TNI AL Peringati Hari Dharma Samudera 2023 di Perairan Tual

Img 20230116 wa0007

Tual News – TNI AL memperingati hari Dharma Samudera 2023, di perairan Kota Tual, Provinsi Maluku, senin ( 16/1/2023).

Kegiatan ini ditandai dengan acara tabur bunga, dipimpin langsung Komandan Lanal Tual Kolonel Laut (P) Indra Dharma, SE.M, Tr, Hanla, berlangsung di atas geladak KRI Gulamah 869.

Peringatan hari samudera tni al 2023 di perairan laut tual
Peringatan Hari Samudera Tni Al 2023 Di Perairan Laut Tual

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M. MTr.Opsla dalam amanatnya yang dibacakan Danlanal Tual mengaku peringatan Hari Dharma Samudera sebagai momentum untuk mengenang kepahlawanan para pejuang laut yang telah mendharma-bhaktikan, bahkan merelakan hidupnya demi kejayaan bangsa dan negara.

” Hari ini enam puluh tahun yang lalu, satu peristiwa di Laut Arafuru menjadi lukisan Tinta Emas dalam lembar sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Putra-putra bumi pertiwi gugur dalam keberanian yang tak terbayangkan. Dengan kapal yang jauh lebih kecil, sama sekali tidak mengecilkan semangat patriotisme mereka untuk melawan Armada Belanda, ” Tegasnya.

Kasal memotifasi semua prajurit TNI AL untuk mengenang kembali jiwa patriotisme Komodor Yos Soedarso yang berseru,

“ Kobarkan semangat pertempuran!!!”. Satu pekik yang membakar semangat perlawanan prajurit RI Matjan Tutul, mereka tau, peluang berhasil hampir mustahil, tetapi mereka terus bertempur dan menolak untuk menyerah, ” Tandas Kasal.

Peristiwa itu kata Kasal adalah teladan sempurna dari sikap ksatria, semangat patriotisme jiwa korsa, kerelaan berkorban, dan perjuangan tanpa pamrih para pahlawan samudera.

” Nilai kepahlawanan dan perjuangan itu harus terus diabadikan dalam setiap hati sanubari prajurit Jalasena dan diwariskan kepada generasi penerus bangsa, ” Pintahnya.

Diakui pewarisan nilai-nilai kepahlawanan dan prinsip-prinsip perjuangan yang telah dicontohkan para pendahulu menjadi semakin penting pada situasi saat ini, dimana kemajuan teknologi telah membuka interaksi tanpa batas antar bangsa-bangsa di dunia yang melahirkan berbagai pengaruh, tidak hanya positif, tetapi juga negatif.

” Situasi ini berpotensi mengikis identitas dan karakter bangsa Indonesia yang dapat mengancam jati diri dan ketahanan sebagai sebuah bangsa, ” Pesan Kasal.

Dikatakan peneladanan akan nilai kepahlawanan dan prinsip perjuangan juga sangat penting dalam membangun kejayaan TNI Angkatan Laut.

” Saya tegaskan kepada setiap prajurit Jalasena samudera yang menjadi garda terdepan di semua palagan, baik yang mengamankan Laut-laut perbatasan, yang mengawal pulau-pulau terluar, yang menjaga perdamaian dunia, yang menjamin tegaknya hukum di setiap penjuru laut nusantara, dan para prajurit dimanapun kalian berada, laut Adalah medan dharma bhakti kita, jangan biarkan satu yard-pun laut kita tak terjaga, ” Pesan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M. MTr.Opsla dalam amanatnya.

Selain itu dia meminta TNI AL, jangan membiarkan kekayaan alam Indonesia dirampas dengan semena-mena.

“Jangan biarkan sedetik-pun keamanan laut tidak kita pelihara…
Kobarkan terus semangat pengabdian yang tulus demi kejayaan bangsa Indonesia, ” Tandasnya.

Kasal berharap melalui sesanti Jalesveva Jayamahe, TNI AL menjadikan peringatan hari Dharma Samudera untuk meneladani dan mengamalkan nilai-nilai patriotisme, kepahlawanan, perjuangan dan kepemimpinan yang diwariskan oleh para pendahulu dalam setiap gerak pengabdian kepada bangsa dan Negara.

Upacara tabur bunga yang dilaksanakan di Perairan Tual Provinsi Maluku, ditandai dengan melarung karangan bunga dari atas KRI Gulamah 869 oleh Danlanal Tual yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Hadir pada upacara Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2023, Danlanal Tual Kolonel Laut (P) Indra Dharma, SE.M, Tr, Hanla, Komandan KRI Gulamah 869 Mayor Laut (P) Habiby Achmad S.T, para Perwira Staf Lanal dan KRI.

Selain itu, hadir juga Ketua Jalasenastri Cabang 2 Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III.

( MTN )