Hakim PN Tual Diminta Tolak Praperadilan Advokat Roroa

Ini kuasa hukum termohon dalam sidang praperadilan di pn tual, senin 05 desember 2022
Ini Kuasa Hukum Termohon dalam sidang praperadilan di PN Tual, senin 05 Desember 2022

Tual News – Hakim Tunggal Pengadilan Negeri ( PN ) Tual diminta menolak permohonan praperadilan dari pemohon Advokat Abdul Halik Roroa, S.H, M.Hum, melalui kuasa hukum LBH Ari Kota Tual.

Permintaan ini disampaikan Tim Kuasa Hukum Termohon dari Satreskrim Polres Tual, pada sidang praperadilan di PN Tual antara pemohon Advokat Abdul Halik Roroa, S.H, M.Hum melawan Kapolri cq Kapolda Maluku cq Kapolres Tual, selasa ( 06 /12_2022 ).

Sidang Praperadilan yang dipimpin Hakim Tunggal PN Tual, Ibrahim Hasan Kurniawan, S.H, dihadiri kuasa hukum pemohon, Rahmad R Fakoubun, S.H, M.H.

Termohon yang diwakili penyidik Satreskrim Polres Tual dalam jawaban atas pokok permohonan praperadilan juga meminta agar Majelis Hakim menyatakan tindakan termohon dalam menerbitkan surat perintah penghentian penyelidikan atas terlapor , Hasim Rahajaan sesuai laporan polisi LP nomor : LP/137 /V/2022/Maluku/Res tanggal 15 Mei 2022 dan menghentikan penyelidikan tindak pidana pemalsuan surat yang dilaporkan pemohon adalah sah berdasarkan hukum, karena penghentian penyelidikan bukan obyek praperadilan.

” Menyatakan tindakan termohon yang menetapkan pemohon sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana pengaduan fitnah atau penghinaan dan atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam pasal 317 ayat 1 dan pasal 310 ayat 1 KUHPidana, oleh karenanya penetapan pemohon sebagai tersangka sah dan mempunyai kekuatan mengikat, ” Tandas Kuasa Hukum Termohon.

Selain itu Termohon berharap Majelis Hakim menyatakan proses pidana yang dilakukan termohon atas diri pemohon adalah sah dan berdasarkan hukum.

Sidang Praperadilan ini kembali ditunda rabu ( 07 /12/2022) dengan agenda permintaan keterangan saksi dan penyerahan alat bukti surat.

Berdasarkan keterangan kuasa hukum pemohon kepada Hakim, kalau pihaknya siap menghadirkan tiga saksi, diantaranya satu saksi ahli.

Sedangkan Termohon akan menghadirkan dua orang saksi dalam  perkara praperadilan ini.

Sesuai jadwal, jumat ( 09/12/2022) Hakim Tunggal PN Tual akan membacakan keputusan atas perkara praperadilan tersebut.

( MTN )