Kategori
Artikel Anda Hukum Hukum dan Kriminal Kesehatan Kota Tual Maluku Tenggara Membangun Ohoi Parawisata dan Budaya Pendidikan Politik Seputar Maluku

Teluk Luv Dusun Vatraan Tual Jadi Pilot Project Budidaya Rumput Laut

Tual News – Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag pada kegiatan panen perdana rumput laut di Teluk Luv, Dusun Vatraan, Kota Tual, di Propinsi Maluku, Kamis ( 27/8/2020 ), menegaskan Teluk Luv yang berada semenanjung Tanjung Amerika, ditetapkan sebagai Pilot Project budidaya rumput laut Kota Tual.

Tual News – Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag pada kegiatan panen perdana rumput laut di Teluk Luv, Dusun Vatraan, Kota Tual, di Propinsi Maluku, Kamis ( 27/8/2020 ), menegaskan Teluk Luv yang berada semenanjung Tanjung Amerika, ditetapkan sebagai Pilot Project budidaya rumput laut Kota Tual.

“ Teluk Luv, sejak tahun 2019 sudah dijadikan program pilot project budidaya rumput laut bersama tiga Desa dan Dusun pengembangan “ Ungkapnya.

Kata Walikota Tual, Teluk Luv menjadi lokasi prioritas cluster budidaya rumput laut di Kota Tual ke depan dalam pengembangan agroindustri berbasis rumput laut terintegrasi dari hulur sampai ke hilir.

“ Untuk Teluk Luv bersama tiga Desa lainya akan menjadi solusi percepatan pembangunan Kota Tual ke depan, yang diharapkan menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Kota Tual “ Harapnya.

Walikota Tual Naik Perahu Panen Raya Rumput Laut

Rahayaan, minta Wakil Ketua DPRD Kota Tual, Ali Mardana, SE yang hadir dalam panen raya rumput Teluk Luv, Dusun Vatraan, agar ditahun 2021, DPRD Kota Tual bersama Pemkot Tual merancang pengembangan Teluk Luv, sebagai cluster budidaya rumput laut dan wisata bahari.

“ Impian saya ke depan, kita harus bangun jalan keliling Teluk Luv, sehingga bukan hanya menjadi cluster budidaya rumput laut, tapi juga sebagai wisata bahari Kota Tual “ Ujar Walikota Tual.

Terlantar Dua Tahun, Pengungsi Lupus Kota Tual Datangi DPRD

Walikota Tual berharap, agar perencanaan pembangunan Teluk Luv ke depan, masyarakat disekitarnya tidak lagi memasang tanda larangan sasi ( hawear-red ), dalam menghambat program pembangunan dan pengembangan parawisata bahari Kota Tual.

Sementara itu Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tual, dalam laporanya mengungkapkan kalau luas areal laut didalam Teluk Luv, Dusun Vatraan Kota Tual, seluas sepuluh hektare, namun baru dapat dimanfaatkan para petani budidaya rumput laut seluas lima hektare.

“ Ada 20 kelompok budidaya rumput laut di Teluk Luv yang baru manfaatkan areal laut seluas lima hektare sejak tahun 2019 sampai saat ini “ Ungkap Kadis Keluatan dan Perikanan Kota Tual.

Kata Kadis, dari jumlah 20 kelompok budidaya rumput laut di Teluk Luv baik secara berkelompok maupun perorangan, baru lima kelompok nelayan rumput laut teresntuh bantuan dari Dinas Keluatan dan Perikanan Kota Tual, melalui projek project tahun anggaran 2019. ( TN )

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Satu tanggapan untuk “Teluk Luv Dusun Vatraan Tual Jadi Pilot Project Budidaya Rumput Laut”

Komentar Pembaca