15 Panwascam Tual Dilantik, Ketua Bawaslu Minta Update Ketrampilan,  Pengetahuan, dan Komunikasi

20221029 164057 scaled

Tual News – 15 Anggota Panitia Pengawas Pemilu kecamatan ( Panwascam ) se – Kota Tual secara resmi dilantik, sabtu ( 28/10/2022) di Suita Hotel.

Ketua Bawaslu Maluku, Subair yang hadir dalam kegiatan pelantikan tersebut minta Panwascam yang baru dilantik untuk selalu meningkatkan kapasitas diri dengan mengupdate ketrampilan, pengetahuan dan komunikasi.

Ketua bawaslu maluku dan komisioner bawaslu, daim baco rahawarin hadir dalam kegiatan pelantikan panwascam se kota tual
Ketua Bawaslu Maluku Dan Komisioner Bawaslu, Daim Baco Rahawarin Hadir Dalam Kegiatan Pelantikan Panwascam Se Kota Tual

” saudara panwascam harus rajin membaca dan konsultasi. Jangan merasa diri sudah pintar, ingat semua laporan masuk diputuskan dalam rapat pleno bersama, ” pesanya.

Kata Subair, panwascam harus bisa mengelola konflik dan membuat laporan.

” saudara bukan berada di jabatan terendah bawaslu, masih ada PPL. Untuk bisa rangkul harus melatih komunikasi, lebih banyak masalah ketika setiap orang kerja sendiri, ” bebernya.

Menurut Ketua Bawaslu Maluku, masalah yang muncul biasanya karena konflik internal soal anggaran.

” Jadi kalau ada yang menurut saudara tidak benar, segera laporkan kepada Bawaslu, ” Pintahnya.

Foto bersama ketua bawaslu maluku bersama bawaslu kota tual dan panwascam
Foto Bersama Ketua Bawaslu Maluku Bersama Bawaslu Kota Tual Dan Panwascam

Dikatakan dirinya bersyukur bisa hadir menyaksikan pelantikan Panwascam se Kota tual.

” Saya ucapkan terimakasi kepada Ketua dan anggota Bawaslu Kota tual yang telah hasilkan anggota panwascam terbaik saat ini, ” tandasnya.

Kata dia setelah ini akan segera dibentuk sekretariat panwascam di setiap kecamatan untuk pelaksanaan tugas pengawasan tahapan pemilu

” Saya bangga dengan 15 panwascam Kota Tual dan salah satu Komisioner Bawaslu Maluku yang juga salah satu putra terbaik Kei, Daim Baco Rahawarin bisa hadir disini, ” Salut Subair.

Ketua Bawaslu Maluku mengatakan sumpah jabatan panwascam diibaratkan sebagai satu akad nikah.

” Apakah kita boleh tegur KPU ?, boleh. Jadi ada aturan harus tetap dikedepankan, ” Jelasnya.

Menurut Subair, tantangan ke depan, semakin terbuka, olehnya itu bagi Panwascam yang sudah ucapkan akad nikah dan tanda tangan  fakta integritas harus bekerja dengan profesional dan terbuka.

” jika saudara langgar fakta integritas, maka pasti talaknya jatuh, ” Ujarnya.

Diakui hingga saat ini di Provinsi Maluku, 354 panwascam telah dilantik, tersisa Kabupaten MBD, tepatnya di pulau Moa, karena terbatasnya akses komunikasi dan transportasi yang menjadi kendala Bawaslu, sehingga anggota panwascam di MBD akan dilantik tanggal 1 November 2022.

” Tugas hari ini lakukan konsolidasi. Saya tidak mau dengar anggota panwascam berkonflik karena masalah internal. Kalau ada masalah harus diselesaikan secara komunikasi, ” Terang Ketua Bawaslu Maluku.

Diakui kalau anggota panwascam berkinerja baik, maka akan lanjut melaksanakan tugas dan fungsi di Pilkada serta Pilpres 2024.

” Mohon bantuan kalau ada anggota panwascam terima suap, tidak netral terhadap parpol, dan selingkuh laporkan ke Bawaslu untuk ditindaklanjuti, ” Pintah Ketua Bawaslu Maluku, Subair.

Ketua bawaslu provinsi maluku, subair
Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Subair

Dikatakan berdasarkan Peraturan Bawaslu Nomor 15 tahun 2020, tentang laporan kinerja, jika ditemukan pelanggaran kode etik segera laporkan ke bawaslu kab / kota.

” apapun kelalaian panwascam segera laporkan ke bawaslu, ” Pintah Subair kedua kalinya.

Ketua Bawaslu Kota tual, Badarudin Madubun dalam amanatnya mengaku bangga karena pelantikan panwascam se Kota tual dihadiri Ketua Bawaslu Maluku dan Komisioner Bawaslu, Daim Baco Rahawarin.

” Anggota panwascam se Kota Tual yang dilantik adalah hasil seleksi pilihan terbaik bahkan ada yang lulusan S2, ” Ungkapnya.

Kata Madubun, pihaknya sudah melaksanakan beberapah tahapan pemilu, salah satunya ferivikasi faktual parpol.

Pelantikan Panwascam se Kota Tual dihadiri Ketua DPRD Kota Tual, Hasan Syarifudin Borut, S.E, Ketua KPU Kota Tual bersama Forkopimda.

( Pewarta: Neri Rahabav/ Risman )