Camat KKTS : Empat Ohoi Definitif, Tujuh Masih Status Pejabat

Pantai wisata Ohoi Ngursoin di Ke KKTS

Langgur Tual News. Camat Kei Kecil Timur Selatan ( KKTS ), Kabupaten Maluku Tenggara, Propinsi Maluku, A. Rahmat Madubun kepada tualnews.com mengungkapkan sampai saat ini diwilayah yang dipimpinya itu, empat Ohoi resmi memiliki Kepala Ohoi Definitif yaitu Ohoi Elaar Let, Ngursoin, Danar Ternate dan Danar Sare.

Bupati Malra, M Thaher Hanubun bersama Staf Ahli Presiden RI, Mochtar Ngabalin dan SKPD Kabupaten Malra ketika berada di pantai wisata Ohoi Ngursoin,
Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan ( KKTS )

“ Sementara Tujuh Ohoi lain masih dipimpin Pejabat Kepala Ohoi, kami suda koordinasi dengan Bapak Raja Danar untuk tahun ini tiga Ohoi lain menyusul dalam proses menuju pelantikan Kepala Ohoi Definitif, karena sudah selesai pengukuhan secara adat  yaitu Ohoi Uff, Maar dan Garara “ ungkap Madubun.

Menyoal tentang program dana Desa yang masuk di Ohoi – Ohoi yang ada dalam wilayah kerjanya, Camat KKTS mengaku pihaknya terus melakukan pengawasan dan memonitor pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat yang sudah ditetapkan bersama dalam Musrengbang Ohoi agar berjalan sesuai aturan.

“ Untuk tahun anggaran 2019, sebelas Ohoi di wilayah KKTS sudah mencairkan dana desa yang diperuntuhkan untuk pembangunan dan rehabilitasi talud pantai, jalan rabat beton, rumah miskin ( rumah  tak layak huni ), MCK, dan program lain sesuai kesepakatan bersama Ohoi dan masyarakat “ Jelas Madubun.

Camat KKTS juga mengakui kurangnya koordinasi Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD ) Pemkab Malra dengan pihak Kecamatan sehingga banyak program dan kegiatan yang turun di Ohoi banyak tidak diketahui, padahal fungsi koordinasi sangat penting agar aparatur kecamatan juga ikut memonitor pelaksanaan program kerja yang dilaksanakan di Ohoi.

“  OPD kurang koordinasi sehingga program yang turun ke Ohoi banyak tidak diketahui pihak Kecamatan, padahal koordinasi sangat penting dalam sinergitas pelaksanaan program dan kegiatan, sekaligus mempermudah pengawasan “ tandasnya.

Kata dia sampai saat ini yang diketahui  pihaknya adalah pembangunan jalan  lintas Elaar Lamagorang ke Ngursoin dan Pembangunan MCK di lokasi wisata pantai Ngursoin. “ Untuk pendidikan ada kegiatan Rehabiitasi SD Lengga dan Ellar “ ujarnya. ( team tualnews.com )