Lanal Tual Pecahkan Rekor Muri Tanam 5.000 Anakan Mangrove

Tual News – Dalam rangka memperingati HUT TNI ke 74 tahun 2019, sekaligus pemecahan rekor MURI penanaman mangrove secara serentak, Pangkalan TNI AL Tual, Senin ( 7/10/2019 ) melaksanakan kegiatan penanaman 5.000 anakan mangrove di Kota Tual.

IMG 20191008 WA0028
Kegiatan penanaman anakan pohon mangrove Lanal Tual di pantai Tanjung Sorbat Desa Tamedan Kota Tual, Senin ( 7/10/2019 )

Komandan Lanal Tual, Kolonel Laut ( P ) I Gusti Putu Wisnawa dalam sambutanya pada kegiatan penanaman mangrove dan bhakti sosial dalam rangka HUT TNI ke 74 dan pemecahan rekor MURI tahun 2019 yang dilaksanakan di Tanjung Sorbat, Desa Tamedan Kota Tual mengungkapkan kegiatan penanaman mangrove yang dilaksanakan merupakan bagian dari upaya pemecahan rekor MURI yang dilaksanakan TNI AL.

“ TNI AL melaksanakan penanaman di 74 titik di seluruh penjuru Indonesia, puncak kegiatan di pantai Indah Kapuk Jakarta, sedangkan kami di Lanal Tual bersama masyarakat Kota Tual sudah menanam 5.000 anakan mangrove, rincianya 2.500 pohon di pantai Desa Taar, dan 2.500 anakan ditanam di tanjung sorbat Desa Tamedan Kota Tual “ Ungkap Danlanal Tual.

IMG 20191008 WA0030
Ratusan siswa/i bersama OPD Pemkot Tual dan TNI – Polri menanam ribuan anakan pohon mangrove di pantai Tanjung Sorbat Desa Tamedan Kota Tual, Senin ( 7/10/2019 )

Dikatakan, Lanal Tual sebagai komponen maritim bertugas membina potensi nasional kekuatan maritim ( Binpotnaskuatmar ) yaitu salah satunya memelihara lingkungan hidup khususnya diwilayah Desa pesisir ( Bindesir ) binaan Lanal Tual untuk masa depan generasi penerus bangsa.

“ Hal ini sejalan dengan program Pemerintah yakni memelihara kelestarian lingkungan hidup dengan menanam satu millyar pohon “ Tegas Komandan Lanal Tual, Kolonel Laut ( P ) I Gusti Putu Wisnawa.

IMG 20191008 WA0000
Pimpinan TNI – Polri bersam perwakilan Pemkot Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara ikut serta bersama Lanal Tual menanam ribuan anakan mangrove di pantai Desa Tamedan Kota Tual, Senin ( 7/10/2019 )

Menurut Danlanal, kegiatan yang dilaksanakan memiliki maksud dan tujuan agar semua pihak bersama masyarakat kota Tual dapat merehabilitasi hutan mangrove untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan mangrove sehingga daya dukung, produktifitas, dan perananya dapat mendukung sistem penyangga kehidupan agar terjaga serta tetap lestari.

“ Dengan penanaman mangrove, Lanal Tual mengajak seluruh masyarakat Kota Tual untuk ikut peduli terhadap penghijauan lingkungan, kelestarian alam, dan perlindungan pantai terhadap abrasi karena air laut “ Ajaknya.

IMG 20191008 WA0017
bibit anakan mangrove yang siap ditanam pada kegiataan penanaman mangrove di pantai Desa Tamedan Kota Tual, senin ( 7/10/2019 )

Untuk diketahui, di Kota Tual banyak pantai yang terkena abrasi oleh kuatnya arus pasang surut, olehnya itu dengan penanaman mangrove disekitar pantai yang dilakukan Lanal Tual dapat mengurangi bahkan mencegah terjadinya abrasi. Penanaman dan pelestarian hutan mangrove juga menjadi media perkembangbiakan ikan – ikan dan meningkatkan pendapatan para nelayan.

“ Sekali lagi dengan momen peringatan HUT TNI ke 74, Lanal Tual ajak seluruh lapisan rakyat untuk ikut serta melestarikan dan menjaga pantai di Kota Tual yang kita cintai ini dengan menanam mangrove, agar pantai terlindungi dari ganasnya alam di masa datang “ himbau Danlanal Tual.

Kegiatan penanaman ribuan anakan mangrove di Kota Tual melibatkan semua komponen masyarakat, termasuk para mahasiswa, pelajar tingkat SMP, SMA/SMK dan Madrasah di Kota Tual. Keterlibatan semua unsur pimpinan TNI – Polri bersama OPD Pemkot Tual turut menyukseskan kegiatan penanaman pohon anakan mangrove di Kota Tual.

( team tualnews.com )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

%d blogger menyukai ini: