Kategori
Maluku Tenggara

TNI Bangun Desa, Bupati Malra Buka TMMD Kodim 1503 di Ohoidertavun

Langgur Tual News – Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun secara resmi, kamis (11/7 ) bertindak sebagai inspektur upacara pada pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke 105 Kodim 1503 Tual Tahun 2019 yang berlokasi Desa Ohoidertavun, Kecamatan Kei Kecil.

Bupati Malra bersama Danrem 151 Binaiya & Muspida dijemput secara adat Kei oleh para Tokoh Adat Ohoidertawun dan Ohoider Atas, Kamis ( 11/7 )

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danrem 151/ Binaiya, Kolonel Inf Hartono, S.IP, Ketua DPRD Kota Tual, Taufik Hamud, Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE, Dandim 1503 Tual, Letkol. Arh. Yoyo Karyo, S.Ip M.tr Han, Danlanal Tual, LetKol Laut ( P ) I Gusti Putu Wisnawa, M.Tr ( Hanla ), Kejari Tual, Sinyo Beni Ratag, SH.MH, Wakapolres Malra, Kompol Deni Ubro, Ketua Pengadilan Negeri Tual, Murdiat, SH.MH. Selain itu hadir pula para pimpinan OPD Pemkab Malra dan Kota Tual, para tokoh masyarakat, adat dan agama.

Kegiatan pembukaan TMMD tersebut, diawali dengan upacara penyambutan secara adat oleh Ketua Adat Ohoidertawun, Toni Wursok dan Tokoh adat Ohoider Atas, Costanis Laus Rahakbaw. Upacara adat Kei rinin dengan siraman air kelapa disertai tarian adat Kei menyambut kedatangan rombongan Muspida di lokasi TMMD di Ohoidertawun.

Bupati Malra, M.Thaher Hanubun meninjau kesiapan Uoacara pembukaan TMMD ke 105 Kodim 1503 Tual di Ohoidertawun

Usai upacara penyambutan secara adat, dilanjutkan dengan upacara pembukaan. Bupati Malra bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan Komandan Upacara, dipimpin langsung Danramil 1503 -01 Tual, Kapten Inf. Ricad H. Sapuni, Perwira Upacara, Pasilog Kodim 1503 Tual, Kapten Inf Hi. Bakrie Renhoat.

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun dalam amanatnya, menegaskan jiwa dan semangat TNI adalah dari, oleh dan untuk rakyat, olehnya itu semangat gotong royong membangun Desa / Ohoi adalah bagian dari komitmen TNI dalam membangun bangsa dan negara.

Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge memberikan bantuan kepada masyarakat di lokasi TMMD

“ Saya mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan TMMD ke 105 tahun 2019 di Kabupaten Malra, semoga semua rangkaian kegiatan ini berjalan sesuai yang direncanakan “ ujarnya.

Kata Bupati, amanat Undang – Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) mengamanatkan salah satu tugas TNI adalah membantu tugas Pemerintah Daerah. “ Tugas itu dilaksanakan dalam berbagai bentuk, salah satunya melalui kegiatan TMMD di Ohoidertawun “ tandas Bupati Hanubun.

Untuk itu Pemkab Malra mendukung sepenuhnya pelaksanaan TMMD. “ Kepada Pemerintah Ohoi bersama  masyarakat Ohoidertawun dan Ohoider Atas saya minta ikut berpartisipasi bersama TNI AD bukan hanya pembenahan secara fisik pembangunan tetapi pembinaan mental melalui program penyuluhan dan pelatihan “ pintah Bupati Malra.

Penyerahan bantuan kepada masyarakat di Ohoidertawun dan Ohoider Atas di Lokasi TMMD ke 105 Kodim 1503 Tual

Pada Kesempatan itu Bupati Malra menyerahkan bantuan dana kepada masyarakat di kedua desa tersebut. Sedangkan Danrem 151 Binaiya menyerahkan bantuan alat pancing kepada masyarakat nelayan Ohoidertawun dan Ohoider Atas. Dandim 1503 Tual menyerahkan bantuan alat penetas telur, tak luput masyarakat Kedua Desa juga mendapat sentuhan dari Kacab BRI Malra melalui pemberian bantuan tong sampah kepada masyarakat.

Untuk diketahui, kegiatan TMMD di Ohoidertawun akan berlangsung selama satu bulandimulai sejak tanggal 11 Juli – 9 Agustus 2019. Selama satu bulan, sasaran program TMMD  yaitu kegiatan fisik berupa rehabilitasi rumah masyarakat sebanyak lima unit di desa Ohoider Atas dan Tujuh unit rumah di desa Ohoidertawun. Selain itu juga program membangun jalan rabat yang menghubungkan kedua Desa dengan panjang 375 m dan lebar 3 m.

Sementara kegiatan non fisik yakni penyuluhan tentang ketahanan pangan, bela negara, kursus cepat Bahasa Ingris, penyuluhan tentang kamtibmas, narkoba dan kerukunan antar umat beragama.( team tualnews.com )

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya