Walikota Tual Serahkan Bantuan Zakat kepada 400 Kaum Dhuafa di Kota Tual

Tual News – Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag dan Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE, kamis ( 23/1/2020 ) secara simbolis menyerahkan bantuan infaq  kepada 400 kaum dhuafa di Desa Ngadi, Kecamatan Dullah Utara  Kota Tual.

Ketua Panitia Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) Kota Tual, Drs. Musni Difinubun dalam laporanya mengungkapkan penyaluran zakat kepada yang berhak menerima terdiri dari enam desa dan dua kelurahan masing – masing, Desa Fiditan, Ngadi, Dullah, Tamedan, Ohoitahit, Vatraan, Kelurahan Lodar’el dan Masrum.

Video wawancara Pers bersama Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag usai penyerahan zakat di Desa Ngadi Kota Tual, kamis ( 23/1/2020 )

“ Penyaluran kepada enam desa dan dua kelurahan sebanyak 200 orang, setiap desa 25 orang dengan total anggaran Rp 50 juta “ ungkap Rahanyamtel.

Sedangkan Kata Ketua Difinubun, bantuan bagi siswa/i yang tidak mampu ( SD/MI,SMP/MTS ) sebanyak 200 orang dengan nilai bantuan persiswa Rp 250.000,-. “ jadi total bantuan zakat dari Baznas Kota Tual yang diserahkan kepada kaum dhuafa sebesar Rp 135 juta yang didalamnya termasuk hak amil dan operasional Baznas Kota Tual “ jelas Ketua Panitia  dalam laporanya itu.

Acara penyerahan Baznas Kota Tual di Desa Ngadi, kamis ( 23/1/2020 )

Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag usai penyerahan bantuan tersebut kepada Pers menjelaskan Baznas secara Nasional memiliki kelembagaan sampai dibawah yang tersebar disemua kab/kota di Indonesia. “ Khusus Baznas Kota Tual,  ini sudah dua kali penyerahan zakat kepada kaum fakir miskin “ jelasnya.

Rahayaan mengaku saat ini pihaknya sedang berupaya membangun kesadaran semua komponen rakyat di kota Tual, termasuk ASN Pemkot Tual untuk berbagi bersama melalui Baznas Kota Tual.

“ kalau untuk ASN Pemkot Tual sudah diatur 10 % persen dari penghasilan tetap setiap bulan dipotong bendahara SKPD langsung masuk rekening Baznas Kota Tual, saya berupaya untuk bicara dengan para pengusaha agar wajib bersedekah, karena kalau kita banyak berbagi dari penghasilan yang diperoleh maka akan memperoleh berkat dan nikmat yang besar  dari Allah SWT “ ungkapnya.

Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE secara simbolis menyerahkan bantuan zakat kepada kaum dhuafa di Desa Ngadi Tual, kamis ( 23/1/2020 )

Walikota Tual menjelaskan untuk daratan di Kota Tual penyaluran Badan Zakat Nasional Kota Tual ( Baznas ) sudah terlayani bagi perwakilan masyarakat, olehnya itu ke depan pihaknya akan menyisir wilayah pulau di Kacamatan PP Kur dan Tayando Tam.

Rahayaan berharap, para pengusaha dan komponen rakyat lainya di Kota Tual terus bersedekah bagi kaum dhuafa, karena nikmat yang diperoleh akan sangat luar biasa. Turut hadir dalam penyaluran bantuan infaq  kepada 400 kaum dhuafa oleh Baznas Kota Tual kerja sama Pemkot  Tual dan Kementrian Agama Kota Tual, Kepala Kementrian Agama Kota Tual, H. Hanafi Kasim, Ketua Baznas Kota Tual, Drs Hi. Abas Rahanyamtel, Camat Dullah Utara beserta para Lurah. ( team tualnews )

Leave a Reply