Pengukuhan Adat Kei Calon Tunggal Kepo Taar Berjalan Aman

Img 20221209 wa0015

Tual News – Pengukuhan adat Kei calon tunggal Kepala Ohoi Taar, Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual, Charles Tarantein, jumat ( 09/12/2022) berlangsung aman dan damai.

Pengukuhan adat Kei itu diawali dengan penyematan mas adat Kei Anuhu oleh Kepala Soa Yalnuhuubun Taar, Geret Yalnuhuubun kepada Calon Tunggal Kepala Ohoi Taar, Charles Tarantein dirumah tua.

Calon tunggal kepala ohoi taar, charles tarantein diantar dengan belan leis wan wan di ohoi taar
Calon Tunggal Kepala Ohoi Taar, Charles Tarantein Diantar Dengan Belan Leis Wan Wan Di Ohoi Taar

Selanjutnya Calon Tunggal Kepo Taar diantar dari rumah pribadi diantar dengan belang adat Ohoi Taar yang dikenal dengan nama Leis Wan Wan.

Kepala Soa Yalnuhuubun Taar, Geret Yalnuhuubun usai pengukuhan adat Kei tersebut kepada tualnews.com mengaku penyematan mas adat Kei ditangan Calon Tunggal Kepala Ohoi Taar, Charles Tarantein dilaksanakan melalui satu prosesi adat oleh Marga tertua di Ohoi Taar yakni Marga Yalnuhuubun /Batianan.

Ini mas adat kei yang diserahkan kepada calon tunggal kepala ohoi taar
Ini Mas Adat Kei Yang Diserahkan Kepada Calon Tunggal Kepala Ohoi Taar

” penyematan mas adat Kei itu sebagai tanda kalau Calon Tunggal Kepo Taar adalah pemimpin pemersatu yang harus tetap menjaga kehidupan kekeluargaan di Ohoi Taar, dalam suasana kebersamaan dan gotong royong untuk membangun negeri, seperti menjaga mas adat tersebut, ” Pesan Geret Yalnuhuubun sebagai Kepal Soa Yalnuhuubun.

Dia berharap Calon Tunggal Kepo Taar, Charles Tarantein sebagai pemimpin adat dan pemerintahan harus menghimpun semua warga masyarkat, termasuk kelompok yang pro dan kontra Kepala ohoi Taar.

” Kelompok pro – kontra pencalonan Kepala Ohoi Taar, merupakan bagian dari tanggungjawab Kepala Ohoi Taar sebagai pemimpin adat dan pemerintah, wajib hadir untuk mempersatukan semua perbedaan, ” Pintahnya.

Yalnuhuubun yakin dan optimis, melalui kepemimpinan Kepala Ohoi Taar, Charles Tarantein mampu mempersatukan semua pro kontra yang ada di Taar untuk bersatu membangun Desa ke depan lebih baik.

Upacara pengukuhan adat ini berjalan aman dan damai.

Sesuai jadwal Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag akan melantik dan mengambil sumpah jabatan Calon Tunggal Kepala Ohoi Taar, Charles Tarantein bersama Calon Tunggal Kepo Tual dan Tamedan di Balai Kota Tual, jumat siang ini pukul 14.00 WIT.

( Pewarta: Oce Leisubun)