dikunjungi dan dinilai Tim Verifikasi Potmar Kreatif dan Lanal Tual masuk dalam enam pangkalan TNI – AL tersebut “ Ungkapnya.

Kata Suharsono, beberapah kriteria yang dinilai Tim Verifikasi yakni kreatifitas, kreasi dan SDM dari Pimpinan dan Anggota pada pangkalan TNI – AL di daerah tersebut.

“ Salah satu kriteria yang membuat pangkalan TNI – AL di satu daerah masuk dalam penilaian Tim Verifikasi Potmar Kreatif yaitu program yang dilaporakan kepada Mabes TNI – AL dilaksanakan dengan baik, contoh Lanal Tual buat program penanaman pohon bakau di Desa Tamedan dan berbagai program lainya yang sangat peduli terhadap lingkungan  laut “ ujarnya.

Ketua Tim Verifikasi mengaku penilaian yang akan diberikan kepada Lanal Tual dinilai secara obyektif dan tidak KKN. “ ketika dapat  tugas  lakukan penilaian di Pangkalan TNI – AL Tual, saya tidak mengenal Danlanal Tual “ katanya.

Namun Sumarsono, memberikan apresiasi dan pujian kepada Lanal Tual, karena kedatanganya bersama Tim Verifikasi Potmar Kreatif disambut  dengan sangat baik dari sejak penjemputan sampai pada acara penilaian.

( team tualnews )

Leave a Reply