Kemenkes Manfaatkan Data Kependudukan Penanggulangan COVID-19 dan Vaksinasi

Hotline vaksinasi covid 19

Tual News – Kementerian Kesehatan menyepakati kerja sama dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta  BPJS Kesehatan dalam rangka pemanfaatan data kependudukan untuk penanggulangan pandemi COVID-19 dan pelayanan vaksinasi COVID-19.

Penandatanganan kerja sama dilakukan secara virtual, Jumat (06/8/2021).

“ Kerja sama ini sebagai upaya terhadap percepatan penanggulangan pandemi COVID-19 dengan memanfaatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik “ Tandas  Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,  drg. Widyawati, MKM,dalam rilisnya.

Kementerian Kesehatan diwakili Sekretaris Jenderal,  drg. Oscar Primadi, MPH, menandatangani perjanjian kerja sama itu secara virtual.

“ Kemendagri telah memberikan akses data kependudukan kepada Kementerian Kesehatan dan BPJS Kesehatan untuk optimalisasi pelaksanaan penelusuran, pelacakan, pemeriksaan, penatalaksanaan, pengawasan dan pembatasan digital “ Jelas Oscar

Dikatakan, data kependudukan juga bisa digunakan untuk registrasi vaksinasi COVID-19, pelaksanaan vaksinasi  COVID-19 dan penerbitan sertifikat vaksin digital COVID-19.

“ Saya harap  semua stakholder membantu para pihak baik petugas tenaga kesehatan maupun masyarakat agar tidak melakukan kesalahan input data pada pendataan indentitas kependudukan dalam aplikasi yang telah disiapkan oleh pemerintah seperti Aplikasi Peduli Lindungi “ Harapnya.

Drg. Oscar mengatakan dengan kesepakatan kerja sama soal pemanfaatan data kependudukan ini,  Kemenkes dapat menggunakannya untuk mempercepat cakupan vaksinasi dengan sistem input data yang baik.

“ Semoga dengan pemanfaatan data kependudukan, kami dapat dengan mudah melakukan testing, tracing, treatmen, pengawasan, dan pembatasan, serta melakukan vaksinasi kepada masyarakat,” Ujarnya.

Kata dia, kesepakatan kerja sama ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam pemenuhan target dan realisasi pelaksanaan vaksinasi.

“ Dengan sistem pendataan yang baik,  maka akan terwujud target vaksinasi dan penurunan tingkat penularan COVID-19 “ terang Oscar.

Kemenkes memastikan, pemanfaatan data kependudukan dalam penanganan COVID-19,  akan tetap memperhatikan perlindungan terhadap perolehan data pribadi dari setiap kegiatan pendataan.

“ Setiap penyimpanan data kependudukan dalam penangangan COVID-19 akan terlebih dahulu mendapat persetujuan masyarakat sebagai pemilik data “ Katanya. ( TN )